Layanan Purna Jual JD.ID Mengecewakan

Melalui surat pembaca mediakonsumen.com, saya ingin menyampaikan keluhan kepada JD.ID.

1. Pada tanggal 27 November 2018 saya membeli sebuah produk elektronik berupa MITOCHIBA Food Chopper Mega Power 2 Blade – CH 100 di JD.ID (JD Global) dengan nomor pesanan 242856458 dan proses pembayaran melalui Cash On Delivery (COD).

2. Setelah 3 hari menunggu, barang tersebut sampai pada tanggal 30 November 2018 pada pukul 11:30:13. Setelah saya buka kardusnya saya langsung cek barang dan kelengkapannya. Begitu saya cek, ternyata gelas ukuran 1.5 L tersebut pecah, saya cari pecahannya tidak ada. Jujur saya cukup kecewa dan agak marah. Hal yang membuat saya agak aneh adalah ada 2 invoice atas 2 nama berbeda, nama saya pribadi dan nama orang lain.

3. Hari itu juga, Jum’at tanggal 30 November 2018, saya lakukan proses retur barang (klaim layanan purna jual). Saya isi formulir pengembalian dan tukar barang dengan nomor layanan purna jual 10095363, pada pukul 13:37:03. Saya tunggu 1×24 jam untuk menunggu hasil audit dari JD.ID, agar segera mendapat kejelasan bagaimana proses klarifikasi tersebut dengan proses estimasi barang akan dikirim maksimal 15 hari dari proses verifikasi pelayanan after sales-nya.

4. Saat pengisian pengajuan purna jual tersebut saya juga melakukan chat online dengan CS bernama mbak Alia dari hasil chat bahwa saya harus menunggu konfirmasi untuk audit dalam waktu 1×24 jam.

5. Setelah itu 1 Desember 2018, saya mendapat konfirmasi bahwa barang sudah diaudit dengan nomor urut untuk layanan purna jual: 10095363. Setelah proses permohonan purna jual disetujui, saya
diminta menghubungi pihak after sales dengan nomor WA : 082298611111.

6. Tanggal 2 Desember 2018 saya menghubungi nomor WA tersebut, untuk meminta proses pengembalian barang lewat jasa kurir. Oleh pihak after sales, saya disuruh menunggu, karena masih dalam proses antrian pengambilan barang.

7. Setelah menunggu lama (disertai chat WA, keluhan via Twitter, dan juga chat online), akhirnya tanggal 6 Desember 2018, barang tsb diambil oleh kurir JD.ID, untuk dilakukan “Proses Purna Jual”. Saya konfirmasikan lewat WA juga, maupun chat online. Jawabannya adalah saya harus menunggu sekitar 2-5 hari setelah barang sampai di JD.ID.

8. Sekarang sudah tanggal 13 Desember 2018, saya coba menghubungi lewat WA, chat online, maupun Twitter, tapi pihak JD.ID sama sekali tidak ada respon. Saya ingin menanyakan bagaimana nasib barang saya.

Apakah barang saya bisa ditukar dengan yang baru? Kenapa prosesnya lama dan berbelit-belit? Barang sudah diambil, tapi pihak JD.ID tidak segera melakukan prosesnya (apa karena sedang ada sales besar, lantas konsumen yang dirugikan ini tidak mendapatkan pelayanan juga). Ini pertama kalinya saya beli lewat JD.ID, dan hasilnya benar-benar MENGECEWAKAN!

Terimakasih kepada MediaKonsumen.com atas dimuatnya keluhan saya.

Retno Indraswari
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 2.5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Ibu Retno Indraswari

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Ibu Retno pada 13 Desember 2018 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

Tentang Penulis
Retno Indraswari  

Saya seorang istri dan juga seorang karyawan swasta yang ingin membuat perubahan meskipun kecil bagi diri saya maupun negara Indonesia

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Layanan Purna Jual JD.ID Mengecewakan

Retno Indraswari 2 menit
0