Sriwijaya Air dengan Mudahnya Men-downgrade Tiket Bisnis

Pada tanggal 29 Desember 2018 yang lalu saya membeli tiket penerbangan kelas bisnis dengan maskapai Sriwijaya Air (kode booking airline: YUGNJU) untuk keberangkatan tanggal 1 Januari 2019 (pukul 14:55-17:00) tujuan SILANGIT – JAKARTA untuk istri dan anak saya (yang masih bayi, berumur 2 tahun kurang) seharga Rp2.842.000.

Saya membeli tiket kelas bisnis tersebut dengan pertimbangan agar istri & anak saya mendapatkan layanan yang premium. Namun sungguh sangat amat sangat mengecewakan ketika istri saya hendak check in, petugas memberitahukan bahwa pagi tadi baru diinformasikan oleh pusat bahwa telah terjadi penggantian jenis pesawat yang mana untuk penerbangan jam tersebut tidak terdapat kelas bisnis.

Sehingga tiket kelas bisnis istri saya tersebut akan di downgrade ke kelas ekonomi, yang mana harga tiket kelas ekonomi terhitungnya dengan harga yg ada pada saat itu (senilai 2,3jt) yang mana seharusnya disesuaikan dengan harga tiket pada saat saya memesan tiket pada tanggal 29/12/2018. Sudah jelas harga tiket go show pasti jauh lebih mahal ketimbang kita pesan jauh hari sebelum tanggal keberangkatannya.

Namun di sini lagi-lagi kita sebagai penumpang tidak ada pilihan selain menerima keputusan sepihak downgrade kelas dengan menerima selisih harga tiket kelas bisnis & ekonomi yang hanya selisih Rp500.000an (itupun baru akan ditransfer ke rekening pribadi saya dalam kurun waktu 3-4 hari).

Apakah memang seperti ini standar layanan Sriwijaya Air? yang dapat dengan seenaknya men-downgrade tiket penumpang dengan alih-alih ganti pesawat yang mana penumpang tersebut harus membayarkan harga tiket yang tentunya dengan harga yang jauh lebih tinggi karena dikenakan harga tiket go-show?

Hendri Tjahjadi
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Sriwijaya Air:
[Penilaian Rata-rata: 4]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Sriwijaya Air dengan Mudahnya Men-downgrade Tiket Bisnis

    • 2 Januari 2019 - (20:53 WIB)
      Jika memang terdapat rotasi pesawat seharusnya pihak maskapai se-segera mungkin menghubungi calon penumpang untuk menanyakan & memastikan kembali kepada calon penumpang apakah bersedia di downgrade menjadi kelas ekonomi atau mengganti jadwal penerbangan atau full refund(membatalkan pemesanan tanpa dikenai potongan biaya sedikitpun).
      Dalam kasus ini seharusnya penumpang berhak mendapatkan informasi atas terjadinya rotasi tersebut, bahkan pihak sriwijaya pun seharusnya memberikan kompensasi atas perubahan yg ditawarkan (bukan malah memaksa penumpang untuk tetap melakukan perjalanan dengan men-downgrade kelas & penunpang tsb harus membayarkan tarif perjalanan yang jauh lebih mahal ketimbang tarif normal yg berlaku jauh hari sebelum penerbangan tsb)
    • 2 Januari 2019 - (20:41 WIB)
      Terima kasih banyak saya ucapkan kepada bpk/ibu sekalian yang tergabung dalam komunitas konsumen & pelaku usaha nasional yang sudah membantu saya utk membagikan keluhan saya ini kepada para konsumen lainnya. Sebab disini kita (sebagai pengguna jasa penerbangan) kerap kali dirugikan oleh kebijakan maskapai yang konon tidak mencerminkan rasa keadilan. Sudah seharusnya pemerintah tidak menutup sebelah mata atas kebijakan2 yang diterapkan oleh pelaku usaha jasa transportasi penerbangan sipin nasional yang notabene tidak mencerminkan rasa ketidakadilan tersebut.

 Apa Komentar Anda mengenai Sriwijaya Air?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Sriwijaya Air dengan Mudahnya Men-downgrade Tiket Bisnis

Hendri T 1 menit
4