Entah SDM CS Shopee atau Sistem Shopee yang Sangat Buruk, Mempersulit Konsumen

Pada tanggal 18-04-2019, saya melakukan pembayaran tagihan pascabayar Kartu HALO di Shopee, dengan nomor pesanan 2019041811062513320 dan menggunakan metode pembayaran kartu kredit (bukan transfer bank)
Tapi sampai saat ini transaksi tersebut masih menggantung dengan status “sedang diproses”. (Pembayaran berhasil & pesanan sedang diproses).

Saya menghubungi CS Shopee dengan keluhan sederhana, apakah transaksi saya tersebut berhasil atau tidak? Jika berhasil maka saya harap transaksi tersebut segera dikonfirmasi supaya bisa saya cetak bukti pembayaran tagihan Kartu HALO-nya, dan tentu juga supaya reward koin shopeenya bisa dikreditkan.

Saya menghubungi CS Shopee via live chat, twitter, email, dengan lampiran screenshot detil transaksi yang bermasalah. Tapi semua CS Shopee tersebut bergantian meminta data-data yang sangat KONYOL;

  • CS Dwita yang meminta nomor rekening & bukti transfer bank padahal transaksi saya menggunakan kartu kredit.
  • CS Ega yang meminta tanggal & nominal transaksi, padahal sudah jelas tercantum pada screenshot detil transaksi.
  • Hingga semua CS meminta bukti pendebetan kartu kredit, yang tentunya baru akan dicetak tagihannya bulan depan!!

(Saya tidak bisa memberikan bukti SMS karena kartu kredit saya untuk pemakaian di bawah 1 juta tidak mendapat notifikasi SMS)

Dan terakhir CS Ega via email bersikeras memaksa meminta 16 digit nomor kartu kredit saya. Saya menolak karena saya merasa 16 digit nomor kartu kredit adalah data sensitif dan permintaan tersebut sangat tidak perlu alias konyol, sebab transaksi saya bukan bermasalah pada pembayarannya.

Berkaca dari pengalaman saya bermasalah dengan transaksi yang menggunakan pembayaran kartu kredit di e-commerce lain, macam Blibli, Bukalapak, Tokopedia dan JD.ID, tidak ada satu pun dari CS mereka yang pernah meminta 16 digit nomor kartu kredit. Cukup saya beri nomor transaksi/pesanan yang bermasalah, maka mereka segera mengetahui pendebetan kartu kredit berhasil atau gagal, transaksi ada masalah di mana, tim terkait memperbaiki, selesai.

Alangkah bodohnya Shopee masih meminta bukti pendebetan, padahal secara teknis Shopee yang mendebet kartu kredit saya. Bahkan Shopee pun sudah menyatakan bahwa “Pembayaran Berhasil” pada histori transaksi. Sangat jelas tertulis “Pembayaran berhasil & pesanan sedang diproses”.

Jadi sebenarnya masalah pembayaran sudah selesai, tapi kemudian sistem Shopee berkendala dalam memproses pesanan. Bukannya memeriksa kendala pada sistem, CS Shopee malah mempersoalkan data pembayaran yang sudah beres!

Saya tidak menyangka, perusahaan sebesar Shopee mempunyai sistem dan pelayanannya sekonyol ini. Sangat parah dan mengecewakan. Tolong Shopee evaluasi CS, tim terkait dan SOP/manajemen anda, supaya tidak mempersulit konsumen macam ini.

Djuwanda
Surabaya – Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Penilaian Rata-rata: 1.7]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Entah SDM CS Shopee atau Sistem Shopee yang Sangat Buruk, Mempersulit Konsumen

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Entah SDM CS Shopee atau Sistem Shopee yang Sangat Buruk, Mempersulit …

Djuwanda 2 menit
2