Admin Tokopedia Salah Mengembalikan Jumlah Uang dari Kesepakatan

Saya sebagai pelanggan yang dari awal Tokopedia masih benih sudah berpartisipasi dan aktif belanja banyak, sampai Tokopedia sebesar ini, sangat kecewa dan mungkin memutuskan stop belanja sampai sistemnya benar. Salah satunya ada fast respond untuk menanggapi keluhan pelanggan, misalnya telepon CS, sedangkan sekarang hanya robot dan robot yang menangani keluhan pelanggan.

Pada tanggal 12 April 2019 , Saya melakukan pembelian 6 buah hp dari toko asslm dengan nomor invoice (INV/20190411/XIX/IV/296436561), daru penjual beralamat di Kelurahan Cibodas Baru, Kecamatan Cibodas, Tangerang 15138.

Ternyata penjual bukan pemilik barang sesungguhnya, dia orderkan ke toko lain sehingga resi ada 3. Saya tidak ada masalah meskipun penjual berposisi makelar asalkan barang dalam kondisi baik. Ternyata barang tiba dalam kondisi minus. Saya buka komplain ternyata penjual menolak keras seolah-olah penjual tahu isi barangnya padahal dari toko yang dia order langsung dikirim ke alamat saya. Dari gelagat dan kata-kata penjual ini sudah tidak layak disebut penjual yang baik, dia tidak terima kalau dikomplain. Untungnya saya video semua proses unboxing.

Setelah proses yang panjang berhari hari akhirnya admin memutuskan boleh retur. Tanggal 17 April 2019 saya meretur semua barang 6 pcs seharga Rp4.236.800. Setelah barang sampai di tangan penjual, penjual tidak terima dilakukan pencairan dana dengan mempermasalahkan secarik kertas IMEI. Seperti yang saya katakan sebelumnya penjual tidak pernah tahu isi dalam paketnya karena dia hanya reorder ke toko yang lain. Setelah saya tunjukkan bukti video barulah keliatan memang tidak ada kertas IMEI yang dipermasalahkan penjual. Dari semua ini sudah ketahuan sifat penjual. Dan admin Tokopedia dengan sadar sudah mengatakan tanggal 20 April 2019 pukul 15.00 WIB akan ditutup komplain dengan pengembalian dana kepada pembeli Rp4.236.800.

Setelah di tanggal yang diputuskan saya cek yang dikembalikan hanya Rp1.550.000 sisanya diteruskan ke penjual. Paniklah saya karena saya tahu penjual yang saya hadapi kalau penjual yang jujur sih tidak apa-apa. Saya browsing telepon CS Tokopedia tidak ada, DM twitter jawaban robot. Di pusat resolusi jawaban robot solusi suruh menunggu 2 hari karena masih berkoordinasi dengan penjual . Astaga berarti dana sudah di tangan penjual kalau penjual menolak mengembalikan dana bagaimana ini? Dari tulisan saya di atas sudah kelihatan penjual itu seperti apa. Saya tidak mau tahu ini kelalaian admin Tokopedia dan wajib mengganti dana yang sudah diambil dari saya.

Cahyo Hari
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Penilaian Rata-rata: 2]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Admin Tokopedia Salah Mengembalikan Jumlah Uang dari Kesepakatan

chy 1 menit
0