Kategori: HeadlinePermohonanPertanyaanSurat Pembaca

Bolehkah XL Center Meminta Kode 3 Digit CVC Kartu Kredit CIMB Niaga?

Saya adalah pelanggan XL Prioritas dengan nomor 08189999** & 08198002**. Karena tertarik pada program diskon 60% berlangganan XL Prioritas, maka pada tanggal 12/11/2018 saya memutuskan untuk mengunjungi XL Center Summarecon Mall untuk menambah 1 nomor pascabayar dengan paket ultima.

Setelah saya melengkapi seluruh persyaratan (copy KTP, copy Kartu Kredit CIMB Niaga, 1 lembar materai Rp6.000, kartu kredit saya sudah di-swipe Rp50.000 untuk deposit). Saya rasa sudah cukup (apalagi saya adalah existing customer XL Prioritas). Petugas yang ada di sana malah meminta 3 digit CVC (3 angka di balik kartu kredit) yang mana sepengetahuan saya bahwa 3 digit CVC tersebut sifatnya adalah rahasia (tidak boleh diketahui/difoto/di-copy oleh pihak manapun dan dengan alasan apapun juga).

Menurut saya ini sudah jelas melanggar, karena tentu saja apabila data nomor kartu kredit tersebut sampai disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab (misalnya: dipakai untuk belanja online) apalagi pihak XL center sudah mengetahui data-data pribadi saya secara lengkap yang terdapat pada database XL.

Namun ketika saya tanyakan kepada petugas tersebut “untuk apa 3 digit CVC tersebut?” Lalu dijawab bahwa memang itu adalah salah satu prosedur wajib yang harus dilalui (sesuai dengan SOP yang berlaku untuk proses aktivasi pelanggan XL Prioritas yang ingin berlangganan paket “ULTIMA”).

Saya ingin mendapatkan penjelasan mengenai hal ini (baik dari pihak XL atau CIMB Niaga) Apakah tindakan meminta 3 digit CVC ini memang sudah benar dan sudah sesuai dengan prosedur XL atau bagaimana?

Hendri Tjahjadi
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Sepengetahuan saya juga memang seperti itu.

      Saya pun juga tidak habis pikir bagaimana bisa2nya pihak XL Center (Summarecon Mall Serpong) menerapkan SOP seperti itu. Seharusnya untuk proses aktivasi pembayaran auto debit kartu kredit cukup dengan menandatangani form surat kuasa auto debit kartu kredit (dengan di bubuhi materai Ro.6.000), foto copy KTP, foto copy bagian depan kartu kredit, & apalagi kemarin jg sdh sempat di swipe Rp.50.000 (yang katanya untuk deposit awal, yang katanya akan memotong tagihan di bulan ke-2).

      Namun disini kenapa untuk proses aktivasi XL Prioritas "paket ULTIMA" pihak XL Center mewajibkan pelanggan untuk memberitahukan kode CVC (3 angka di balik kartu kredit)? sungguh sangat aneh bukan....?

  • Saya mencoba memberi sedikit pandangan dari sisi teknologi yang saya ketahui berdasarkan dari pengalaman pribadi.

    Untuk dapat melakukan transaksi autodebit dari jaringan VISA , Mastercard atau sejenisnya yang terdapat pada kartu debit maupun kredit yang sudah online, salah satunya memang diperlukan CVC atau 3 angka yang bisa kita temukan di balik kartu atau 3 angka yang diberikan pihak bank jika kita menyewa virtual mastercard.

    Pada kasus anda, sangat disayangkan jika permintaan CVC ini dilakukan secara transparan dan itu sangat tidak baik untuk kelangsungan branding XL.

    Bagi anda yang biasa berlangganan bulanan maupun tahunan pada salah satu jasa yang menggunakan pembayaran online seperti VISA, Mastercard atau sejenisnya, permintaan CVC ini dilakukan melalui form online dan diamankan oleh sistem enkripsi sehingga CVC tidak dengan mudah di"decrypt" dan dilihat maupun diketahui. Ini adalah bentuk tanggung jawab merchant untuk memberikan rasa aman kepada pelanggannya.

    Idealnya, pihak bank penyedia kartu tentu memastikan CVC diamankan oleh pemegang kartu dengan tidak dibagikan kepada siapapun. Pihak bank tidak bertanggung jawab jika CVC diketahui dan disalahgunakan oleh pihak lain kecuali kondisi paket pengiriman kartu diterima dalam keadaan rusak.

    Sementara untuk merchant seperti kasus anda dalam hal ini XL, semestinya memberikan rasa aman kepada calon customernya misalnya tidak meminta secara langsung detail kartu kredit (CVC), melainkan mempersilahkan calon customernya untuk input data secara online di official websitenya.

    Ada baiknya disiapkan dulu sistemnya baik teknologi dan SOPnya agar kepercayaan konsumen tetap terjaga.

    • Jika pembayaran melalui payment gateway (oleh subscriber resmi VISA & MASTERCARD) barulah saya bersedia memberikan informasi terkait CVC tersebut (itupun harus pemilik & pemegang kartu kredit yang input sendiri melalui official web portal) sebab benar adanya bahwa ketika kita input info CVC tersebut di situs resmi yang telah di enkripsi oleh sistem pembayaran yang aman (TRUSTED SECURED PAYMENT yang sudah tersertifikasi secara global) barulah kita merasa aman atas data2 kartu kredit kita tersebut tidak dapat disalahgunakan oleh pihak2 yang tidak bertanggungjawab

    • Saya sangat sependapat dengan penjelasan/keterangan dari sdr. Afumado Us, Terima kasih banyak atas pencerahannya. Semoga pihak XL Center dapat segera merubah prosedurnya yang menurut saya sangat aneh dengan meminta kode CVC kartu kredit (untuk alasan apapun jg). Menurut saya dengan: memfoto copy bagian depan kartu kredit, menandatangani surat kuasa auto debit(dibubuhi materai secukupnya) itu sudah lebih dari cukup. Apalagi pada waktu itu kartu kredit saya tersebut pun juga sudah di swipe Rp 50.000(yang katanya untuk deposit awal / pre payment)

  • Lah kenapa petugas meminta CVC kartu kredit? Untuk berlangganan paket XL yang normal saja secara autodebet saya tidak pernah menginfokan CVC saya. Rasanya mungkin permainan oleh oknum XL Summarecon

Bagikan
Penulis:
Tags: CVC kartu kreditKartu KreditKeamanan dataOperator telepon selulerXL Axiata

Artikel Terbaru

  • Keluhan
  • Surat Pembaca

Sales Autobest Mengundur Waktu untuk Mengembalikan Uang Booking SPK

Hai, semoga pihak Autobest Bandung bisa membaca surat terbuka ini ya, dan semoga masalah saya dengan sales ini segera di-follow…

11 Desember 2018 23:17
  • Surat Pembaca

Aplikasi TangBull dan DanaQ Sistem Pembayarannya dan Virtual Akun Tidak Valid

Di forum ini saya ingin sedikit berbagi cerita dan berbagi pengalaman saya mengenai pinjaman online yang amat sangat berharga, agar…

11 Desember 2018 22:47
  • Keluhan
  • Surat Pembaca

“Kesalahan Teknis” Paket Yellow Indosat Ooredoo

Seperti biasa setiap pukul 12 lewat tengah malam, saya selalu mengecek paket Yellow Indosat saya (pengalaman yang sebelumnya, saya pernah…

11 Desember 2018 22:23
  • Keluhan
  • Surat Pembaca

Penagihan Kartu Kredit Bank DBS atas Kartu Kredit ANZ yang Sudah Ditutup

Tanggal 2 Januari 2018 saya MENUTUP Kartu Kredit ANZ (sekarang jadi DBS) dengan bukti surat email resmi dari ANZ dengan…

11 Desember 2018 22:00
  • Keluhan
  • Surat Pembaca

Kecewa Pembayaran tiket.com Berhasil tapi Pemesanan Kedaluwarsa

Pada tanggal 10 Desember 2018 saya memesan tiket kereta api melalui tiket.com dengan order id 60123252. Pembayaran dilakukan melalui virtual…

11 Desember 2018 19:53
  • Tanggapan

Pengembalian Selisih Dana Refund Sudah Dikembalikan oleh Reservasi.com

Yth Bapak Hengkih, Terima kasih telah menggunakan Reservasi.com sebagai online travel agent anda. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, untuk kendala refund-nya.…

11 Desember 2018 19:30