Akun Indodana Saya yang Sudah Di-uninstall Dibobol untuk Transaksi di Cermati

Pada tanggal 9 Juni 2024 pukul 6 pagi, saya membuka email saya. Masuklah banyak email dari aplikasi Indodana dan Cermati.

Ternyata pada tanggal 9 Juni 2024 dimulai dari jam 1:59 pagi ada notifikasi email dari akun Indodana bahwa pengajuan pinjaman telah disetujui (dengan kondisi saya sudah uninstall Indodana sejak tahun 2022 dan tidak pernah saya gunakan lagi aplikasi tersebut).

Kemudian masuk kembali pada pukul 2:26 AM email dari Indodana tentang aktivasi Finance Quickpay.

Selang beberapa menit dimulai dari jam 2:28 AM hingga 4:09 AM setelah aktivasi Quickpay tersebut masuklah email notifikasi transaksi sebanyak 54 transaksi dari Cermati berupa pembelian voucher game online dan 1 transaksi pembelian pulsa Telkomsel sebesar Rp702.000, dan juga 55 surat perjanjian kredit dari Indodana yang masuk ke email saya.

Berikut contoh beberapa screenshot transaksi di antaranya, lebih lengkap pada surat sanggah yang saya buat.

Pihak Indodana pun seharusnya waspada telah terbaca oleh sistem Indodana sebagai transaksi yang mencurigakan, dikarenakan terjadi pada jam yang tidak wajar dan terjadi dalam waktu bersamaan.

Saya sangat kaget dan shock karena saya sendiri tidak pernah lagi berminat untuk menggunakan kembali Indodana, dan telah saya uninstall tanpa ada kewajiban apapun pada aplikasi tersebut. Bahkan nomor HP yang terkait pun telah hangus dan dinonaktifkan oleh pihak XL sejak 24 Januari 2023 (sudah 18 bulan).

Berikut surat sanggah yang saya buat sesuai informasi dari CS Indodana. Ada 2 versi yaitu versi detail per transaksi dan versi rekap yang saya buat, dan telah saya laporkan pada tanggal 10 Juni 2024 dan 21 Juni 2024.

Terjadi beda tanggal surat sanggah dikarenakan pihak Indodana meminta agar saya menggunakan format surat sanggah yang telah dibuat oleh Indodana, sedangkan pada tanggal 10 Juni 2024 surat sanggah saya ketik kembali karena saya mau detail transaksi tersebut benar-benar diperhatikan dan segera dibatalkan oleh pihak Indodana.

Jarak tanggalnya lama karena pihak Indodana sangat lambat dalam proses aduan saya!

Saya pun telah melaporkan ke pihak kepolisian dikarenakan pihak Indodana meminta syarat tersebut untuk lampiran surat sanggahan tersebut.

Pada saat pelaporan, CS Indodana pun membantu untuk memblokir sementara akun Indodana saya dan akan melakukan investigasi. Pelaporan saya telah diterima dan lengkap dibuktikan dengan email tertanggal 24 Juni 2024 oleh CS Anisa.

Saya menghargai proses investigasi atas penyalahgunaan akun Indodana saya, namun tepat pada tanggal 9 Juli 2024 masuk email saya untuk tagihan yang harus dibayarkan.

Memang saat ini hanya sebatas tindakan penagihan lewat email, namun seharusnya ini segera ditindaklanjuti oleh pihak Indodana dikarenakan ini menyangkut reputasi saya bilamana lambat prosesnya dan akhirnya data ini jatuh ke pihak ketiga yang menganggap saya yang menggunakan dana tersebut dengan tidak bertanggung jawab.

Saya khawatir terjadi proses penagihan yang akan mencemarkan nama baik saya. Hal ini mohon dijadikan pelajaran untuk Indodana untuk sistem keamanannya, karena ketika download dan ganti PIN hanya menggunakan nomor HP, bagaimana bila nomor HP tersebut sudah tidak lagi milik yang bersangkutan?

Bukankah sangat riskan dan berbahaya disalahgunakan? Selanjutnya bagaimana penyelesaiannya? Karena saya tidak akan mau bayar transaksi yang tidak saya lakukan. Terima kasih.

Yunita
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Akun Indodana Saya yang Sudah Di-uninstall Dibobol untuk Transaksi di Cermati

  • 10 Juli 2024 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Indodana ini jenis pinjol ya? ngeri banget urusan sama aplikasi pinjol2. Gimana desain aplikasinya kok banyak sekali kejadian2 seperti ini. Bayangkan, 50-an trans pembelian dan 50-an perjanjian kredit….

    • 10 Juli 2024 - (19:04 WIB)
      Permalink

      Indodana termasuk slh satu pinjaman online kak, dan memang sangat mengerikan kak sistem keamanannya, kejadian di saya ini pernah terjadi jg dgn nasabah lain, sama persis dan di muat di media konsumen jg ๐Ÿ˜Š, ya pelajaran utk berhati2 dlm menggunakan media online.

    • 10 Juli 2024 - (19:11 WIB)
      Permalink

      Iya setuju kak๐Ÿ˜Š kejadiannya sdh sering namun tdk ada usaha utk proteksi keamanan penggunanya…

      • 10 Juli 2024 - (19:27 WIB)
        Permalink

        Iyaa pdhal jelas mencurigakan kalo trx dalam wktu berdekatan dngan nominal 1, beberapa aplikasi aja (non pinjol) kalo kita trx dngan nominal sama dngn jarak trx berdekatan terkadang otomatis ditolak, lah ini Malah lolos2 aja.. sistem Keamanannya gmn cba ya

        • 10 Juli 2024 - (20:04 WIB)
          Permalink

          Iya kak transaksi berdekatan dan di waktu yg tdk wajar๐Ÿ˜Š… Gmn cara kita block jam segitu, call center br bs di hubungi jam 8 pagi, jahat2 bgt org skr, buat beli voucher game online hrs bgt meretas data org… Didukung sistem keamanan aplikasi yg krg bagus ya sdh begini jadinya ๐Ÿ˜Š

      • 10 Juli 2024 - (21:40 WIB)
        Permalink

        Betul sekali kak ๐Ÿ™„ sbg pembelajaran buat yg lain, smoga kasus serupa tdk terjadi lagi, sistem keamanan Indodana tdk dual control, hrsnya bila diaktifkan kembali verifikasi tetap hrs melalui email jg… Hrsnya update sistem keamanan mengimbangi kenyataan bahwa regulasi skr kartu HP byk di recycle oleh provider, ๐Ÿ˜

  • 11 Juli 2024 - (06:53 WIB)
    Permalink

    Fyi, kartu yg udah hangus biasa nya di aktifkan kembali dr provider sebagai kartu perdana baru. Jd bisa dipakai kembali sama orang lain. Kesalahan terbesar TS tidak mengajukan penghapusan akun hanya uninstall aplikasi dimana ini bukan berarti akun indodana sudah nonaktif. Berani sekali sih ini uninstall tapa hapus akun. Kurang literasi apa gimana ya

    • 11 Juli 2024 - (07:58 WIB)
      Permalink

      Yang ngerancang aplikasinya kok lugu amat. Udah tau kartu bisa aktif lagi, kok nggak ada (minimal) verfikasi s/n perangkat atau IMEI.

    • 11 Juli 2024 - (10:36 WIB)
      Permalink

      iya kak ini sbg pembelajaran, namun seharusnya reminder jg buat Indodana untuk memperbaiki sistem keamanannya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Akun Indodana Saya yang Sudah Di-uninstall Dibobol untuk Transaksi di โ€ฆ

oleh anastasia yunita dibaca dalam: 2 menit
12