Customer Service OVO Bekerja Seperti “Robot”

Saya merupakan salah satu pengguna OVO Premier yang sangat kecewa oleh pelayanan para Customer Service OVO yang bekerja seperti robot, berbelit-belit, dan tidak memahami permasalahan, hanya kejar tayang.

Kejadian bermula pada tanggal 23 Maret 2019 ketika saya tertarik dengan cashback 60% di salah satu merchant, yaitu: Lotteria. Ketika melakukan transaksi sebesar Rp55.000 pertama kali gagal karena gangguan koneksi. Lalu oleh kasir disarankan menunggu beberapa saat dan dicoba kembali.

Pada percobaan kedua, di HP saya terlihat status berhasil (gambar kiri dan tengah), akan tetapi pihak kasir menyatakan belum berhasil karena struknya tidak tercetak. Manager merchant lalu menghubungi pihak OVO dan menurut beliau pihak OVO menyarankan kepada saya untuk membayar dengan cara lain (gambar kanan) dan pihak OVO yang akan me-refund dana saya, lalu saya diminta mengirimkan bukti transaksi ke email cs@ovo.id.

Dimulailah proses konyol yang dilakukan oleh para CS OVO:

1. (23/3 pukul 17:00) Alvin Mufti Nugroho: “Sehubungan dengan email Anda terkait kendala pada transaksi tersebut kami lakukan pengecekan pada sistem bahwa untuk akun OVO Anda sudah mencapai batas maksimal penerimaan cashback OVO Point dalam periode tersebut sehingga tidak dapat menerima kembali cashback pada merchant tersebut, silakan dapat melakukan transaksi kembali dan untuk cashback dapat diakses kembali pada periode/bulan berikutnya.”

Jawaban tidak nyambung, karena permasalahan yang sebenarnya tidak dipahami

2. (24/3 pukul 11:58) Dyah Maritasari: “Sehubungan dengan kendala yang dialami, kami meminta data informasi tambahan berupa: -Capture bukti struk Anda melakukan pembayaran menggunakan metode lain”

Ini saya lampirkan pada balasan.

3. (24/3 pukul 17:25) Novita Winahyu Indiartanti: “Agar kami dapat menindaklanjuti permasalahan tersebut, mohon bantuannya untuk memberikan beberapa informasi di bawah ini: – Screen capture struk transaksi”

Apa hubungannya coba?? Mau tahu saya pesan makanan apa. Tak nyambung lagi. Saya kebetulan tidak menyimpan struk transaksinya jadi saya jawab tidak ada.

4. (25/3 pukul 07:11) Ismail: “Agar kami dapat menindaklanjuti permasalahan tersebut, mohon bantuannya untuk memberikan data informasi di bawah ini: – Screen capture struk transaksi Anda”

Sudah dibilang struk tidak disimpan masih saja minta hal yang sama. Kayaknya tidak membaca email terdahulu. Di sini saya sudah mulai hilang kesabaran.

5. (25/3 jam 15:56) Evi Sundari: “Sehubungan dengan kendala yang dialami, kami meminta data informasi tambahan berupa: -Capture bukti struk Anda melakukan pembayaran menggunakan metode lain”

Coba maksudnya apa??? Sudah diminta oleh rekan no 2 dan sudah dilampirkan masih diminta lagi….???????????? Saya putuskan untuk tidak menanggapi lagi dan menulis surat pembaca.

Saya tidak habis pikir perusahaan sekelas OVO mempekerjakan para “robot” yang tidak bisa memahami permasalahan dan terkesan hanya menjawab email seadanya tanpa menggunakan hati dan pikiran, apa memang sistemnya yang mendukung perilaku seperti itu (kejar setoran)?

Kepada pengguna OVO lainnya harap berhati-hati jika status notifikasi sudah berhasil namun di kasir tidak bisa mengeluarkan struk, artinya pengguna dianggap belum membayar, jadi harus menggunakan metode lainnya dan tidak jadi mendapatkan cashback :P.

Maksud hati mau dapat cashback lumayan eh malah bayar 2 kali.

The Min Shiong
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Customer Service OVO:
[Penilaian Rata-rata: 2.4]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Customer Service OVO?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Customer Service OVO Bekerja Seperti “Robot”

Theodore Michael 2 menit
0