Penagihan yang Mengintimidasi, Menghubungi Tetangga, RT dan RW

Pada tanggal 7 Mei 2024, saya dihubungi oleh orang lapangan dari Tunaiku Amar Bank, yang mengaku bernama Bapak Sim*****. Beliau konfirmasi ke tetangga, RT dan RW (sebelum konfirmasi dengan saya), dan menanyakan hal hal yang tidak sepantasnya ditanyakan. Beliau menanyakan soal keluarga saya dan isi dalam rumah saya.

Yang saya tidak habis pikir, nomor telepon saya aktif dan bisa dihubungi. Namun orang lapangan malah konfirmasi ke tetangga, RT dan RW. Setelah konfirmasi ke nomor saya, saya dan kolektor ada negosiasi. Namun negosiasi pembayaran saya setiap bulannya tidak diterima. Dia keukeuh saya harus melunasi, karena sudah telat 3 bulan dan tidak ada keringanan.

Orang lapangan tersebut konfirmasi akan kembali datang ke tetangga, RT dan RW untuk menginfokan tagihan dan hutang saya, jika hari ini tidak ada pembayaran. Padahal saat negosiasi, saya sudah infokan kondisi saya saat dan tidak ada kata-kata saya tidak mau bayar. Saya mau membayar sesuai dengan kemampuan saya, karena saya belum bekerja. Jika sudah bekerja, baru saya akan konfirmasi cicilan kembali, karena saya pun sedang hamil dan akan melahirkan.

Apakah seperti ini cara penagihan Tunaiku, dengan konfirmasi ke tetangga terkait tagihan, foto, dan ancaman untuk datang terus? Apakah tidak ada keringanan untuk nasabah negosiasi? Nomor ID pinjaman: 184487115.

Mustifani
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Penagihan yang Mengintimidasi, Menghubungi Tetangga, RT dan RW”

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang telah Ibu Mustifani sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Ibu Mustifani pada...
Baca Selengkapnya

138 komentar untuk “Penagihan yang Mengintimidasi, Menghubungi Tetangga, RT dan RW

  • 10 Mei 2024 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Sama kyk suami sy Bu, yg neror ke kantor setiap Hr setiap dengan nada tinggi sampai operator cs nya komplain. Dikasih pilihan pembayaran cm 2, lunasin atau DP 70% dr total pinjaman. Dan g mau di byr akhir bulan minta secepatnya.

    6
    7
          • 12 Mei 2024 - (06:08 WIB)
            Permalink

            ngeri pinjem 20jt yang cair cuman 14jtaan…buset bunganya gede bgt,,ya meskipun gak pake jaminan juga ini mah jebakan batman…ayo yg lain jngn ampe terjerat pinjol

          • 17 Mei 2024 - (18:33 WIB)
            Permalink

            Ada solusinya bang, lapor lewat sini. udah banyak agen penagihan yang melanggar SOP dipecat. harusnya kerja ya sesuai SOP, ini tugas kantor memberi pendidikan ke karyawannya yang bandel.

            https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/

            yuk mari gw mau absen DC pakai dislike, si pelanggar SOP yang buta kalau ini media konsumen bukan media DC

        • 12 Mei 2024 - (01:21 WIB)
          Permalink

          saran saya KL emang udah ga mampu di gablay aja apalagi kalau dcnya sudah menyalahi aturan. biar pada mampus dcnya g gajian. lagian setiap jasa pinjaman baik online / offline melalui peraturan negara harus diasuransikan yang artinya jika nasabah gablay jasa pinjaman itu g akan pernah rugi karena akan mendapatkan kompensasi dari asuransi bahkan ada beberapa jasa pinjol yang premi asuransinya udah dibebankan ke nasabah.
          jika dcnya masih terus neror laporkan ke pihak berwajib. sudah bisa kena pasal berlapis..

          • 12 Mei 2024 - (07:54 WIB)
            Permalink

            Kalau udah terlanjur basah mandi aja sekalian bu
            Kalau udah dipermalukam begini jangan dibayar lgi
            Pentingkan kesehatan ibu dan anak nya
            Tapi kalau udah settel nanti keuangan dan sudah sehat, bayar aja pokoknya

      • 12 Mei 2024 - (22:39 WIB)
        Permalink

        Potongannya ngeri 6jt
        Blm termasuk bunganya
        Saya pernah sekali ambil amar bank atau tunaiku
        Baru telat sehari aja, yg tlp sdh semua isi kebun binatang diucapkan.
        Sehari bs tlp 100x
        DC bangsat, braninya cuma ditlp
        Ditantang kerumah cuma brani bacot doang.

      • 13 Mei 2024 - (08:34 WIB)
        Permalink

        di ‘isinkan’ seperti itu,karena skill dc memang begitu dan hanya sebatas itu.kalau dia datangi rt terus2an,lama2 rt bosan jg dan dianggap menggangu kenyamanan..

    • 12 Mei 2024 - (03:51 WIB)
      Permalink

      Bunga mencekik
      SOP penagihan kelewat batas
      Udah buka informasi debitur punya hutang ke orang lain jelas adalah pelanggaran

      Udah galbay aja sekalian, ga usah di bayar
      Kalau datang lagi masukin rumah, kunci pagar
      Kasih gertakan balik “” elu mau di bkin kyk gmn, elu loncat pagar aku teriakin maling, elu mau keluar baik2 silahkan tapi ga usah datang lagi, bukti kamu cari info sana sini diluar kontak darurat udah lengkap tinggal lapor “”

      Kalau di bilang galakan yg ngutang emng kenape?? Tuh orang yg galbay kan udah ada konsekuensi hukum PERDATA kan, mau pinjem kemana2 udah gak bisa kan?? udah ga usah sok sokan paling alim, sok paling bener.

      Para gugukDC dan ahli surga silahkan berceloteh. Gak bakal aku tanggepin

      • 17 Mei 2024 - (18:40 WIB)
        Permalink

        Ada PINJOL ngasih bunga mencekik padahal sumber duitnya juga dari cuci uang JUDOL. bikin pinjaman pakai biaya gak jelas, biaya asuransi juga dibebankan ke konsumen. PINJOL gak perlu modal. kalau ada yang galbay, tagih ke asuransi, pasti cair. duit hasil asuransi dipakai buat bayar DC yang bahasa & kelakuannya kyk bocah gak lulus SD. hasil tagih menagih ini ya bonus lah. double dapet duitnya. gampang banget OJK sama pemerintah ditipu sama perusahaan PINJOL2 semacam ini. apa ada mahar di belakang itu masih jadi misteri?

        yang semacam ini DC tau? paling cuma kelojotan doank, pada dislike sama ngoceh di bawah komen aku

  • 10 Mei 2024 - (11:44 WIB)
    Permalink

    1x cicilan lsg macet. Dah jelas dr awal mmg udah bermasalah, pinjol jalan pintas utk nutupi kebutuhan laen (soal gmn bayar urusan kesekian). Jangan cuma 1 pinjol, banyakin sekalian… Trus menghilang pindah ke mana kek. Kalo penagih utang ke rumah RT udah prosedur, krn seringkali kalo datengi rumah sesuai alamat, kebanyakan ngaku ngga kenal atau malah pura” ngga di rumah digedor cuek. Tapi tolonglah jangan bikin surat ke sini, ngga akan dapat simpati, bikin malu aja.

    41
    65
      • 11 Mei 2024 - (09:19 WIB)
        Permalink

        pak. kalau bapak pinjamkan orang uang, terus dia nyicil, tapi cuma di bulan ke-1.

        terus orangnya gak nyicil lagi sampai bulan ke-5.

        bapak pikir beliau ada niat baik melunasi atau tidak? di luar yang komen di atas dc atau tidak, tolong yang objektif.

        22
        10
        • 11 Mei 2024 - (09:43 WIB)
          Permalink

          Sebetulnya bukan tdk ada itikad baik pak, terkadang situasi dan kondisi org berbeda2 jika ybs msh bisa diajak komunikasi nyari solusi saya rasa dia msh mau tanggung jwb. Kecuali klo sdh ngilang di datangi kerumah tdk ada / pindah itu baru tdk ada itikad baik. Kadang kesususahan financial blm sls dalam waktu bbrp bulan saja.

          32
          3
          • 11 Mei 2024 - (11:38 WIB)
            Permalink

            Kalau sudah menghilang ya buat apalagi. Justru karena masih ada makanya diajak koperatif.

            4
            1
        • 11 Mei 2024 - (13:26 WIB)
          Permalink

          Namanya lagi kgk ada dana mau bayar pake apaan ? Orang ngutang karena dia lagi bokek. Jadi jika ditengah jalan tiba2 dia telat bayar atau bahkan terkesen menghindar ya wajar saja. Karena rasanya ditagih mulu soal utang itu serasa makanan yg eneg. Kalo dia punya uang sudah pasti kagak ngutang. Bisnis utang piutang memiliki resiko. Baik bagi pihak kreditur maupun pihak debitur. Terkadang para penagih tidak punya etika. Padahal pasti atasan anda sudah infokan aturan OJK terbaru tentang etika penagihan. Disitu jelas ya tertulis, TIDAK DIPERKENANKAN MENAGIH KE SELAIN YG BERSANGKUTAN. Jadi dilarang keras menagih kepada kontak darurat, tetangga, apalagi RT. Memangnya form peraturannya nggak dibaca ??

          20
          8
          • 11 Mei 2024 - (15:00 WIB)
            Permalink

            hmmmm… ngeri2 serem klai mslh hutang.. emang banyk DC yg minim akhlak.. syaa duku jg gitu pinjam d pak orange, baru telat itungan hari aja nagihnya kayak kita bawa kbur uang orang. Apalagi ini mbaknya dgn nominal angsuran yg lumayan gede telat mo 5bulan pula..

            cuma bs bantu doa semoga nemu solusi n bs terbebas dr jeratna hutang..

            semoga yg lain jgn sampai tergoda apalgai terlilit hutang di pinjol y… kalo pun terpaksa utang pikir2 sesuai kemampuan bayar

            12
            1
          • 11 Mei 2024 - (17:24 WIB)
            Permalink

            ya sebelum beliau pinjam kan sudah ada hitungannya, pembayaran bulanannya berapa.

            lalu beliau setuju,

            kalau tidak mampu mencicil kenapa pilih bayaran bulanan yang segitu? lalu cuma satu bulan bayarnya, sampai bulan kelima belum dibayar apa2 lagi.

            ini bukan masalah tidak ada dana. dari awal beliau sudah lihat harus bayar berapa sebelum ttd. jadi dia memang sudah tidak ada niatan bayar (lihat juga chat whatsapp nya berbohong dan mengiba sudah tidak bekerja lagi, ternyata masih bekerja setelah cfm lingkungan sekitar. setelah ketahuan bohongnya, ibunya panik)

            3
            3
          • 12 Mei 2024 - (06:21 WIB)
            Permalink

            Gila bukan bank itu, lintah darat cocoknya, masa jumlah yg di stujui 20 jt sedangkan yg di terima cuma 14 san, sisanya kemana tuh, bunganya gede lagi

        • 12 Mei 2024 - (00:28 WIB)
          Permalink

          Kalau tidak salah, dilihat dari screenshoot ybs sudah bayar 5 x, cuma angsuran ke 2 sampai 5 telat dari tanggal jatuh tempo/ bulan. Jadi kena denda, bisa dilihat dari jumlah bayarnya beda dengan bulan 1 yang tepat waktu

        • 12 Mei 2024 - (19:40 WIB)
          Permalink

          Siap bos..kalo ente sendiri minjam uang. Dan krn hal2 tertentu kemudian wan prestasi. Gagal bayar atau apalah. Dan ente ada niat bayar tp gak bs segera. Namanya juga kondisi tertentu. Ente udah berusaha itikad baik dg aktif komunikasi dan kompromi. Tp ente terus dteror dan nagihnya bukan ke ente tp malah ke kepala suku ente. Nah menurut ente. Bgmn kelakuan para dc itu. Sesuai prosedur atau apa ? Begitu. Btw. Udah ngopi belum

    • 11 Mei 2024 - (13:39 WIB)
      Permalink

      Ngeri banget ya kalo kelilit pinjol. Gue mah yang namanya aplikasi pinjol gak pernah download, paylater aja gue cuekin.

    • 12 Mei 2024 - (19:34 WIB)
      Permalink

      Stt..Mas DC (demit credit) lu bs gajian juga krn adanya kreditur2 gini kan. Kalo semua kreditur tertib bayar adanya . Lu mah nganggur.. Hahhahak. Lagian yg nulis nanya prosedur penagihan. Situ njawab perkara lain. Udah jelas disitu dia emang gk bs bayar.kompromi. by the way..minjem 20 juta…cuma dpt 14juta. Ya anggap aja yg selisih 6 jt buar manjar 3 bln yg bolong kan..hahhak. gitu aja repot. Betul itu, apapun penyebab dan motivasinya. Yg jelas si kreditur kan bs dikatakan belum punya kemampuan bayar. Tp apakah hrs dtagih dg cara spt itu. Apakah sesuai dg prosesur cara spt itu?

      1
      1
    • 11 Mei 2024 - (12:07 WIB)
      Permalink

      Biar aja mbak, stay galbay aja gak usah dibayar, prinsipnya jika sudah sebar data dan mempermalukan nasabah maka hutang dianggap lunas, biasa kalo diawal awal saja kita siapin mental, tar 3 bulan keatas juga adem, selama gak ada modal jgn dipaksain bayar

      20
      3
      • 11 Mei 2024 - (17:57 WIB)
        Permalink

        Kasihan masyarakat kita, banyak sekali yg sudah menjadi korban serangan teror seperti ini, pemerintah harus tegas sbb pinjol Legal pun ada yg baru telat 5jam saja sudah memaki2 apalagi sampai telat 3bulan seperti ibu ini, mdh2an masih ada kepedulian dan ketegasan untuk melindungi masyarakat dari keadaan ini, dan dari bisnis2 mereka yg seperti ini ya Alloh…

      • 12 Mei 2024 - (05:11 WIB)
        Permalink

        Gw juga gitu bang awal ngeri² gmana gtu d teror. D kirim editan kranda mayat ,ngancem mau nabrak keluarga.
        Dr sana gw gk mau bayar, karena itu data yg jd jaminan pada Aplikasi pinjol.

        DC pinjol itu kalo neror gk bakal berani ngaku dari Aplikasi mana. Karena mereka pake pihak ke 3, coba email aja kirim bukti teror . Pasti adem tuh HP.

    • 12 Mei 2024 - (17:09 WIB)
      Permalink

      Santai aja mbak, yg galbay bukan embak sendirian tetapi ribuan pengguna pinjol semua stay galbay, yg penting jgn menjanjikan pembayaran dan galob tulob siapkan CCTV atau video selama terjadi diskusi dijamin auto kabur tuh DC laknatullah

      1
      0
  • 10 Mei 2024 - (13:19 WIB)
    Permalink

    Gilaaa..cicilan 2,3 minta dibayar 250 miriss..baru 1x bayar langsung minta keringanan. Lu pikir itu kantor punya nenek moyang lu apa ya. Sok2 bahas SOP. SOP nya lu harus bayar utang aja gak lu lakuin. Emg knp klo nomer lu aktif? Nomer aktif klo gamau bayar sama aja bohong. Memang cara pinjol itu mempermalukan debiturnya biar mau bayar. Kesel beudd baca ginian. Udh gatau diri punya utang sebanyak itu. Minimal tau diri lah punya utang tp gak bisa bayar hadehh tipe yg ngutang lebih galak drpd yg ngutangin😀

    33
    27
    • 10 Mei 2024 - (13:40 WIB)
      Permalink

      @Ricky, siap” aja ngga lama lg ada yg nuduh kamu DC 🙂

      Klo buat sy sich ngga permasalahin mereka utang ngga bayar, terlebih ke pinjol, krn perusahaan pinjol itu sarana pencucian uang dr judi online. Ngga ada yg dirugikan walau kamu ngga bayar. Tapi bisa ngga sih, jangan ngeluh ditagih dgn galak, ke kantor dsbnya… Krn kamu udah pasti tau resiko seperti ini saat ajuin pinjaman, kalau telat bayar seperti apa. Jalani aja proses dipermalukan (kalo msh punya malu), atau jalan terbaik ya pindah kota ganti nomor baru kelar masalah (kalo sukses pinjol 15 tempat, mgkn bisa sekalian pindah negara). Di Indonesia ngga seperti negara maju, data kependudukan terupdate, punya utang ngga akan bisa lari ke mana, dicari pasti ketemu.

      25
      6
      • 10 Mei 2024 - (14:13 WIB)
        Permalink

        Biarin aja bilang gw DC. Wkwkwk nah sebenrnya yg bikin kesel itu bukan maslaah dia gak bisa bayar nya tapi “gatau diri” nya itu loh. Semua org gatau bakal apa bisa aja tb2 gak bisa bayar. Tp respon nya itu mbok ya sadar diri dia tuh yg ngutang. Jgn malah kebalik lebih sok ngatur. Setuju bgtt dengan pendapatnya @Iwen. Mbok ya sadar klo telat bayar pinjol itu pasti akan ‘dipermalukan”. Bicaralah baik2. Klo udh kayak gini ya terima resiko “malu”. Pinjamlah sesuai kemampuan. Lah itu gilak bgt utang pinjol sampe 20juta😀 yakin itu dia kek nya gak ngmg sama sama suaminya😀 soale bilang dipecat trus lagi lahiran wkwkwk

        21
        15
      • 11 Mei 2024 - (14:55 WIB)
        Permalink

        Lapor ke ojk di website ojk ada, nanti org bank akan nanggapin keluhan, kalau tdk selesai, maka OJK turun tangan, kalau pinjol sdh spt itu, 20jt cair 14 jt dan harus bayar 28jt, mending sekalian ga usah dibayar lagi. Minta di tindak ojk, pinjol begitu, hanya lintah darat. Ga masuk akal bunga nya, biar sekalian bangkrur

        10
        1
    • 11 Mei 2024 - (08:19 WIB)
      Permalink

      Kalau prosedur penagihan dari ojk itu ya sebetulnya tidak di perbolehkan mempermalukan debitur apalagi penagihan dengan intimidasi itu tidak di perbolehkan dan penagihan itu hanya boleh menagih ke debitur tidak di perbolehkan menagih ke bukan debitur , begini memang si ibu ini berhutang dan tidak memikirkan kemampuan bayarnya dia nah sakahnya pihak tunaiku kenapa di acc ?? Si ibu itu juga kan tidak pernah memaksa pihak tunaiku buat minjamin ke dia kan ?? Artinya pihak tunaiku meminjamin ibu itu secara sukarela juga tanpa memperhatikan kemampuan bayar di ibu itu coba anda lihat jadi salah siapa ??

      19
      5
    • 11 Mei 2024 - (14:06 WIB)
      Permalink

      Wah… Hewan Peliharaan mulai menggonggong nih. Hidup cuma dari uang Riba ja belagu dengan orang-orang yang lagi kesusahan.

      8
      1
  • 10 Mei 2024 - (13:30 WIB)
    Permalink

    memang udah betul tuh DC nya tanya pak RT

    Apalagi menurut DC, dia udah menjadi orang lapangan yang cukup lama

    dikhawatirkan pabila menagih Debitur debitur seperti TS tanpa pendampingan, takutnya Debitur nya malah naik pitam
    Banyak kan kasus Debitur jauh lebih galak dibandingkan DC nya

    Mendingan nanya ke Pak RT atau minta pendampingan
    dah itu paling main aman

    Lagipula DC itu kerja ikut orang
    Cicilan 2,3 dinego 250k sebulan itu gak masuk logika
    kalo nego 2,3 jadi 2 juta, mungkin bisa dinalar
    lah ini 250rbu

    20
    10
    • 10 Mei 2024 - (21:12 WIB)
      Permalink

      Lapor polisi saja pak Bu..teman saya ada yg begitu akhir nya DC nangis bombay di tangkap…

      27
      21
      • 11 Mei 2024 - (09:21 WIB)
        Permalink

        baru dicek ke rt saja sudah bohong loh ibunya (ts).

        dia bilang tidak bekerja lagi, ternyata masih bekerja. bener kan dc harus confirm ke rt.

        dikira harus percaya ibunya/ts gitu, itu saja sudah ada kebohongan (niat untuk tidak membayar pinjaman).

        6
        8
  • 10 Mei 2024 - (14:20 WIB)
    Permalink

    Kenapa gak nego sekalian hanya bisa bayar di angka Rp100rb per bulan…Kok aku mikirnya anda ngajuin pinjol buat beli iPhone ya hehehehe

    14
    7
  • 10 Mei 2024 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Minjem 20 juta, cair 14 juta, mesti dibalikin 2,398 juta x 12 = 28,7 juta, alias bunganya lebih dari 100 persen setahun!! 😱

    Ada yg bisa jelasin ini gimana hitungannya? 🤔

    27
    3
    • 11 Mei 2024 - (06:52 WIB)
      Permalink

      ga perlu di jelasin.pinjol butuh bisnis riba yg mencekik biar ada bayar gaji DC dan Admin nya

      6
      3
    • 11 Mei 2024 - (08:37 WIB)
      Permalink

      Ramadhan kemarin ada sinetron PPT dr Dedy Mizwar yg menggambarkan soal hutang piutang.
      Maaf, jenengan termasuk buronan surga kl sesuai dg sinetron itu sedangkan saya bentar lagi mau wisuda.
      Dulu saya apa2 ambil citibank, bahkan DP rumahpun pakai uang citibank. Gila kan, DP rumah nyicil citibank, angsuran rumah nyicil BTN.
      Terus kita niatkan bebas hutang dan akhirnya ijabah juga, sejak thn 2020 kita sdh tdk buka hutang lagi, bahkan bulan Mei masih nyicil 9 jutaan & Insya Allah lunas semua tahun ini.
      Saran saja kl bisa jangan buka hutang lagi apapun yg terjadi, lunasi hutang yg sdh jalan & niatkan bebas dari hutang agar kita tidak masuk dalam golongan buronan surga.

    • 11 Mei 2024 - (08:43 WIB)
      Permalink

      itu adalah peminjam tanpa perhitungan, udah jelas lintah darat …. mau aja , akhir nya case dah …..
      cape dah, mending aku ngopi lg dah

    • 11 Mei 2024 - (09:23 WIB)
      Permalink

      di luar dari itu ibunya setuju angka itu.

      kalau tidak setuju ibunya protes dulu ke ojk, dikabulkan, baru pinjam. atau pinjam ke tetangga/kenalan/orang lain dengan aturan bayar mereka sendiri.

      5
      2
  • 10 Mei 2024 - (15:16 WIB)
    Permalink

    hp ibu pakai iphone, coba dijual aja bu, ganti hp yang biasa aja yang satu jutaan yang penting bisa WA, baru bayar sekali masa udah macet, sebelum minjam apa gak dipikirkan matang matang, haduhhh

    15
    7
    • 11 Mei 2024 - (01:04 WIB)
      Permalink

      Buset pengajuan pinjaman 20jt cair 14 jt, wajar aja sih pinjol dapat karma. Alias dapat kostumer kyk DC 😁. Itu bunganya aja bisa samoe 100% bijigile. Kalo gak punya duit buat beli barang sebaiknya jangan dipaksakan, menabung itu lebih baik. Apalagi buat pinjaman ke pinjol yg jelas2 aplikasi pencuci uang.

      12
      • 11 Mei 2024 - (08:16 WIB)
        Permalink

        Saat mengajukan hutang ke siapapun (bank, pinjol, saudara) pastikan kamu MAU dan MAMPU untuk Membayar/Mengembalikan nya. Kalau bayar angsuran hutang cuma semau-maunya kamu, hidupmu dan keluargamu gak akan berkah.
        Hindari gaya hidup melebihi kondisi keuangan yang sebenarnya.
        Kalau gak bekerja, jangan sekali-sekali memenuhi kebutuhan hidup dari hutang.
        Biaya persalian ditanggung BPJS Kesehatan.

        DC mendatangi RT/RW setempat itu untuk ijin dan lapor bahwa dia melakukan aktivitas penagihan ke salah satu warganya untuk menghindari kesalahpahaman dengan warga sekitarnya.

        5
        4
        • 11 Mei 2024 - (10:07 WIB)
          Permalink

          Apk tnaiku dr amarbank ini udah langganan komplain disini, tiap minggu mesti ada aja konsumen yg komplain soal arogansi penagihannya dan bunganya yg melebihi bank plecit kampung. Tapi sampai skrg ttp aja eksis tanpa tindakan lanjut dr OJK dan BI sbg regulator. Kenapa demikian ?? Apa mngkin pendana dibaliknya adalah bank2 besar yg “untouchable” hhmmm…minjem 20jt, terima 14jt ttl kembali 28jtan gileee wkwkk…saran sy ibu karna juga sudah dipermalukan tagihan tdk usah dbayar. Anggap sj lunas sbg bentuk terima konsekuensi nasabah. Ga akan dipenjara bu, percaya deh..mau mereka bawa ke pengadilan juga ibu ttp menang, tinggal blg aja pak hakim sy sanggup membayar 200rb sebulan, udah beres pasti pak hakim ketok palu..

          14
          5
          • 11 Mei 2024 - (17:27 WIB)
            Permalink

            lihat kasus-per-kasus pak, jangan dipukul rata semua kasus amarbank pasti mereka yang salah.

            1
            3
  • 10 Mei 2024 - (15:59 WIB)
    Permalink

    Berhutang tanpa perhitungan dan kebutuhan yang jelas mendesak memang bikin hidup tambah runyam, balik lagi ke hak dan kewajiban sesuai dengan kesepakatan di awal, kalo tidak mampu pinjam ke sodara aja, kecuali sodara anda sudah tidak percaya lagi pada anda, itu lebih jelas. Daripada menyalahkan tugas orang lain, chuakz

    10
    5
    • 10 Mei 2024 - (21:14 WIB)
      Permalink

      Lapor polisi saja biar di tangkap DC begitu banyak yg sudah di tangkap pada nangis bombay

      11
      12
    • 11 Mei 2024 - (06:34 WIB)
      Permalink

      iPhone nya jual dulu, beliin hape murah, di bawah sejuta juga ada.. yang penting bisa WA.. Uang nya sebagian buat bayar utang, ya.. lumayan lah bisa nyicil sekali dua kali mah..

      10
      4
  • 10 Mei 2024 - (17:36 WIB)
    Permalink

    Keknya boomerang deh curhat disini dgn history bayar kyk gt. Krena dr awal minjem ts sdh dlm kondisi hamil jd alesan sdg hamil rasanya kurang elok.. bismillah yuk smoga kt smua djauhin dr perbuatan² riba

    17
    2
  • 10 Mei 2024 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Semengerikan ini ya pinjol. Utang 20jt, terima duitnya cuma 14jt. Balikinnya 28jt. Bunga 100% pertahun.
    Jauh2 lah dari pinjol.

    15
    1
  • 10 Mei 2024 - (23:26 WIB)
    Permalink

    Itu semua screenshot diambil dari iPhone. Jual saja iPhone-nya buat bayar cicilan. Nggak respek dengan alibi hamil. Gaya elit cicilan sulit.

    13
    5
  • 10 Mei 2024 - (23:46 WIB)
    Permalink

    OJK harus menindak tegas. Bila ada pelanggaran seperti ini. Kepihak Amar Bank. Kalau gak salah aturan terbaru pinjaman tidak boleh dari 3% bunganya. Apa lagi bila pinjaman 20 JT. Terima 14 JT. Tapi harus kembalikan sampai 28 JT an. Apakah praktek seperti ini bisa dibenarkan. Hal ini bahkan lebih kejam dari rentenir. Mereka paling ambil. 2.5% per bulannya. Dan apakah orang yang makan dari hasil itu hidupnya juga bisa nikmat. Kaya mungkin bisa. Tapi sengsara sebelum mati bisa saja terjadi. Memang benar hutang juga dibawa mati. Yang hidup yang harus bayar.wkwk….mari tidak tegas yang tidak sesuai peraturan. Kalau perlu difiralkan. Biar senayapun tahu.

    8
    2
  • 11 Mei 2024 - (01:10 WIB)
    Permalink

    Niat TS curhat disini biar dapet pembelaan, eh padahal malah di rujak wkwkwkw

    Pinjem 20juta cicilan 2,3
    Kredit Iphone cicilan 2jt

    11
    5
  • 11 Mei 2024 - (06:48 WIB)
    Permalink

    Langsung lunasi hutangnya, kasian yg tagih. Jangan pinjam pinjam lagi. Jual hp nya, kalau tdk mau angkat telp.

    6
    6
  • 11 Mei 2024 - (08:19 WIB)
    Permalink

    Belum kapok ..ngutang .pinjol…? Tanggung pusing ? Ngutang lagi sana minimal 10 pinjol biar di tongkrongin tiap menit nya di depan rumah..

  • 11 Mei 2024 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Utang mau, bayar kagak.
    Hp elit, otak sempit.
    Merasa jadi korban, korban apa.
    Bayar aja baru sekali.
    Udah jual.aja rumahnya, beli rumah kpr, ntar gak usah diciicll.

    6
    5
  • 11 Mei 2024 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Udah bunga gak ngotak dan dipermalukan pula, masi mau bayar? Cuma orang gila yang masih mau bayar. Anda terima duit cuma 14,1Juta dan sudah mengembalikan 12,5Juta berarti sisa hutang Anda kurang dari 2Juta. Saran saya, Anda usahain gimanapun caranya yang 2Juta itu, bayar dan bilang hutang Anda lunas. Soal urusan malu sama RT/RW dan tetangga nggak usah dipikirin. Toh hidup kita yang menjalani, kita nggak bisa mengontrol pikiran orang. Jadi lebih baik masa bodoh dan fokus buat melahirkan saja. Kalau masi ada teror,pengancaman dll rekam dan lapor polisi.

    8
    9
    • 11 Mei 2024 - (09:25 WIB)
      Permalink

      pak, kalau usaha seenak sendiri begini, gak jalan perekonomian.

      itu ibunya kan sudah setuju bayar segitu, ya bayar sesuai kontrak yang ditandatangani.

      gimana orang mau usaha (usaha apapun itu di luar pinjol) kalau sudah akad, tapi pihak satunya mengingkari?

      4
      5
    • 11 Mei 2024 - (13:41 WIB)
      Permalink

      Ni orang ngemeng apa sih. Itungan ibuknya udah bayar 12,5 juta itu darimane. Baru bayar 1x cicilan woi itu. Hadehhh gak cuma pinjol. Utang dibank juga bunga nya gede. Kan udh setuju dr awal. Giliran ditagih a i u e o. Kocak amat lu jd org

      2
      4
      • 12 Mei 2024 - (00:38 WIB)
        Permalink

        Kalau ngga salah ibunya sudah bayar 5x angsuran dilihat dari sc , cuma bulan 2-5 dia bayar lewat dari tanggal jatuh tempo/ bulan.

  • 11 Mei 2024 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Lapor polisi bu yang komen-komen menghujat ibu teman-temannya debt collector semua, penagihan tidak beretika laporkan langsung hajar!

    6
    7
  • 11 Mei 2024 - (10:09 WIB)
    Permalink

    Seram sekali ini, Pinjamnya 20 juta, uang diterima 14 juta, dan nominal cicilan 2,398 juta x 12 bulan = 28,7 juta,

    Saran saya jual tabungan perhiasan atau pinjam ke teman, sahabat atau saudara, lunasi hutang pinjol nya dan jangan lagi lagi pinjol, serem bgt bunganya.

    6
    1

 Apa Komentar Anda?

Ada 138 komentar sampai saat ini..

Penagihan yang Mengintimidasi, Menghubungi Tetangga, RT dan RW

oleh Musti dibaca dalam: 1 menit
138