Hati-hati Menerima Telepon dari CS BNI!

Pada hari Rabu, 3 April 2024 pukul 15.04, saya menerima panggilan dari CS BNI (berakhiran 46). Setelah saya angkat, CS yang menelepon saya (a.n. Kartika) bertanya, apakah saya menerima salah satu kartu kredit yang dikirimkan? Kebetulan saya jawab iya, sehingga dia membalas akan diaktivasi kartunya.

Mendengar itu, saya tolak. Saya bilang saya akan aktivasi kartunya sendiri di lain waktu. Namun CS tersebut membalas bahwa prosedurnya adalah kartu akan langsung diaktivasi begitu diterima oleh nasabah, sehingga akan kena annual fee. Saya tetap bersikeras mau mengaktifkan sendiri, tetapi telepon langsung ditutup oleh CS tersebut.

Jujur di sini saya merasa seolah-olah tidak diberikan pilihan sebagai customer. Saya dipaksa untuk mengaktifkan kartu secara sepihak dan ketika saya menolak, saya dipersulit. Saya kira layanan BNI itu baik, ternyata saya salah sangka. Cara kerjanya dengan memaksakan kehendak dan mengabaikan keinginan konsumen.

Untuk yang menerima telepon dari CS BNI ke depannya, mudah-mudahan berhati-hati dalam menjawabnya, karena akan dipaksa mengaktifkan kartu secara sepihak seperti saya.

Elizka Norimarna
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Hati-hati Menerima Telepon dari CS BNI!

    • 11 April 2024 - (08:03 WIB)
      Permalink

      bni ssejauh ini bank paling gaje… namanya ebill pake acara kena biaya 2500, lbh konyolnya lg ada pemakaian atau ga akan terus dikirim tiap bln tu ebill

      Bs auto kaya dr biaya ebill..

  • 9 April 2024 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Ini saya juga pernah katanya biar dibantu supaya annual fee-nya dihapus. Tapi minta nomor kartunya, masa berlaku, dan cvv. Ketauan banget mau nipu.

    Yg saya tanyakan kenapa nomor saya kesebar dan mereka tau kalau saya punya cc BNI. Kemungkinannya menurut saya 2, kurir yang antar cc simpan nomor atau oknum pihak bni pelakunya.

  • 10 April 2024 - (01:33 WIB)
    Permalink

    Ini sih penipuan..
    BNI itu setiap yg apply pasti ditelpon kartu sudah diterima apa belum, tapi ujung2ny minta semua detail kartu.
    Itu adalah penipuan, BNI bertanggung jawab atas data nasabah baru yang BOCOR.
    Rata2 semua yg pny BNI mengalami ini!

    2
    3
    • 11 April 2024 - (07:40 WIB)
      Permalink

      Bukan penipuan… Anda asal tuduh.. Krn memang prosedur nya begitu. Klo kartu belum diaktivasi akan ada telpon dari cs utk mengaktivasi kartunya dan memastikan apakah kartunya udah diterima atau belom. Krn percuma aja ga diaktivasi, iuran tahunannya tetap berjalan

      • 11 April 2024 - (14:01 WIB)
        Permalink

        Hehehe….saya pny bank plat merah beraneka ragam, tau kan apa kata bank?
        BANK TIDAK PERNAH MINTA DATA PRIBADI NASABAH, Aktivasi itu dimana2 Pemiliknya yg minta untuk aktivasi bukan bank yg suruh aktivasi.
        Karena bkn sekali atau 2 kali, buka google byk data bocor kartu belum sampe dia pny data lengkap kita dengan iming2 aktivasi,naik limit,free annual ujung2ny minta cvv.
        bahkan dia tau pembayaran terakhir kartu kita kapan dan nominal berapa, klu polos pasti kena tipu

  • 11 April 2024 - (07:44 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan niat anda sama dengan saya. Ingin mengaktivasi kartu pada saat kita membutuhkan guna memperlambat iuran tahunan. Tapi ternyata pada kenyataannya itu percuma krn klopun ga diaktivasi, iuran tahunannya tetap akan ditagih terhitung dari tanggal diterimanya kartu.

    Jadi apa gunanya juga ga diaktivasi?

    • 11 April 2024 - (08:48 WIB)
      Permalink

      Benar, niat awalnya memang diaktifkan saat perlu. Karena prosedurnya sudah begitu maka saya tulislah keluhan ini agar yang tidak mau mengalami hal yang sama bisa menjawab dengan pertimbangan atau menutup kartu.

      Semoga membantu orang lain juga agar tidak dikenai pemaksaan pembayaran iuran tahunan dan bisa segera mempertimbangkan langkah selanjutnya.

    • 11 April 2024 - (11:57 WIB)
      Permalink

      **Jadi apa gunanya juga ga diaktivasi?**
      ==>> Ga perlu dipertanyakan sih. Selagi tidak menganggu orang lain, kenapa mesti dipertanyakan? Biarlah itu urusan TS dan BNI saja.

      • 11 April 2024 - (12:53 WIB)
        Permalink

        Memang ga merugikan orang lain, tapi merugikan diri sendiri, krn kartu ga diaktivasi tapi tetep ditagih iuran tahunan….

        • 11 April 2024 - (14:55 WIB)
          Permalink

          Ini memang cc BNI pertama saya jadi mungkin Anda lebih memahami, tetapi cc bank lain saya (BCA, BRI, Citibank) saat tidak diaktifkan maka tidak dikenai iuran.

          Berbeda dengan BNI yang memaksakan bahwa saat diterima langsung diaktifkan diluar kontrol nasabah.

          Sekiranya nasabah tidak dipaksakan mengaktifkan kartu harusnya tidak dikenai iuran tahunan, pikir saya begitu. Mungkin saya salah paham juga selama ini. Dan saya sudah putuskan untuk tutup kartunya sebelum dikenai iuran tahunan karena saya tidak apply cc tp dikirim saja dari pihak bni.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Hati-hati Menerima Telepon dari CS BNI!

oleh Elizka dibaca dalam: 1 menit
13