Buruknya Layanan Pengiriman Paket TIKI sehingga Orderan Tidak Dapat Dikirimkan Maupun Dibatalkan

Hari Sabtu tanggal 6 April 2024, saya melakukan pemesanan paket jempol TIKI dengan nomor resi 660075788504. Namun hingga malam hari, paket saya tidak di-pickup oleh pihak TIKI. Saya menunggu hingga hari Senin, tapi kondisinya tetaplah sama.

Saya kemudian mengontak pihak TIKI di Twitter @IdTIKI. Saya menanyakan hal ini sekaligus minta agar paket saya dibatalkan saja dan dikembalikan dana pembayaran saya agar saya bisa mengirimkan paket memakai ekspedisi lain. Pihak TIKI kemudian mengatakan bahwa sudah dibuatkan laporan untuk dibatalkan dan saya diminta menunggu.

Namun hingga hari Rabu tanggal 10 April 2024 saya cek di aplikasi TIKI, status paket saya masih belum terbatalkan dan masih menunggu kurir. Saya kemudian mem-follow up kembali lewat Twitter. Namun jawaban yang diberikan admin TIKI bertolak belakang dengan jawaban sebelumnya.

Mereka mengatakan bahwa jika ingin melakukan pembatalan dan refund saya harus mengajukan via email ke TIKI@TIKI.id. Mereka juga mengatakan paket belum di-pickup karena hari tersebut mendekati Lebaran sehingga penjemputan terbatas. Saya malah jadi heran dan menanyakan kembali jawaban ini karena di jawaban sebelumnya mereka mengatakan sudah membuatkan laporan pembatalan.

Saya juga mengatakan bahwa saya memesan –pickup paket sejak tanggal 6 April 2024, bukan di tanggal 10 April 2024. Mereka tidak merespon jawaban saya dan mengatakan bahwa laporan saya akan di-follow up. Namun hingga saat ini tidak ada tanggapan lagi.

Saya kemudian mencoba mengontak CS TIKI di aplikasi pada tanggal 13 April 2024. Oleh CS TIKI dijanjikan bahwa laporan saya akan dimaksimalkan di hari itu. Saya juga dimintai nomor kontak agar bisa dihubungi oleh pihak TIKI. Namun janji hanyalah janji, lewat dari tanggal tersebut tetap tidak ada kelanjutan mengenai status paket saya ini.

Saya mem-follow up pada tanggal 14 April 2024 menanyakan janji TIKI ini, namun hanya dikatakan akan di-follow up dan kemudian percakapan diputus sepihak. Jelas saya sangat kecewa dengan pelayanan TIKI ini. Sesulit itukah mengirimkan paket menggunakan aplikasi?

Jika memang tidak mau melakukan pick up paket, lebih baik tidak usah menyediakan layanan tersebut di aplikasi. Lalu membatalkan paket pun juga tidak bisa. Saya sangat dirugikan karena ini dan membuat paket saya menjadi tidak jelas statusnya. Benar-benar buruk pelayanan yang diberikan oleh TIKI.

Shiela
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Buruknya Layanan Pengiriman Paket TIKI sehingga Orderan Tidak Dapat Dikirimkan Maupun Dibatalkan”

Dear Ibu Shiela, Menanggapi keluhan Ibu Shiela melalui Media Konsumen pada Hari Senin, 15 April 2024, perihal “Buruknya Layanan Pengiriman...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Buruknya Layanan Pengiriman Paket TIKI sehingga Orderan Tidak Dapat Dikirimkan Maupun Dibatalkan

  • 15 April 2024 - (11:47 WIB)
    Permalink

    Dear Ibu Shiela,

    Menanggapi Keluhan Ibu Shiela melalui Media Konsumen pada Hari Senin, 15 April 2024 Perihal “Buruknya Layanan Pengiriman Paket Tiki Sehungga Orderan Tidak Dapat Dikirimkan Maupun Dibatalkan” kami ingin menyampaikan Permohonan Maaf atas ketidaknyamanan Ibu Shiela atas pelayanan dan kejadian Tersebut, semoga hal tersebut tidak terulang kemudian hari dan besar harapan kami Ibu Shiela tetap menjadi pelanggan setia kami.

    Sehubungan perihal kiriman dengan nomor resi pengiriman 660075788504, Sudah dibuatkan laporan untuk dibatalkan dan direfund ongkos kirimnya. Perihal tersebut sudah kami konfirmasikan dengan pihak pengirim.Informasi lebih lanjut, Ibu dapat konfirmasi kembali via DM Instagram TIKI : tiki_id

    Demikian tanggapan yang dapat kami sampaikan. Terima kasih atas Kepercayaan Ibu telah menggunakan Jasa Pengiriman TIKI. Untuk Memberi Kritik & Saran Mengenai TIKI Dapat menghubungi Contact Center TIKI 1500 125 atau E-Mail: tiki@tiki.id

    Salam,
    Customer Service TIKI Jakarta
    PT Citra Van Titipan Kilat

    1
    2
    • 15 April 2024 - (14:13 WIB)
      Permalink

      Tiki bagus customer service-nya langsung reply di thread ini. Tapi berikutnya jangan sampai 1 mingguan prosesnya dan menunggu viral baru diproses

      • 15 April 2024 - (18:26 WIB)
        Permalink

        Terima kasih komentarnya pak. Betul, yang disayangkan kenapa harus ada surat di Media Konsumen dulu baru ditanggapi. Yang sebelumnya dijawab oleh adminnya akan difollow up nyatanya tidak difollow up sama sekali.

    • 15 April 2024 - (18:32 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas tanggapan langsung dari pihak Tiki atas surat saya di Media Konsumen ini. Yang saya sayangkan kenapa harus menunggu saya membuat surat di Media Konsumen terlebih dahulu, baru kendala saya benar-benar difollow up. Saya ingin menggarisbawahi pernyataan Tiki yang mengatakan : “Sehubungan perihal kiriman dengan nomor resi pengiriman 660075788504, Sudah dibuatkan laporan untuk dibatalkan dan direfund ongkos kirimnya.” Itu artinya permintaan pembatalan baru dibuat hari ini ketika surat saya di Media Konsumen dimuat, bukan dari kemarin-kemarinnya yang ‘katanya’ sedang difollow up dan sudah dibuatkan permintaan pembatalan. Tolong dibenahi layanan pelanggan kalian karena benar-benar sangat mengecewakan. Saya tunggu solusi tuntasnya dari pihak Tiki untuk kendala saya ini.

 Apa Komentar Anda?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Buruknya Layanan Pengiriman Paket TIKI sehingga Orderan Tidak Dapat Di…

oleh Shiela Hartiningtyas dibaca dalam: 1 menit
4