Alotnya Solusi Akun DANA yang Dibekukan

Saya pengguna DANA sejak beberapa bulan yang lalu. Saya ikut membuat akun DANA karena memberikan kemudahan bagi saya untuk membayar atau melakukan berbagai transaksi lainnya. Terlebih, apps DANA kini terpadu dengan merchant BUKALAPAK (BL). Sehingga saya bisa membayar dengan saldo yang saya simpan di DANA.

Namun, hal ini tidak berlangsung lama, sampai saya melakukan transaksi pada tanggal 12 April 2019. Berniat untuk membayar angsuran kredit di BL menggunakan DANA, alih-alih dipermudah, pembayaran ternyata tertunda. Pasalnya satu, akun saya dibekukan sementara oleh pihak DANA ketika saya ingin membayar angsuran kredit saya. Saya tidak tahu alasan apa yang membuat akun saya dibekukan, tidak ada pemberitahuan lebih lanjut dari DANA, begitupun cara mengaktivasi kembali. Mereka hanya memberikan saran untuk menghubungi call center.
Meski akun DANA saya telah menjadi Akun Premium dan sukses tervalidasi. Saya tetap tidak bisa menggunakan fitur akun premium.

Dengan keadaan akun dibekukan, saya gagal menarik cashout. Juga, saya dilarang mengirimkan saldo dompet DANA. Alhasil, saldo saya sampai saat ini masih tersimpan di saldo DANA. Saya kemudian melaporkan keluhan saya ke saluran DANA melalui surat elektronik. Nomor keluhan saya adalah 275*1*. Di sinilah kekesalan saya bermula. Saya telah berkirim pesan melalui surat elektronik sejak tanggal 12 April 2019. Pada awalnya Customer Service DANA meminta saya mengirimkan dokumen-dokumen penting pendukung. Tanpa pikir panjang, telah saya kirimkan dokumen sesuai permintaan. Tercatat saya melakukan komunikasi dua arah dengan CS DANA pada tanggal, 14, 16, 18, 20, 21, 24, 25 April 2019 hingga 30 April 2019.

Setelah mengirimkan berbagai dokumen, menjawab beberapa pertanyaan CS, dan berkabar melalui berbagai saluran media. Saya hampir pada kesimpulan bahwa saya kecewa terhadap pelayanan DANA. Sejauh ini, pengalaman saya berpendapat bahwa tidak ada tanggapan lain dari CS DANA selain saya diminta untuk menunggu proses oleh tim terkait. Sebagai pengguna DANA, saya tidak diberitahu proses apakah yang dimaksud, tidak ada kabar termutakhir, baik mengirimkan email kepada saya atau telepon. Saya didiamkan begitu saja. Hal ini meragukan kepercayaan saya terhadap kinerja DANA. Sungguh ini membuat saya kecewa.

Kekesalan saya memuncak ketika saya berkirim surat elektronik dengan CS DANA pada tanggal 30 April 2019 menanyakan bagaimana kemajuan aduan saya. Saya berharap permasalahan akun dibekukan ini segera terselesaikan. Namun, tidak terbuka. Saya menyesal kalimat ini disampaikan oleh CS DANA. Ia memberi tanggapan atas surel saya dengan berkata kepada saya bahwa saya dimohon menunggu proses dengan bersabar. Kesediaan saya untuk bersabar akan dihargai oleh DANA. Apa? Sungguh, saya kira ini adalah sebuah kekeliruan. Tetapi benar adanya, CS DANA berkata meminta pelanggan menunggu dengan bersabar. Saya harus bersabar. Tidak pesan lain.

Secara singkat saya balas surel tersebut dengan ekspresi nada tinggi. Kurang lebih seperti ini; sederhana saja ingin saya, saya berharap diberitahu apa yang terjadi dengan akun DANA saya. Sejauh ini mengapa saya tidak diberitahu penyebabnya. Lalu proses apa yang dilakukan sehingga membutuhkan waktu lama hanya untuk aktivasi kembali sebuah akun. Saya terima jika memang saya tidak berhasil memenuhi segala pertanyaan CS DANA. Nyatanya saya bisa. Selain itu, mengapa tidak ada jaminan yang ditawarkan kepada saya terhadap proses ini. DANA tidak memberikan kepastian jaminan apakah uang saya aman atau jaminan dalam bentuk lainnya selama proses tersebut berlangsung. Minimal informasi yang membuat saya tidak berspekulasi. Sangat disayangkan, yang dilakukan DANA hanya promosi tingkat tinggi pada sosial media. Tapi, nihil meningkatkan kinerja.

Sekali lagi saya berharap. Walaupun saya hanya seorang diri. Dan saya tahu satu orang itu tidak memberikan perubahan yang signifikan terhadap keuntungan DANA. Saya tetap bersuara bagaimana dengan akun saya 0896188116**, saya mohon untuk tidak dibekukan kembali, bila perlu turunkan saja profil akun saya menjadi akun biasa, tidak premium lagi. Saya mengapresiasi setinggi-tingginya.

Agung Purwa Widiyan
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:34    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan DANA atas Surat Bapak Agung Purwa Widiyan

Menanggapi surat pembaca yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Agung Purwa Widiyan dan dimuat di mediakonsumen.com, pihak DANA telah menghubungi...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Alotnya Solusi Akun DANA yang Dibekukan

    • 21 Oktober 2020 - (04:39 WIB)
      Permalink

      Aku saya di bekukan dengan sepihak, seharus nya pihak dana dapat membekukan akun dengan sepihak jika mendapatan laporan dari kantor polisi, dan sudah jelas akun saya di laporkan hanya karna kesalahpahaman, dan pihak pelapor sudah mengirim email ke dana dan mencabut laporan nya, dan saya sudah memenuhi semua syarat yang di minta tapi sampai hari ke 6 akun saya belum juga di buka, dan selalu di suruh tunggu tanpa kejelasan

      • 30 Januari 2021 - (23:09 WIB)
        Permalink

        Tolong Pulihkan Dana saya. Saya gamau menjadi yang sudah” Jika emang membutuhkan Dokumen” bisa langsung ditanggepin tanpa harus berlama lama diruang chat dan bahas yang cuma muter muter disitu saja. Hanya disuru menunggu/Bersabar. Sampai tua?Tolong direspon!

        NOMER DANA : 0857***38336
        A/N : MUHAMMAD CHINDIR

      • 27 Juni 2021 - (21:10 WIB)
        Permalink

        Dana, saya sudah menunggu 1 tahun lebih untuk masalah pengaktifan kembali untuk akun yang dibekukan dengan orang yang tidak bertanggung jawab, saya merasa tidak ada yang salah dengam transaksi saya, saya juga merasa tidak merasa bersalah apa yang saya salah gunakan untuk apilikasi tersebut, makanya saya berani untuk meminta kembalikan akun saya seperti semula. Tolong untuk tindak lanjutkannya, saya sudah aktif selama 2 minggu belakangan ini untuk mencoba mengulangi menghubungi pihak kamu dana, tolong secepatnya diuruskan dan jangan bilang dengan kata kata 7×24 jam, saya sangat kecewa apabila ada balasan seperti itu tetapi tidak ada solusi baiknya, capek cuma nunggu aja masalahnya.

        Email saya : rasridha@gmail.com
        Nomor saya : 0878766711**

    • 30 Januari 2021 - (23:04 WIB)
      Permalink

      Tolong ya untuk pelayanan Dana sungguh mengecewakan tanpa ada jelas atau gimana akun saya dibekukan tanpa ada konfirmasi atau semacam nya!, Pulihkan akun Dana saya! Saya membutuhkan Saldo tersebut. Dikirim keemail jawaban nya sama Hanya Harap Sabar, Kirim Ke wa keluhan nya Lowrespon, Gimana yang lain tidak kecewa!!!

  • 1 Mei 2019 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Lihatlah bagaimana CS Dana menunjukkan keprofesionalannya. Meminta saya berkirim surel kembali. Walau saya tidak melihat inisiatif terbaik dari DANA untuk benar-benar membantu saya. Minimal, berikan langkah khusus atau tindakan istimewa begitu. Tapi baiklah, saya akan melakukannya untuk sekian kali. Walau saya tahu jawaban klasiknya, yakni: terimakasih telah menjadi pengguna DANA. Perihal keluhan Bapak sedang diproses oleh Tim terkait dan seterusnya. Terimakasih ya.

  • 1 Mei 2019 - (20:12 WIB)
    Permalink

    Sayang sekali di negara 62 ini fintech bertebaran seperti jamur di musim hujan, tapi entah tidak jelas apa ada benar sudah memenuhi segala persyaratan dari regulator. Bahkan bisa juga tidak jelas apa benar ada persyaratan yang harus dipenuhi. Jangan-jangan cukup dengan syarat amplop saja?

    Mau pinjaman online (yang tingkat bunganya macam rentenir & kemudian tingkah laku debt collector-nya persis seperti rentenir), dompet elektronik semacam “bayar belakangan” yang sering jadi topik di SP di sini atau bahkan dana, ofo dll banyak bener, sementara kualitasnya pantas diragukan, karena gampang bobol, gampang tahu-tahu kena blokir, atau malahan susah di top-up.

    Kalau saya ada kelebihan modal entar saya ikut2an bikin fintech ah, nampaknya kok menguntungkan banget ini, sementara persyaratan pembentukannya kayaknya tinggal gampang diatur…

    • 27 Januari 2020 - (19:55 WIB)
      Permalink

      Akun dana saya dibekukan dengan alasan saya melakukan penipuan padahal tidak logis sama sekali dan saya sangat butuh uangnya, sudah di dm dan email jawabannya hanya sabar tidak ada solusi sama sekali TOLONG AKTIFKAN KEMBALI DANA SAYA

  • 2 Mei 2019 - (12:21 WIB)
    Permalink

    The case is closed. Pihak DANA sudah menghubungi saya untuk verifikasi ulang melalui sambungan video. Saya memperlihatkan dokumen yang diminta. Berselang beberapa menit setelah pihak DANA selesai konfirmasi, akun DANA saya diaktifkan kembali. Perfect. Saya sudah bisa melakukan transaksi. We learn alot to improve. Semoga menjadi catatan. Cheers.

    • 1 Juli 2020 - (02:44 WIB)
      Permalink

      Akun dana saya tidak bisa login , padahal ada transaksi yang harus saya selesaikan bagaimana ini masukan pin benar namun saat masuk ada bacaan hubungi customer servis ?, Saat coba login di hp teman bisa di lakukan kenapa di hp saya gak bisa?

  • 13 Mei 2019 - (15:33 WIB)
    Permalink

    Betapa amat sangat “profesionalnya” CS DANA, sampai2 utk masalah sepele saja, konsumen harus kirim email berkali-kali, dan dijelaskan berulang2 dan CS hanya pada jawaban “mohon bersabar, akan kami bantu utk dicek oleh pihak terkait. Tunggu 7 hari kerja”.

    Jika seandainya bapak tidak memasukkan masalah ini ke ” media konsumen”, saya yakin kalau masalah bapak tidak akan pernah selesai dan dianggap angin lalu oleh CS DANA.

    Ketika sudah masuk ke “media konsumen”, barulah DANA aktif merespon masalahnya.

  • 11 Juli 2019 - (12:47 WIB)
    Permalink

    saya pun mengalami hal serupa , dan hingga saat ini akun dana saya masih dibekukan , padahal proses pembekuannya tidak memerlukan verifikasi data diri , sungguh mengecewakan .

    • 25 Agustus 2019 - (09:13 WIB)
      Permalink

      Mas gmna kelanjutan pembekuannya? Apakah skrng sudah aktf kembali? Saya juga sama nih di bekukan. Terimksih.

  • 19 Maret 2020 - (17:55 WIB)
    Permalink

    sama….saya juga..transaksi di BL melalui DANA tidak bisa…cobak downlod app DANA lggs jga tdk bisa….

  • 5 April 2020 - (23:41 WIB)
    Permalink

    Akun dana gajelas, ditanya pembekuan kenapa? Penipuan apa?? Atas dasar apa?? Saya pakai dana untuk uang mati saya dikumpulin di dana. tidak ada konfirmasi pembekuan kenapa, pulsa abis 200ribu untuk nelepon cs tetep gaada jalan keluar.
    Cs whatsapp muter” juga disuruh tunggu proses email. Sedangkan email tidak ada respon.
    Uang kita ko kalian bekukan, kalau mau dibekukan saldonya balikin, abis itu mau diapus tidak masalah. Saya kecewa sama pelayanan cs telepon, email, whatsapp DANA

  • 5 April 2020 - (23:48 WIB)
    Permalink

    [5/4 23:10] ๐Ÿด๐Ÿณ: Saya mau uang saya kembali
    [5/4 23:10] Danaid: Oke deh ditunggu ya melalui email kamu, Bhova akan akhiri chat ini ya.
    [5/4 23:10] ๐Ÿด๐Ÿณ: Tidak bisa
    [5/4 23:10] ๐Ÿด๐Ÿณ: Saya minta uang saya kembali
    [5/4 23:10] ๐Ÿด๐Ÿณ: Saya minta uang saya dikembalikan sekarang
    [5/4 23:11] Danaid: Mohon ditunggu dan lakukan cek secara berkala melalui email kamu ya Ananda.
    [5/4 23:11] ๐Ÿด๐Ÿณ: Saya minta uang saya dikembalikan sekarang
    [5/4 23:11] ๐Ÿด๐Ÿณ: saya minta sekali lagi saldo saya dikembalikan seperti smuala sesuai yg tertera di akun dana sekarang
    [5/4 23:15] ๐Ÿด๐Ÿณ: Hallo
    [5/4 23:16] ๐Ÿด๐Ÿณ: Tidak ada yang bener ya pelayanan cs
    [5/4 23:16] Danaid: Mohon kesediaan kamu u/ menunggu ya Ananda dan lakukan cek secara berkala di email kamu.
    [5/4 23:21] ๐Ÿด๐Ÿณ: Hallo
    [5/4 23:21] ๐Ÿด๐Ÿณ: saya minta sekali lagi saldo saya dikembalikan seperti smuala sesuai yg tertera di akun dana sekarang
    [5/4 23:25] ๐Ÿด๐Ÿณ: Muter muter pelayanan cs ini
    [5/4 23:27] Danaid: Jika sudah diproses akan diupdate pada email kamu ya Ananda, mohon kesediaan kamu u/ menunggu.
    [5/4 23:28] ๐Ÿด๐Ÿณ: saya minta sekali lagi saldo saya dikembalikan seperti smuala sesuai yg tertera di akun dana sekarang
    [5/4 23:28] ๐Ÿด๐Ÿณ: Apa lagi yang mau kalian proses
    [5/4 23:29] Danaid: U/ prosesnya mohon ditunggu update selanjutnya melalui email kamu ya.
    [5/4 23:30] ๐Ÿด๐Ÿณ: Saya minta uang saya dikembalikan sekarang
    [5/4 23:30] ๐Ÿด๐Ÿณ: Akan saya hubungi terus malem ini sampai selesai
    [5/4 23:31] ๐Ÿด๐Ÿณ: Saya minta penjelasannya sekarang kenapa akun saya dibekukan??
    [5/4 23:36] Danaid: Jika sudah diproses akan diupdate pada email kamu ya Ananda, mohon kesediaan kamu u/ menunggu.
    [5/4 23:36] ๐Ÿด๐Ÿณ: Muter lagi
    [5/4 23:36] ๐Ÿด๐Ÿณ: Tidak jelas
    [5/4 23:36] ๐Ÿด๐Ÿณ: Saya minta uang saya dikembalikan sekarang
    [5/4 23:37] ๐Ÿด๐Ÿณ: Abis itu kalian apus dana saya
    [5/4 23:39] Danaid: Mohon kesediaan kamu u/ menunggu ya Ananda, keluhan kamu masih dalam proses penanganan tim terkait u/ updatenya akan diinfoin melalui email kamu ya.
    [5/4 23:41] ๐Ÿด๐Ÿณ: Bisa melayani tidak?
    [5/4 23:42] ๐Ÿด๐Ÿณ: Saya kevewa dengan pelayanan kalian
    [5/4 23:42] Danaid: Jika sudah ada updatenya akan diinfoin melalui email kamu mohon lakukan pengecekan secara berkala ya Ananda.
    [5/4 23:42] ๐Ÿด๐Ÿณ: Pulsa abis 200ribu tetep tidak ada jalan keluar nelepon cs dana
    [5/4 23:43] ๐Ÿด๐Ÿณ: Saya minta saldo saya dikembalikan
    [5/4 23:43] Danaid: Saat ini masih dalam proses mohon ditunggu ya Ananda melalui email kamu.
    [5/4 23:43] ๐Ÿด๐Ÿณ: Saya minta saldo saya kembali sekarang, abis itu pembekuan kalian lakuin lagi
    [5/4 23:44] ๐Ÿด๐Ÿณ: Tidak ada gunanya saya hubungi pelayanan kalian ya
    [5/4 23:44] Danaid: U/ keluhan kamu masih dalam penanganan tim terkait kami Ananda, mohon ditunggu info selanjutnya melalui email kamu ya.
    [5/4 23:44] ๐Ÿด๐Ÿณ: Saya minta saldo saya dikembalikan
    [5/4 23:45] ๐Ÿด๐Ÿณ: Lalu kalian lakuin penanganan lagi
    [5/4 23:45] Danaid: Iya Ananda jika sudah diproses akan ada info u/ keluhan yang kamu alami ya, mohon kesediaannya u/ menunggu prosesnya.
    [5/4 23:46] ๐Ÿด๐Ÿณ: Woy saldo saya minta dikembalikan sekarang

  • 2 Mei 2021 - (05:32 WIB)
    Permalink

    apk DANA sangat bagus sekali..Akun yg di blokir berarti akun yg bermasalah.. Saya pernah ketipu..dan bertransaksi memakai DANA.. Dan saya melaporkan ke cs DANA.. langsung akun si penipu di blokir.. Mantap rekomended sekali.. Untuk kedepannya saya harap.. Pihak DANA lebih keras lagi.. Untuk menelusuri jejak penipu dan di proses secara hukum

  • 12 Agustus 2021 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Sama akun dana saya juga baruยฒ ini dibeku kan oleh pihak dana karena kesalahan laporan, padahal saya sudah mengisi semua formulir yang diberikan pihak dana tapi masih saja berbelit Belit di suruh menunggu 7×24 jam padahal sudah lebih 1 Minggu saya menunggu masih saja belum ada kepastian apakah uang didana saya aman atau tidak, dan tidak tau dana saya masih bisa dibuka lagi atau tidak karena didana saya itu ada uang tabungan saya satuยฒ nya.

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Alotnya Solusi Akun DANA yang Dibekukan

oleh Agung Purwa Widiyan dibaca dalam: 2 menit
19