Transaksi Beli Pulsa di ATM BCA Gagal, Ribet Urusannya

Seperti pada hari dan minggu sebelumnya, saya biasa dan sering transaksi melalui mesin ATM BCA. Mulai dari tarik/setor tunai, transfer bayar tagihan bulanan dan masih banyak lagi. Namun kali ini lagi apes aja dan dibuat lama menunggu kejelasan dari pihak Bank BCA.

Ceritanya begini, saat itu tanggal 05 Juni 2018 waktunya sudah larut malam sekitar pukul 23.55 kejadian di ATM pada sebuah waralaba 24 jam di area Meruya Jakarta Barat. Saya melakukan transaksi pembelian pulsa Telkomsel sebesar Rp200 ribu lewat mesin ATM. Akan tetapi entah mengapa tidak seperti biasanya loading ATM sangat lama sekali responnya sampai kemudian tidak ada keterangan apa-apa. Sampai kemudian ada pilihan ke menu utama. Sempat curiga ada keanehan tersebut, jangan-jangan transaksi gagal dan dana sudah terdebet (dalam hati saya begitu).

Kemudian menu transaksi saya ubah ke cek saldo, dan ternyata benar saldo sudah berkurang Rp201.500. Lalu saya coba cek pulsa di HP ternyata sisa pulsa masih tetap, belum ada penambahan. Saya tunggu sampai 10 menit belum ada tanda pulsa masuk lalu saya hubungi call center BCA di 1500888. Setelah dibantu pengecekan oleh pihak CS, ternyata benar dana telah terdebet namun untuk transaksi pulsanya dinyatakan gagal. Kemudian saya dikasih ID laporan nomor 2111675xxx untuk menunggu lima hari ke depan, refund dana akan dikembalikan oleh sistem. Namun karena pada minggu itu libur Idulfitri jadi di minggu tersebut tidak ada aktivitas dari pihak BCA. Dan saya harus menunggu sampai hari/tanggal buka operasional BCA.

Selanjutnya pada tanggal 20 Juni 2018, Rabu siang kembali saya telepon CS BCA di 1500888 dengan menyebutkan id laporan. Dari sini agak kecewa sama CS-nya karena terkesan lamban (dalam arti gak nyambung) mengenai keluhan saya. Padahal kan sudah ada id laporan, tapi mengapa si mbak CS ini masih saja tidak paham dan menanyakan berulang perihal kronologi keluhan saya. Bisa saya hitung durasi dari awal saya menelepon sampai akhirnya mendapat jawaban yang sama memakan waktu 15 menit lebih dan menghabiskan biaya pulsa 32 ribuan, hanya untuk menunggu dan menunggu hold dari mbak CS. Dan pada akhirnya dapat jawaban suruh menunggu lagi sampai tanggal 25 Juni 2018 ke depan, yang artinya seminggu lagi.

Jadi jika dihitung saat transaksi gagal sampai jatuh tempo nanti bisa 3 mingguan, dan itu pun dana refund belum tentu kembali ke rekening kita. Jadi apabila Anda mengalami hal yang sama dengan saya dan Anda menelepon CS siapkan saja pulsa hp yang banyak dan siap menunggu proses sampai 3 minggu bahkan sampai sebulan.

Jika Anda mau transaksi bayar sesuatu melalui ATM pastikan dulu jam operasional pihak ke-2 tersebut, karena si penjual pulsa bukanlah BCA akan tetapi dari pihak lain. BCA hanya penyedia alat untuk membeli/membayar, namun jika ada kendala seperti yang saya alami pastinya anda akan dibuat menunggu lama dan akan ada biaya ekstra untuk prosesnya.

Fatur
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Penilaian Rata-rata: 1.7]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Transaksi Beli Pulsa di ATM BCA Gagal, Ribet Urusannya

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Transaksi Beli Pulsa di ATM BCA Gagal, Ribet Urusannya

Fatur Fatur 2 menit
5