Kualitas TV Sony yang Kurang Memuaskan

Dear Sony Indonesia,

Saya mau berbagi info pengalaman. 2 tahun lalu saya tertarik dengan produk TV LED Sony seri tipe tertinggi, yaitu XR 90J. Namun setelah pemakaian 2 tahun, saat TV lagi ditonton oleh anak-anak, tiba-tiba gambarnya hilang, hanya tinggal suaranya saja.

Sebenarnya kejadian seperti ini sudah sering terjadi. Bahkan pada saat 1 minggu dari pembelian, pernah kami alami seperti ini. Saat kejadian tersebut, saya coba telepon ke pihak sales. Lalu sales menyarankan agar tombol “Back” di remote TV-nya dipencet terus menerus, kemudian TV dimatikan dan kabel TV-nya dicabut dari stop kontak. Ternyata benar juga, setelah dikerjakan apa yang diarahkan oleh pihak sales itu, TV bisa normal kembali.

Kejadian seperti ini berulang, kadang bisa 2 bulan sekali, kadang bisa lebih. Terakhir pada akhir bulan Januari kemarin, TV tiba-tiba kembali mati layarnya. Namun kali ini sudah dicoba beberapa kali seperti cara-cara di atas, tapi tetap gagal, layarnya mati tapi suaranya tetap ada.

Saya coba telepon ke call center Sony dan diarahkan ke service center terdekat. Dua hari berikutnya, saya bawa TV itu ke service center. Setelah 1 minggu, saya ditelepon oleh pihak service center yang memberitahukan bahwa TV saya LCD-nya rusak dan biaya ganti LCD itu sebesar Rp5,3 juta.

Saya pikir kok mahal sekali ya? Saya coba telepon Sony Indonesia lagi, tetapi dijelaskan bahwa garansi Sony adalah hanya 12 bulan. Lebih dari itu ya konsumen yang tanggung sendiri. Saya coba komplain dengan kirim email ke pihak CIC Sony dan juga lewat IG-nya Sony. Namun jawabannya sama seperti lewat telepon.

Saya hanya berbagi pengalaman saja, ternyata brand terkenal belum tentu produknya jaminan bagus dan kuat atau handal. Daripada harus mengeluarkan biaya Rp5,3 juta, mending buat beli baru saja, dengan layar yang sama sudah dapat. Bahkan dengan harga Rp5,3 jutaan ada yang jaminan garansinya sampai 5 tahun.

Saya berharap pihak Sony masih ada kebijakan lebih untuk masalah saya ini. Kalau pengalaman seperti saya juga banyak dan pelayanan Sony ke konsumen seperti ini, maka tidak menutup kemungkinan Sony ditinggalkan oleh konsumen dan hanya tinggal nama saja. Sama seperti merek-merek HP yang dulu jadi raja, sekarang tinggal nama.

Arif Famuji
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Kualitas TV Sony yang Kurang Memuaskan

    • 13 Maret 2024 - (18:01 WIB)
      Permalink

      Betul sekali bang…..๐Ÿ‘๐Ÿ˜„ini bener aneh …dirumah ada 2TV pemakaiannya juga dibawah standar tapi yang merk tidak punya nama malah lebih awet tuh….

  • 13 Maret 2024 - (19:33 WIB)
    Permalink

    Melihat harga belinya sy gak kaget kalo biaya LCD segitu merk ya tinggal merk namanya barang dipake pasti rusak tergantung seberapa sering digunakan apalagi brand tsb hanya garansi 1 thn

  • 14 Maret 2024 - (04:19 WIB)
    Permalink

    saya kapok beli tv sony.
    beli ga sampe 2 tahun layar bergaris hitam.

    skrg beralih ke coocaa, 2 tahun lebih tidak ada masalah pada layar.
    saturasi warna juga bagus sampai 93%

    • 14 Maret 2024 - (07:10 WIB)
      Permalink

      Iya ya, merek coocaa ini dengan harga yg okey tapi awet juga ya. Karna beberapa teman saya uda beli dan reviewnya bagus2 juga.

    • 14 Maret 2024 - (10:00 WIB)
      Permalink

      Naaah …ternyata testimoni nya sama ya….tinggal tunggu pihak SONY menanggapi keluhan konsumen ini….kalau cuek ya tunggu saja pasar dan konsumen yang bicara…

  • 14 Maret 2024 - (12:38 WIB)
    Permalink

    Itu xr 90j android bravia ya?
    Pernah update software? Pasti. (Baik sadar/enggak)
    Ada bug di OS androidnya. Rollback aja ke Os yg lama.
    Itu bukan LCDnya yg jeprut

    • 14 Maret 2024 - (12:45 WIB)
      Permalink

      Iya betul bro Type XR 90J…mslh update OS karna Kabel LAN nya terus terkoneksi mungkin saja update otomatis…
      Tapi makasih banyak juga ini masukannya ya bro…..Cuma dari pihak service sony nya langsung yg sudah mutusin kalau kerusakan nya ada di LCD gitu bro…

      • 14 Maret 2024 - (13:03 WIB)
        Permalink

        Jah, udah sempet mereka bongkar dong? ๐Ÿ™„.

        Apakah pihak SC Sony sdh melakukan simulasi replace LCD baru didepan konsumen? Kl blm, jgn terlalu percaya.

        Unitnya sdh ada dirumah ? Coba cara dengan analisa dr bule ini:
        https://youtu.be/8-c6-rK_-3c?si=5W7Ifu6hFBjnXI_3

        Kalau selama LCD belom pecah, maka masih bisa diselamatkan/repair..

        Knp pihak SC biasanya suka memvonis apa2 per module sparepart? Ya duit nya gede dari situ dan ongkos pemasangan.

        Biasanyaaaaa layar blank tp masih ada suara sbb:
        – Software rusak
        – Modul T-con layar
        – Backlight layar

        Itu masih bisa dibetulin tanpa ganti layar

        • 14 Maret 2024 - (13:19 WIB)
          Permalink

          Waaaah mantap kali ini bro info masukannya…. TV masih di Service Center nya Sony sy lagi nunggu respon SC dulu…kalau seminggu ini tidak ada solusi tapi tetep menyarankan ganti LCD yg harganya 5,3jt itu ya TV nya saya ambil akan sy coba langkah2 yg barusan diinfo itu….makasih sekali lagi…salam sukses selalu

          • 14 Maret 2024 - (22:55 WIB)
            Permalink

            Coba nyari mesin TV bekas cabutan aja om..saya pernah beli Philips 8 tahun lalu,cuma kepakai 5tahunan (TV sering nyala 24jam), layar mati suara ada,akhirnya nyari di online mesin TV bekas dan pasang sendiri,smpe sekarang masih hidup itu Philips..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • 15 Maret 2024 - (09:05 WIB)
    Permalink

    Ok siap makasih masukannya….ini pihak SONY nya malah ga ada respon apa2…kemaren malah pihak SERVICE SONY WA sy utk persetujuan bayar 5,3 jt utk mengganti LCD nya……kacau banget…

  • 15 Maret 2024 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Mau TV LCD/LED merk apapun, kalau sudah kena panel biasanya ongkos perbaikan sekitar 80%. Jelas lebih baik beli baru, yang lama dibuang. Saya kejadian di TV Samsung, akhirnya dibuang ke tukang rongsok dihargai 25 rb (padahal belinya 4 jt), wkwkwkwk.

 Apa Komentar Anda mengenai TV LED Sony?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Kualitas TV Sony yang Kurang Memuaskan

oleh Arif dibaca dalam: 1 menit
15