Kecewa dengan Sistem Kerja blibli.com yang Sangat Tidak Jelas

Tergiur dengan promo 11-11 dari blibli.com.

10 November 2018
Maka pada tanggal 10 November 2018 saya memesan dan langsung membayar menggunakan kartu kredit untuk TV dari Toko Permata Elektronik di Jakarta. “[RESMI] Samsung UA75NU8000 Premium UHD 4K Smart Flat LED TV [75 Inch] Black”. Saya mendapatkan nomor pesanan 12022198020.

12 November 2018
Berselang 2 hari, saya mendapatkan telepon dari Toko Permata Elektronik menyatakan bahwa ada kesalahan pada sistem mereka dan meminta saya untuk segera melakukan pembayaran tambahan sekitar Rp1.5 juta khusus untuk ongkos kirim ke Medan. Saya langsung sampaikan saya tidak setuju dengan nada agak tegas dan minta batalkan order saya serta segera refund uang saya sebesar Rp39 juta lebih. Kemungkinan Toko Permata Elektronik juga nakal sehingga tidak melakukan proses pembatalan tersebut.

15 November 2018
Tiga hari kemudian, saya tidak menerima email, telepon maupun konfirmasi dari pihak Blibli. Maka saya yang harus menghubungi customer service Blibli, dan saya diyakinkan dengan mereka perlu waktu proses pembatalan 1-3 hari dengan toko dan proses refund 5-10 hari kerja. Alangkah efisiennya cara kerja Blibli yang memerlukan waktu begitu lama untuk proses pembatalan dan proses refund (mungkin karena saya terbiasa dengan Tokopedia yang jauh lebih profesional).

19 November 2018
Sudah 9 hari setelah saya melakukan pembayaran dan masih juga di status pengiriman Blibli “sedang diproses” tanpa nomor resi dan sebagainya. Saya kembali melakukan chatting dengan pihak Blibli dan saya diminta untuk menghubungi toko tersebut dan supaya mereka melakukan pembatalan order. Lalu apa fungsi Blibli dalam hal ini? Apakah sama sekali tidak perlu bertanggung jawab dan menjaga pihak yang menjadi korban?

Kemudian saya dijanjikan lagi bahwa mereka akan berusaha melakukan pembatalan terhadap orderan saya tersebut. Apakah admin Blibli tidak bisa mengambil keputusan dan membatalkan orderan saya tersebut sehingga proses refund dapat segera berjalan?

Bagaimana nasib konsumen ataupun pelanggan jika tidak ada ketegasan dari pihak admin Blibli sama sekali. Saya bukan jarang berbelanja online tetapi pengalaman saya dengan Blibli kali ini sangat mengecewakan apalagi jika dibandingkan dengan kompetitor Blibli lainnya.

Jimmy V.
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Blibli.com atas Surat Bapak Jimmy Virgo

Halo Bapak Jimmy, Menanggapi surat Bapak yang dimuat di Mediakonsumen.com, Senin (19/11) pertama-tama kami menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

Komentar