JD.ID Membatalkan Pesanan Sepihak Setelah Menunggu 14 Hari

Melalui surat pembaca mediakonsumen.com, saya ingin menyampaikan keluhan kepada JD.ID.

Pada tanggal 19 Maret 2018 saya membeli sebuah produk audio dari luar negeri di JD.ID (JD Global) dengan nomor pesanan 226596993. Pada hari yang sama juga saya lunasi pembayaran dengan menggunakan Virtual Card Number (VCN). Setelah pembayaran, saya cek status pesanan langsung update by system bahwa pesanan saya menunggu pengiriman. Saya aware bahwa pengiriman dari luar negeri membutuhkan waktu lebih lama karena saya terbiasa membeli produk di ebay ataupun AliExpress.

3 hari kemudian saya cek status, masih dalam proses pesanan anda menunggu pengiriman. Saat itu juga saya tanyakan ke CS JD.ID melalui chat, dan dibalas dengan menyatakan produk dalam proses packing/pengemasan. Saat itu saya percaya karena mungkin proses pengemasan lebih lama.

Saya tunggu sampai tanggal 02 April 2018, barang belum dikirim padahal sudah 14 hari terhitung saya melakukan pembayaran. Saya komplain ke JD.ID, melalui email, namun tidak ada jawaban. Padahal sudah lewat estimasi. Akhirnya saya coba konfirmasi ke seller melalui fasilitas diskusi produk namun tidak mendapatkan jawaban juga.

Yang membuat saya kaget, keesokan harinya status pemesanan saya menjadi “LOCKED”. Saat itu juga saya langsung email kembali ke cs@jd.id, dan baru mendapatkan jawaban sore harinya bahwa pesanan saya dibatalkan karena produk tidak tersedia, dan harap menunggu 7-14 hari kerja untuk proses refund. Bagaimana bisa e-commerce sekelas JD.ID baru bisa konfirmasi bahwa produk tidak tersedia setelah 14 hari berlalu? Itu kan sama saja dengan pembohongan kepada konsumen. Saya coba kontak by phone ke CS jd.id namun sangat sulit dihubungi.

Belanja offline di warung saja butuh setidaknya 1-5 menit untuk mengetahui barang yang kita beli tersedia atau tidak. Dengan warehouse besar, database server yang mumpuni baru bisa menyatakan produk tidak tersedia setelah 14 hari? Itupun karena saya terus menanyakannya. Pelayanan macam apa yang saya dapatkan dari sebuah e-commerce besar? Sementara setiap saya komplain ke CS jd.id selalu dan hanya mendapat jawaban “mohon maaf untuk ketidaknyamanannya”. Saya yakin JD.ID tidak serius menanggapi keluhan saya.

Konsumen membayar, 2 minggu kemudian dinyatakan produk tidak tersedia, 3 minggu kemudian proses refund. Jadi kesimpulan yang bisa diambil, hak sebagai konsumen hanya membayar 5 minggu sebuah kesia-siaan.

Hingga surat pembaca ini saya sampaikan tepat tanggal 06 April 2018, saya belum memberikan keputusan untuk proses refund. Karena saya ingin membuktikan bahwa keluhan dan komplain saya selama ini memang tidak pernah ditindaklanjuti. Terima kasih JD.ID untuk pengalaman mencicipi pelayanan super JD Global. Tolong hargai kami sebagai konsumen.

Terima kasih kepada mediakonsumen.com untuk bisa memuat keluhan saya ini.

Kusman H.
Yogyakarta


Update: Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas pelayanan yang baik dari Customer Service JD.ID sebagai berikut:

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 2]
Tanggapan JD.ID atas Surat Bapak Hary

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Hary pada 6 April 2018 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

Loading...

Satu komentar untuk “JD.ID Membatalkan Pesanan Sepihak Setelah Menunggu 14 Hari

  • 15 April 2018 - (08:18 WIB)
    Serba salah juga ya Pak Hary, konsumen sudah bayar tapi begitu dibatalkan , refund nya butuh waktu lama,
    Saya juga pernah mengalami hal seperti itu, komplain ke CS yang terkait hanya mendapatkan jawaban standar.
    Mudah mudahan para pelaku usaha dapat memenuhi hak konsumen dengan baik.

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

JD.ID Membatalkan Pesanan Sepihak Setelah Menunggu 14 Hari

KHary 2 menit
1