Voucher ShopeePay untuk ByU Sudah Dibeli, tapi Tidak Bisa Dipakai

ID Kasus: 1786939145220153420, dengan “Hasil Tidak Memuaskan”.

Saya adalah pengguna ShopeePay terverifikasi (Plus), sekaligus pengguna provider ByU. Pada awal Mei 2024, saya membeli voucher ShopeePay diskon Rp60 ribu untuk transaksi ByU (voucher dibeli dengan harga Rp40 ribu). Dalam syarat dan ketentuan, tercantum bahwa pembayaran bisa dilakukan dengan minimal transaksi Rp61 ribu melalui aplikasi ByU, yang dibayarkan dengan pilihan metode pembayaran ShopeePay (lalu akan tersambung ke aplikasi Shopee).

Saya sudah melakukan sesuai ketentuan, termasuk memiliki saldo ShopeePay yang cukup. Namun voucher tidak dapat digunakan dengan keterangan “Tidak berlaku untuk toko ini”. Saya mencoba membeli voucher yang lebih murah, yaitu diskon Rp8 ribu dengan minimal transaksi Rp9 ribu (dibeli dengan harga Rp5 ribu). Ternyata setelah coba saya gunakan, tetap tidak bisa dengan kasus sama.

Saya pun mengeluhkan hal ini agar diperbaiki. Keluhan saya lakukan pada hari Minggu 5 Mei 2024, melalui chat, yang dilayani awalnya oleh CS Jams (tapi terputus saat saya mencoba mengambil tambahan screenshot).

Saya mengulang pengajuan keluhan, dan dilayani oleh CS Lena. Setelah penjelasan yang panjang, laporan saya dibukakan tiket keluhannya dengan nomor: 1786939145220153420. Laporan ini ditindaklanjuti dengan jawaban pada Senin, 6 Mei 2024, tapi dengan jawaban yang sangat tidak memuaskan.

CS yang tercantum memberi jawaban adalah Ona, dengan redaksi jawaban:

  • “Kami tidak dapat menindaklanjuti pengajuan tersebut, karena kami tidak mendapatkan konfirmasi dari pihak merchant terkait ya kak”.
  • “Sebelumnya kami mohon maaf, semoga kendala yang sama tidak terulang kembali”.

Saya pun mencoba kembali untuk mengetahui apakah permasalahan masih tetap berulang. Setelah saya coba, ternyata permasalahan masih tetap ada. Karena merasa tidak mendapatkan penanganan yang memadai dan profesional, maka saya melanjutkan keluhan tersebut ke Media Konsumen ini.

Saya berharap masalah ini bisa diselesaikan sebelum voucher tersebut kedaluwarsa pada 8 Mei 2024. Apabila tim Shopee tidak mampu menyelesaikan permasalahan teknis saya, maka saya minta agar dua voucher yang telah saya beli seharga Rp40 ribu dan Rp5 ribu dapat di-refund (ditarik kembali, dan dikembalikan dalam bentuk saldo ShopeePay ke akun saya).

Jika tidak, saya pun wajar berprasangka bahwa Shopee sedang melakukan sebuah modus untuk menelan dana saya. Adapun modus yang dimaksud adalah:

  1. Menjajakan voucher diskon yang dibeli dengan harga cukup tinggi.
  2. Voucher kedaluwarsa setelah beberapa hari.
  3. Voucher tidak dapat digunakan oleh konsumen (bukan karena kesalahan konsumen itu sendiri).
  4. Voucher kedaluwarsa, dana pembelian yang dikeluarkan konsumen hangus, dan Shopee juga tidak perlu menanggung realisasi diskon dari penggunaan voucher.

Namun apabila dana saya berhasil dikembalikan penuh, maka prasangka modus tersebut tidak terjadi. Shopee secara serius akhirnya belajar bertanggungjawab untuk kesalahan teknis yang timbul dalam layanannya, akibat kekurangmatangan sistem antarmuka dengan aplikasi pihak ketiga.

NB: Berhubung tidak seluruh screenshot bisa ditampilkan, untuk kali ini saya tampilkan dulu penolakan sistem untuk menggunakan vouchernya. Deretan screenshot yang lebih lengkap sudah saya kirimkan saya membuat keluhan.

Untuk penjelasan tambahan: pembayaran ByU dengan ShopeePay tidak bisa dilakukan sembarangan, karena harus melalui aplikasi ByU, memilih pulsa/paket yang ingin dibeli, dan memilih metode pembayarannya (saya memilih ShopeePay). Setelah itu, aplikasi ByU akan meneruskan ke aplikasi Shopee.

Tidak mungkin permintaan pembayaran di aplikasi Shopee untuk merchant ByU bisa muncul tanpa menggunakan aplikasi ByU. Bila nomor ByU dimasukkan dalam aplikasi e-commerce, akan terdeteksi sebagai nomor Telkomsel.

Harga pembeliannya pun tidak genap kelipatan Rp5 ribu (sebagaimana bila dilakukan di aplikasi ByU). Dengan demikian, saya sudah mengikuti prosedur yang ditentukan, namun terjadi penolakan pemakaian voucher oleh sistem. Hal ini tidak diakibatkan oleh kesalahan saya.

Franky
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Voucher ShopeePay untuk ByU Sudah Dibeli, tapi Tidak Bisa Dipakai

  • 8 Mei 2024 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Ini jelek sistem vcr nempel sering bug kalo beli vcr mending sistem deposit/kode tinggal input beres

  • 8 Mei 2024 - (13:25 WIB)
    Permalink

    sudah dicoba di toko lain kah kak, kadang ada beberapa toko yang tidak bisa mengguankan voucher

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Voucher ShopeePay untuk ByU Sudah Dibeli, tapi Tidak Bisa Dipakai

oleh FB dibaca dalam: 2 menit
2