Penagihan yang Mengintimidasi, Menghubungi Tetangga, RT dan RW

Pada tanggal 7 Mei 2024, saya dihubungi oleh orang lapangan dari Tunaiku Amar Bank, yang mengaku bernama Bapak Sim*****. Beliau konfirmasi ke tetangga, RT dan RW (sebelum konfirmasi dengan saya), dan menanyakan hal hal yang tidak sepantasnya ditanyakan. Beliau menanyakan soal keluarga saya dan isi dalam rumah saya.

Yang saya tidak habis pikir, nomor telepon saya aktif dan bisa dihubungi. Namun orang lapangan malah konfirmasi ke tetangga, RT dan RW. Setelah konfirmasi ke nomor saya, saya dan kolektor ada negosiasi. Namun negosiasi pembayaran saya setiap bulannya tidak diterima. Dia keukeuh saya harus melunasi, karena sudah telat 3 bulan dan tidak ada keringanan.

Orang lapangan tersebut konfirmasi akan kembali datang ke tetangga, RT dan RW untuk menginfokan tagihan dan hutang saya, jika hari ini tidak ada pembayaran. Padahal saat negosiasi, saya sudah infokan kondisi saya saat dan tidak ada kata-kata saya tidak mau bayar. Saya mau membayar sesuai dengan kemampuan saya, karena saya belum bekerja. Jika sudah bekerja, baru saya akan konfirmasi cicilan kembali, karena saya pun sedang hamil dan akan melahirkan.

Apakah seperti ini cara penagihan Tunaiku, dengan konfirmasi ke tetangga terkait tagihan, foto, dan ancaman untuk datang terus? Apakah tidak ada keringanan untuk nasabah negosiasi? Nomor ID pinjaman: 184487115.

Mustifani
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Penagihan yang Mengintimidasi, Menghubungi Tetangga, RT dan RW”

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang telah Ibu Mustifani sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Ibu Mustifani pada...
Baca Selengkapnya

138 komentar untuk “Penagihan yang Mengintimidasi, Menghubungi Tetangga, RT dan RW

  • 11 Mei 2024 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Gak usah bayar!!! Udah dipermalukan dan dibikin stress. Masi nyolot lapor polisi. Soal omongan warga, gak usah dipikirin. Hari gini sapa yg gak punya utang. Noh orang yang super tajir aja malah ngemplang BLBI. Lagian dengan tidak membayar berarti Anda sudah berjasa dan ada partisipasi buat pinjol bangkrut. Malah Anda dan yg galbay lainnya patut diapresiasi. Ayo semua bikin bangkrut pinjol!!!!

    7
    6
    • 12 Mei 2024 - (21:01 WIB)
      Permalink

      Komentar yg tdk bijak. Amar bank itu pinjol resmi dibwh naungan ojk jd klo ada mslh sm cicilan pasti akan bermslh jg sm BI cheking. Klo sm pinjol yg tdk resmi ya silahkan saja tdk mau byr yg penting sdh dipersiapkan resikonya.

      Dimana2 pinjol klo telat byr pasti byk cara dilakukan DC mulai teror sms, wa dan tlp. Mendatangi nasabah, tmn maupun kerabat lainnya. Tujuannya ya intimidasi dan mpermalukn si peminjam biar cpt byr. Ingat semakin byk nunggak smkin byk pula bunganya.

      Utk TS semoga ada jln keluar utk permslhn ini, semisal pnjm ketmn baik, saudara atau klrga. Yg penting diusahakan byr rutin cicilannya sblm jth tempo.

      • 12 Mei 2024 - (22:38 WIB)
        Permalink

        Nggak usah fafifu dengan embel2 OJK, noh liat minjam 20juta yang ditransfer cuma 14juta tapi harus balikin 24juta dalam setahun? Bunganya 100% cukkk. aje gileeeeeeee

      • 16 Mei 2024 - (14:22 WIB)
        Permalink

        ini sih bahasa DC, bela mati2an tuannya. berkeliaran kalian di media konsumen. ini bukan media DC bos.

        DC teman kalian itu sudah melanggar SOP penagihan yang ditetapkan OJK. diadukan lewat sini https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/ kalian bisa kehilangan pekerjaan, karna perusahaan PINJOL tempat kalian bekerja gak akan peduli dengan nasib kalian

        1
        1
    • 16 Mei 2024 - (17:17 WIB)
      Permalink

      Ibu saya tidak punya hutang. Dan saya kenal banyak orang yang tidak punya hutang. Anjuran tidak bayar utang adalah tindakan tidak bijak sangat berbahaya bagi yang meminjam dan juga akan merugikan masyarakat jujur taat bayar yang butuh pinjaman. Kerugian akibat orang-orang yang tidak bayar pinjaman akan dibebankan kepada ongkos produksi yang mana akan membuat orang lain yang taat bayar harus membayar bunga lebih tinggi lagi. Jika sampai ada DC seperti itu ya mungkin karena tidak ada negosiasi dilakukan ke pihak pemberi pinjaman selama 3 bulan ini. DC bertanya-tanya ke tetangga, RT bahkan RW bisa jadi untuk memastikan bahwa memang tidak ada kesanggupan membayar. Bisa jadi malah menyelamatkan para tetangga dari peminjaman uang yang rawan tidak bisa kembali dari tetangga yang sepertinya merasa tidak bayar 3 bulan sampai waktu yang tidak ditentukan harusnya dimengerti oleh orang yang memberi pinjaman

  • 11 Mei 2024 - (10:15 WIB)
    Permalink

    Dilihat dari historis pembayaran, pemosting kesulitan bayar atau gak ada niat bayar. Jadi wajar DC datang ke RT RW untuk mempermalukan pemosting agar bayar.

    2
    2
    • 11 Mei 2024 - (12:56 WIB)
      Permalink

      Lah klo sesuai aturan OJK mah ga begitu nagih…ini mah sesuai aturan rentenir online wkwkw

  • 11 Mei 2024 - (11:35 WIB)
    Permalink

    Orang ***** mana sih pinjam 20 juta dana masuk 14 juta 😥.
    Udah gitu di terror kek gitu pula mendingan gak usah ngutang dari awal bro.
    Itu kalau kelar / lunas hapus akun saja jangan berurusan lagi dengan pinjol 😥.

  • 11 Mei 2024 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Kalau minjol ya harus siap mental dan rohani mau ditagih dan di anjing anjingin DC, jangan ngeluh. Btw gw galbay di Akulaku, kredivo, kredit pintar, Dana rupiah dan Shopee pay. Tuh DC tiap hari dateng bodo amat dan harus kita lebih galak. Kalau mulai macem macem teriakin aja tuh dc dc tai😁😁😁. Puji Tuhan yesus tuh DC cape sendiri🤣🤣, jangan lemah om baru didatengin dc langsung curhat di media konsumen. Itu udah konsekuensi kita yg g bayar😆😆semangat om!!! Pasti bisa ngadepin DC DC tolol, sering sering liat chanel raja galby😂😂

    • 11 Mei 2024 - (13:44 WIB)
      Permalink

      Please..jangan bawa2 Tuhan. Malu dikit kek. Kasihan agama yg Tuhan nya lu sebut. Karena di kristen gak pernah diajarin kayak gtu. Hutang harus bayar!

  • 11 Mei 2024 - (13:11 WIB)
    Permalink

    Setiap pelaku usaha atau pemberi pinjaman harusnya sudah siap merugi. Klu gak mau rugi..ya buka jasa tukang urut saja. Dan Klu jadi kolektor ya gak usah galak2 lah..apa lagi ngancem2 segala. Udh gak zaman. Anda baku hantampun gak akan dibelain perusahaan.

    • 12 Mei 2024 - (10:06 WIB)
      Permalink

      daripada dibilang merugi, ini peminjol ditipu sama ts sih bang wkwk orang cicilan 12 bulan bayarnya cuma 1 bulan.

      di bulan ke-5 digertak baru dia mau ngomong tapi ngadu ke media konsumen, bulan ke-2 sampai ke-5 tidak ada inisiatif menyelesaikan.

      • 16 Mei 2024 - (14:17 WIB)
        Permalink

        ahh DC udah masuk media konsumen. DC teman kalian itu sudah melanggar SOP penagihan yang ditetapkan OJK.

        yakin rugi? gak tau ada asuransi bos? justru doktrin yang diajarkan ke kalian para DC yang bikin kalian keliatan bela mati2an perusahaan tempat kalian kerja tanpa diberi pelajaran apapun oleh mereka. pinjol galbay, asuransi cair. pembayaran nasabah itu ibarat bonus. dapet 2x lipat perusahaan kalian. sedangkan kalian cuma terima caci maki kalau gak target.

        diadukan lewat sini https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/ kalian bisa kehilangan pekerjaan, karna perusahaan PINJOL tempat kalian bekerja gak akan peduli dengan nasib kalian.

        1
        1
  • 11 Mei 2024 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Laporkan ke OJK aja sbb aturan terbaru penagihan harus ke nasabahnya, bahkan kontak darurat jg tdk boleh dipergunakan utk menagih, hny utk menanyakan keberadaan nasabahnya saja. Biar kreditur nya kena sanksi dr OJK, kalo berulang kali bisa diberi sanksi berat oleh OJK

  • 11 Mei 2024 - (13:49 WIB)
    Permalink

    DC dibayar bukan cuma buat nagih, tapi buat komentar buruk di Media Konsumen. Kenapa?? Karena “Tuan”nya udah malas membalas atau memberi tanggapan klw ada komplain dari Nasabah.
    Para DC memang udah di cuci otaknya agar nasabah galbay dibilang Maling, Pencuri Uang perusahaan dan sebagainya. Padahal kenyataannya, mereka digaji dari keringat nasabah yang minjam.
    Tapi klw kita komen begini, pasti mereka balas dengan alasan seribu bahasa, seolah-olah mereka tidak tahu, kalau uang yang dipinjamkan ke nasabah itu tidak sesuai dengan nominalnya.

    3
    2
  • 11 Mei 2024 - (14:02 WIB)
    Permalink

    Yg komen mendukung ibunya pasti sesama pengutang yg gamau bayar🤣 kayak yg komen ini wkwkwk

    2
    3
      • 11 Mei 2024 - (16:56 WIB)
        Permalink

        Merasa ya?🤣🤣🤣 Berarti emg komen gw itu buat lu. Bayar woi utang malah komen2 dsini wkwkwkwk

          • 11 Mei 2024 - (19:53 WIB)
            Permalink

            Lah kan situ bilang saya yg punya usaha berarti gw punya uang dong gimana sii. Gak konsisten sama yg di omongin. Wkwkwk sok2 bilang biar bangkrut padahal mah masih butuh pinjol buat nyambung hidup🤣

          • 11 Mei 2024 - (20:09 WIB)
            Permalink

            Sorry ye.. Gw bukan DC kyk lu yg jadi hewan peliharaan bos2 pinjol, gw punya gaji, punya investasi buat masa depan, gx butuh pinjol untuk nyambung hidup. 😝😝
            Anda itu yg butuh bos2 pinjol buat makan sehari-hari dari uang riba, hasil penderitaan orang yg anda ancam2 setiap hari, 🤣🤣

            1
            2
  • 11 Mei 2024 - (14:53 WIB)
    Permalink

    Ehh pihak2 Pinjol yang baca comment gw, Lu orang buka usaha pinjol lu udah ukur resiko orang telat/gagal bayar.

    Lu semua oknum2 pinjol harus nya klo ada nasabah yang telat bayar lebih dr 3 bulan, bukan gitu cara lu nagih, mempermalukan nasabah di sosial nya.

    Harus nya Lu duduk bareng2 sama nasabah nya, klo memang dia sulit/ga kerja tawarin relaksasi, dan bunga di perkecil. Bayar sesuai kemampuan dia per bulan s.d lunas.

    Nasabah ga berat, lu jg punya kepastian tiap bulan. Gw utang di Bank ajaa gagal bayar gw nego kayaa gitu bisa, utang 40jt gw bayar 500rb/bulan, bunga / denda dihilangkan. Lu jadi bank duit lu tetep balik, nasabah jg ga susah bayar nya.

    Gw klo jadi nasabah nya ga akan gw bayar Rp 1000 perak pun klo cara nagih begitu, mau apa lu? sampe lu minta maaf ke gw dan ke semua kerabat sosial nya + kompensasi nama baik gw.

    3
    2
  • 11 Mei 2024 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Pinjol memang membantu, tapi sekali telat bayar setan setannya pada berkeliaran Neror HP… wkwkwkwk

  • 11 Mei 2024 - (17:02 WIB)
    Permalink

    Miris bacanya, hari gini masi ada orang yang mau kerja jadi DC aja udah aneh, padahal itu kerjaan paling hina di muka bumi ini. Dan kalo gw jadi si Ibuk ini boro2 gw bayar, yang ada gw samperin tuh pinjol yang memperkerjakan masusia sampah macam DC itu. Gw suruh minta maaf baru gw bayar utang receh yang gak seberapa itu.

    1
    2
    • 16 Mei 2024 - (14:26 WIB)
      Permalink

      banyak yang mau lah bang. gak lulus SD aja bisa masuk bang. gak perlu pinter, cuma perlu jago terror. padahal banyak DC yang udah dipecat oleh perusahaan tempat mereka bekerja karna prinsipnya perusahaan harus mengikuti POJK nomor 22 tahun 2023 yang ketat harus nasabah oriented kalau nasabahnya mengadu ke OJK lewat portal ini https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/

  • 11 Mei 2024 - (18:26 WIB)
    Permalink

    Berani berhutang apalagi nominal 20 juta sangat besar sekali.. Gaya hidup hedon mau uang banyak tak sesuai kemampuan.. Budayakan hidup hemat rajin menabung…

    • 11 Mei 2024 - (20:15 WIB)
      Permalink

      si @Zaenal Ini pasti Mas-Mas kabupaten makanya nominal 20juta dibilang besar sekali, padahal buat hidup di Jakarta uang 20juta itu cuma cukup buat seminggu. Dan pake iPhone doank dibilang hedon hadeuuhh, biar Mas Zainal tau ya rata2 disini emang pake iPhone deh, mulai dari anak SD, SMP dan even ART juga pake iPhone. Yang hedon itu kalo kemana-mana pake private jet, lunch di SG dinner di HK nah itu baru hedon.

      1
      1
      • 11 Mei 2024 - (22:49 WIB)
        Permalink

        Anjay… Gw orang Betawi.. Lahir di bintaro jaksel… Ku x yg orang pendatang.. Jadi norak

      • 12 Mei 2024 - (01:41 WIB)
        Permalink

        Wkwkk yaa biasa org itu klo ada yg ngutang pasti dibully pdhl ga ngutang buat gaya² ya mungkin berhutang karena buat kebutuhan hidup. Klo soal dia pake iPhone tp curhat gara² ulah DC ya pantes dibully sih. Udh tau ngutang jgn playing victim dan ngpn curhat dimari yg ada dibully donggg 🤣🤭

      • 12 Mei 2024 - (08:33 WIB)
        Permalink

        Ni orang agak2 kayaknya. Bilang 20juta kecil. Lah itu ibuknya cicilan 2,3 aja gak bisa bayar. Klo 20juta kecil berarti 2,3 kan butiran debu. Ya bayar dongg! Lagak sok kaya tp minjol hadehhh gw yakin org yg membela pinjol itu pasti juga hidup dr pinjol. Wkwkwkwk

        1
        1
        • 17 Mei 2024 - (00:03 WIB)
          Permalink

          Bos bangga banget ente jadi b*bu pinjol. ko tau pinjol baru ada beberapa tahun ke belakang, manusia udah hidup ribuan tahun gak butuh pinjol bos. justru keberadaan pinjol majikan ko tuh yang meresahkan. malah playing victim lagi lu pada. ko tau udah banyak temen ko yang dipecat majikan ko, karna majikan ko takut melindungi DC teman ko dari OJK. POJK nomor 22 tahun 2023 itu ketat, gak pandang bulu ke DC.
          silahkan kalian yang merasa punya masalah dengan SOP penagihan lapor lewat portal ini https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/ mereka akan berusaha teror lewat jalur pribadi. jangan mau, abaikan saja kalau jalur pribadi! selesaikan semuanya di dalam portal itu. hapus pinjol dari NKRI!!

  • 11 Mei 2024 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Waduh parah, kalo emang ga mampu bayar ke depannya mendingan ga usah pinjem pinjem lah.. masa gali lobang tutup lobang, parah sih kalo bener boong

  • 12 Mei 2024 - (01:34 WIB)
    Permalink

    Kyknya klo curhat penagihan debtcollector ga perlu curhat di media konsumen bu, karena tdk ada yg akan simpati bahkan nama anda yg muncul jd lebih malu sendiri dibully org. Lapor OJK, lapor polisi sekalipun jg ga akan dibantu.
    Belajar dr orang kaya yg berhutang ga pernah koar2 curhat di medsos ato media manapun. Mereka tetap cuek dan nyante. Pdhl hutangnya puluhan milyar.
    Resiko dr galbay itu di teror bu, tugas DC ya begitu. Tinggal kita nya bs kuat mental ga?? cuek aja klo chat, telp ga ush digubris emang ga ada duitnya gmn yekannn?? Klo datang ya ditemuin aja jgn ikut marah2. Coba klo kita yg duitnya dipinjem ga dibayar kesel juga kan?? Itu udh resiko jd ga perlu curhat di forum begini yg ada dibully. Kecuali klo anda ditipu DC anda di tipu oknum bank. Masih bs dibantu bank nya. Lapor RT, RW pun ga digubris bu. Mereka mah pasti jg ngutang cm ga koar2 aja.
    Jd ya sabarrr iklas aja itu resiko dr galbay …. bnyk kok org galbay klo semua curhat disini lama lama jd media pinjol hehehe

    • 12 Mei 2024 - (08:36 WIB)
      Permalink

      Lagian juga klo diliyat dr chat nya DC nya perasaan gak ada kata2 kasar. Masih wajar. Emg gatau diri aja itu si peminjam. Gak bisa bayar tapi gamau malu juga sama tetangga🤣 ini mah tipe ibu2 yg biasa lebih galak klo ditagih utang. Paling kesel sama peminjam tipe bgini

    • 12 Mei 2024 - (13:34 WIB)
      Permalink

      Wajar gede.. Buat Bayar DC yg ngancam nasabah dan buat DC yg ngebully penulis-penulis di Media Konsumen ini lah, 🤣🤣

      1
      1
  • 12 Mei 2024 - (06:28 WIB)
    Permalink

    Kalau memang dirasa mulai susah bayar, galbay saja
    Dia respon begitu karena nasabah mambalas chatnya
    Saya dari sept 2023 sampai sekarang galbay, awal-awal saya respon balasnya juga seperti itu dengan dalih sudah dirumah konfirmasi rt rw padahal aslinya BOHONG 🤣
    gausah takut gausah panik, ada uang dibayar semampunya ga ada uang jangan gali lobang tutup lubang
    (Berdasarkan pengalaman pribadi)

  • 12 Mei 2024 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Pinjaman disetujui 20jt. Cair 14jt
    Total yang harus dibayar sekitar 29jt
    Total bunga 50% lebih.

    Gw KTA cimbniaga bunga 0.9% aja ngap ngapan. Lah ini 50% lebih.

    Intinya anda dari awal memang sudah gak niat bayar, ya sudah teruskan, gak usah pakai media konsumen segala atuh. Gw gak nyalahkan anda gak bayar, bahkan gw saranin gak usah bayar dengan bunga segitu. Tapi resiko juga seharusnya anda sudah persiapkan dan antisipasi sejak awal. Seharusnya tulisan anda bukan keluhan penagihan. Tetapi TUTORIAL mendapatkan pinjaman “besar” dari pinjol dan tidak perlu bayar. Supaya menginspirasi orang lain berbuat yang sama.

    Salam

  • 13 Mei 2024 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Intinya gini, kalau anda punya hutang itu ya dibayar ******, jgn malah menyalahkan oranf nagih hutang. Orang yg nagih hutang juga gak akan seperti itu kalau kalian bisa diajak kerjasama. Ayo kalau mau debat sama saya yg keberatan dgn statement saya

  • 13 Mei 2024 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Simple sih pertanyaan saya, kedepannya Anda masi ada rencana buat minjam di lembaga keuangan gak? Kalau iya ya Andah harus usahain buat bayar agak sliknya bersih, tapi kalau mantap nggak mau minjam2 lagi yah bagus gak usah bayar. Done! Dalam kasus pinjam meminjam ini gak ada konsekuensi hukum pidananya, yang ada cuma perdata. Kalau sampai perdata malah Anda diuntungkan karena hakim akan nanya kesanggupan Anda mencicil berapa dan lansung ketok palu. Tapi lembaga keuangan manapun gak akan mau bawa ke pengadilan perdata kalau hutang cuma receh begitu. So, tenang aja, fokus kesehatan mental dan proses persalinan Anda. Sehat selalu ya Buk.

 Apa Komentar Anda?

Ada 138 komentar sampai saat ini..

Penagihan yang Mengintimidasi, Menghubungi Tetangga, RT dan RW

oleh Musti dibaca dalam: 1 menit
138