Kecewa dengan Biaya Bunga Kartu Kredit Mandiri

Saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan keluhan saya.

Saya sebagai pemegang Kartu Kredit Mandiri Signature Bank Mandiri, merasa kecewa terhadap pelayanannya terkait permohonan penghapusan biaya bunga pada tagihan Kartu Kredit Mandiri saya (dengan nomor 4149 31** **** **28), untuk bulan Februari 2024. Biaya bunga tersebut cukup besar, yaitu sebesar Rp254.118, yang muncul akibat kelalaian saya dalam tidak membayar secara penuh tagihan saya pada bulan Januari 2024 (sejumlah Rp17.840.645).

Saya telah melakukan pembayaran sebesar Rp 17.350.000 melalui aplikasi Livin Mandiri, dengan rincian:

Tanggal 11 Januari 2024: Rp2.200.000
Tanggal 12 Januari 2024: Rp5.800.000
Tanggal 13 Januari 2024: Rp9.350.000

Dengan demikian, total pembayaran saya kurang sebesar Rp490.645. Kekecewaan saya timbul, karena saya telah mengajukan permohonan dua kali untuk penghapusan biaya bunga tersebut melalui Mandiri Call, pada tanggal 12 Februari dan 22 Februari 2024. Namun keduanya ditolak.

Kelalaian saya dalam membayar penuh tidak terlepas dari ketidaktersediaan informasi sisa tagihan di dalam Aplikasi Mandiri Livin, yang seharusnya sebagai “Super App” memberikan informasi tersebut. Sehingga saya kurang detail dalam menghitung total pembayaran saya. Hal ini berbeda dengan aplikasi BCA Mobile, yang meskipun lebih jadul, memberikan informasi yang memudahkan nasabah dalam pembayaran kartu kredit.

Saat ini, saya telah mengajukan permintaan perhitungan rincian biaya bunga sebesar Rp254.118 dan ingin mengetahui dasar perhitungannya. Meskipun saya memahami bahwa bunga kartu kredit dihitung dari total tagihan, seharusnya sistem pembayaran menggunakan metode First In First Out (FIFO) dan menerapkan bunga sebesar 1.75% dari sisa tagihan, untuk memberikan keadilan kepada konsumen. Sehingga bunga tagihan saya seharusnya cuma sekitar Rp8.587, jika dihitung dari sisa tagihan yang belum terbayar.

Saya berharap analis Mandiri dapat lebih bijak dalam mempertimbangkan pengajuan saya, mengingat hal ini terjadi karena ketidaktersediaan informasi sisa tagihan di aplikasi Livin Mandiri. Saya cukup sering menggunakan Livin Mandiri dengan fitur pembayaran QRIS menggunakan kartu kredit, sehingga membuat histori transaksi saya cukup rumit untuk dihitung secara manual.

Selain itu, saya juga telah melakukan pembayaran untuk kartu JCB Precious pada tanggal 21 Januari 2024 sebesar Rp540.000. Padahal tagihan seharusnya hanya Rp268.446. Hal ini berarti saya memiliki kelebihan pembayaran sebesar Rp271.554.

Namun sistem kartu kredit Mandiri terasa tidak konsisten. Karena meskipun menggunakan limit gabungan, pembayaran tetap dialokasikan ke kartu masing-masing, tidak seperti kartu bank lain yang menggabungkan pembayaran ke semua kartu.

Dengan ketidaktersediaan email rincian perhitungan bunga dan ditolaknya dua kali pengajuan penghapusan bunga, saya sangat kecewa. Saya berencana untuk mengurangi pemakaian kartu kredit Mandiri, beralih ke kartu lain yang juga mendukung pembayaran QRIS, seperti CIMB dan BNI.

Junatan Darmawan
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kecewa dengan Biaya Bunga Kartu Kredit Mandiri”

Menanggapi pengaduan Bapak Junatan Darmawan melalui Media Konsumen terkait dengan pembebanan bunga pada Mandiri Kartu Kredit Bapak, kami mohon maaf...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Kecewa dengan Biaya Bunga Kartu Kredit Mandiri

  • 4 Maret 2024 - (09:53 WIB)
    Permalink

    Wih semua salah sistem mandiri
    Pernah sekolah sih atau kuliah ga orang seperti ini..klo telat masuk kuliah sekolah Salah sistem ny hahah

    1
    4
  • 4 Maret 2024 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Kalo sudah dua kali minta hapus atau keringan gak dikasih ya menurut saya dijadikan hikmah pelajaran saja supaya berikutnya tidak terjadi lagi. Namanya permohonan, bisa fisetujui bisa gak. Mau bank penerbitnya apa pun juga, kalau kurang bayar ya anggap saja pasti kena bunga tanpa ampun.

    By the way, serumit apapun mutasi tagihan berjalan tetap saja bukan alasan ya IMO… Tagihan cetak sekian rupiah, tinggal dikurangi pembayaran yang sudah dilakukan / saldo CR sblm jatuh tempo kan langsung tahu kira2 kurang atau sudah pas.
    Saya juga pakai Livin app, pembayaran masuk langsung kelihatan kok, tinggal diperhitungkan saja ke total tagihan cetaknya

    3
    1
  • 4 Maret 2024 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Ya jelaslah dikenakan bunga….bayar kurang Rp.5.000 dari total tagihanpun tetep kena bunga…coba deh banyak baca² lagi

  • 4 Maret 2024 - (13:48 WIB)
    Permalink

    terlepas dari kelalaian dalam pembayaran

    saya setuju dengan statement BCA Mobile jauh lebih baik
    UInya memang terkesan jadul dan ketinggalan jaman

    Tapi jauh lebih baik mensupport konsumen dalam melakukan transaksi
    terutama dalam pembayaran tagihan

    ketik nomor KK / VA nya, langsung nongol jumlah tagihan yang harus dibayarkan

    • 4 Maret 2024 - (16:44 WIB)
      Permalink

      Saya aja selisih 1 rupiah kena bunga, pake acara ngancam2 mo pindah KK lain, ya sudah bayar aja bunganya dan langsung tutup, anda sendiri yg salah sudah mengaku salah ini menyalahkan aplikasi ngak detail lah dsb, kan ansa sudah tau harus bayar berapa. Kalau ada 100 nasabah kayak kamu habis deviden bank mandiri.

      3
      2
  • 5 Maret 2024 - (06:20 WIB)
    Permalink

    Setau saya interest charge itu bukan dr total tagihan atau total sisa tagihan tetapi dari total transaksi yang dilakukan.. Jadi misalkan anda transaksi 10 juta dan anda bayar kurang dr 10 juta maka yg dikenakan interest charge nya itu dari yang 10 juta bukan dr sisa total tagihan anda.. CMIIW

  • 5 Maret 2024 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Waktu apply CC jg ada cara perhitungannya. Hitung sendiri jg bisa. Kalo kurang bayar atau bayar minimum /sebagian, maka bunga dihitung per transaksi dari tanggal masing2 transaksi ke tgl cetak tagihan. Dan dikenakan ke seluruh transaksi pada periode tersebut. Bukan dihitung dari sisa tagihan. Maunya semua pemakai CC ya gitu tapi bank kan ada cara hitung sendiri

  • 5 Maret 2024 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Lah di lifin kan ada bagian kartu kredit, disitu saat di klik bisa langsung klik bayar gampang banget, gue punya 11 CC aja ga pernah ada yg lupa atau kelewat atau ngeluh karena semua feature basic itu ada.

  • 5 Maret 2024 - (13:25 WIB)
    Permalink

    Wkwk ” PENGAJUAN ” sifat nya diterima bisa ditolak , kartu kredit boleh elit tapi mental kok ga elit ❤️‍🔥
    PENGAJUAN DITOLAK , MK BERTINDAK
    hehehehe

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mandiri?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Biaya Bunga Kartu Kredit Mandiri

oleh Junatan dibaca dalam: 2 menit
13