Layanan AirAsia yang Mengecewakan

Saya ada booking AirAsia Indonesia dengan penerbangan nomor QZ256 rute Jakarta – Bangkok. Saat sampai di boarding room, bagasi saya ditimbang dan ada kelebihan bagasi sekitar hampir 4 kg, sehingga saya harus membayar untuk kelebihan bagasi tersebut.

Pada dasarnya, saya tidak keberatan kalau memang harus membayar, namun harga dari excess baggage menurut saya sangat tinggi. Saya harus membayar sebesar Rp 1.200.000, ini sudah setengah dari harga tiket berangkat saya. Sedangkan harga bagasi di aplikasi sekitar Rp 400.000 – Rp 600.000 untuk 20 kg.

Yang membuat saya semakin kecewa adalah selain masalah saya harus membayar biaya excess baggage yang mahal, saya juga sudah membayar seat mahal, yang saya dapat adalah waktu penerbangan delay dan seat yang saya bayar tidak bisa direbahkan.

Saya mengajukan keluhan ke customer service pada aplikasi AirAsia. Saat mengajukan keluhan, pelayanannya juga tidak baik. Selain saya harus menjelaskan masalah saya sampai tiga kali, saat mereka membalas hanya bilang itu aturan yang ada dan langsung keluar dari percakapan, kok rasanya kurang sopan ya?

Saya harap AirAsia bisa lebih memperhatikan ini. Memang kalian low cost carrier, tapi semua extra costs yang kalian kenakan itu cukup mahal pada akhirnya dan tidak sebanding dengan pelayanan yang diberikan.

Elena Sitinjak
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Layanan AirAsia yang Mengecewakan

  • 29 Juni 2024 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Sayangnya memang begitu penerbangan murah. Mungkin bisa beli timbangan, biar lain kali ngak kena begini lagi.

    • 30 Juni 2024 - (03:09 WIB)
      Permalink

      G hanya penerbangan murah kok. Ketentuan bagais kabin kan emang 7kg mau maskapai apapun jg. Klo emang niat bawa bawaan lbh dr 7kg emabng paling better beli bagasi sedari beli tiket atau sebelum terbang. Krn klo di bandara harganya beda sm di web. Mau maskapai apapun sama. Di bandara dihitungnya biaya per kg. Klo beli sebelum terbang dijualnya per paket (5kg/10kg/15kg/20kg) tergantung maskapainya. Kelebihan bagasi garuda/batik/sq/mh jg sama mahalnya per 5kg rute intl bisa diatas 1 juta.

  • 29 Juni 2024 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Permainan maskapai kayanya ya kak,

    Saya pernah terbanh dari bali ke jakarta bawa koper berisi oleh2, baju saya bawa ditas, sebelum masuk checkin kan ada timbangan, nah karna saya rasa berat koper aman msuk kabin dibawah 7kg, sy timbang.. berkisar 4,25kg.. saya pede dong lgsg ke ruang tunggu.. nah pas mau masuk bording pesawat saya disetop katanya bagasi sy kelebihan berat, sy jelaskan bahwa bagasi sy td ditimbang skitar 4,25kg dan saya foto..
    Tiba2 dengan entengnya petugas blg, matamu.. coba sini saya timbang, eh timbangan kok jd 9,4kg masuk akal gak apabila 3 timbangan beratnya 4,25kg ko pas diruang checkin beratnya 2x lipat.. saya protes akhirnya koper saya tetap dimasukan ke bagasi pesawat.. wktu itu pas jaman2nya free bagasi 20kg dihilangkan

  • 30 Juni 2024 - (03:07 WIB)
    Permalink

    Yg bilang permainan maskapai g juga. Ketentuanny kan emang 7kg. Klo liat di website sm harga di airport itu emang beda. Dimana2 beli bagasi go show/dadakan di airport itu emnag mahal. Dihitungya klo beli di bandara per kg, buka paketan per 5kg lagi. Makanya lbh baik beli sebelum terbang atau saat beli tiket. Mau dibandara manapun beli di airport itu lebih mahal sama aja. Coba aj naik maskapai lain sama aja. Garuda atau maskapai full service nambah 5kg aja bisa 1 jutaan jg. Klo naik lcc usahain beli bagasi klo bawaan melebihi. Jgn pelit buat beli bagasi tp pgn dpt jatah lebih.

  • 30 Juni 2024 - (07:04 WIB)
    Permalink

    pembelian bagasi on the spot memang dimahalkan kak, dibandingkan di aplikasi. untuk meminimalisasi orang over baggage, nanti pesawatnya berat. Seharusnya semalam sebelumnya ditimbang lagi, jadi ketika online check in bisa beli bagasi jika perlu. ini di semua maskapai setahu saya, tidak hanya Air Asia.

    kalau seat yang tidak bisa direbahkan, bisa dikomplain itu

  • 30 Juni 2024 - (15:32 WIB)
    Permalink

    Lain kali bagasi ditimbang dulu kak sebelum dibawa check-in dan di spare lebih jaga2 timbangan nya kurang akurat.

    Pengalaman saya flight Air Asia KL-CGK bawa bagasi terdaftar 4 alhamdulillah aman sesuai yang dibeli 60 kg waktu bareng booking tiket karena kemana2 kita selalu bawa timbangan gantung at least jadi tahu estimasi beratnya.

    Aman nya kalau misal punya jatah 20 kg kita timbang sendiri jangan di pas kan 20, maksimal di 18 khawatir ada beda saat di counter check-in.

  • 1 Juli 2024 - (20:13 WIB)
    Permalink

    Lah kalau beli di bandara mah mmg mahal.. Dimana mana hukum itu berlaku.. Tiket juga kalau beli dadakan di Bandara juga mahal jauh.. Kayak gak pernah terbang aja..

 Apa Komentar Anda?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Layanan AirAsia yang Mengecewakan

oleh Lena S dibaca dalam: 1 menit
7