Indihome Menagihkan Tagihan yang Tidak Sesuai dengan Kecepatan

Saya adalah pelanggan Telkom dengan nomor pelanggan 172408816132 di mana saya baru-baru ini melakukan upgrade layanan internet ke kecepatan 100Mbps dikarenakan kebutuhan usaha saya. Sebelumnya saya mendaftar dengan kecepatan internet 20Mbps yang ternyata cukup lambat sehingga saya memutuskan untuk meningkatkan layanan walaupun harus membayar lebih mahal.

Proses migrasi saya lakukan melalui akun twitter telkom di akun @TelkomCare dan mereka mengatakan bahwa saya tidak perlu datang ke Telkom Plaza untuk mengganti layanan internet. Setelah proses migrasi berhasil dilakukan, di akun Myindihome saya sudah tertera bahwa saya berlangganan paket gamer 100Mbps. Tetapi pada kenyataannya, kecepatan yang saya terima tidak pernah sampai 100Mbps dan bahkan hanya ada di kisaran 15-19Mbps saja.

Saya sudah hampir setiap hari mengeluhkan permasalahan ini melalui akun twitter dan mereka hanya membantu untuk refresh jaringan dari pusat. Tapi ini hanya membantu mengatasi problem saya secara sementara dan setelah beberapa jam kecepatan internet kembali melambat. Setiap hari saya melakukan komplain melalui kanal sosial media dan problem yang sama selalu terjadi tanpa ada solusi yang baik.

Sekitar awal bulan saya menerima tagihan dari telkom dan tentunya saya tidak ingin membayar tagihan sebesar Rp1,5 juta dikarenakan kecepatan yang kami terima tidak sesuai dengan jumlah uang yang harus kami bayarkan.

Belum lama saya menerima telepon dari rekanan Telkom perihal billing statement yang harus segera saya bayarkan dan saya menolak untuk membayar dikarenakan selama sebulan saya tidak pernah mendapatkan kecepatan yang sesuai. Pihak rekanan tersebut mengecek ke sistem dan mereka mengatakan bahwa di sistem tercatat bahwa saya hanya berlangganan internet dengan kecepatan 20Mbps. Jelas saya menjadi kesal bagaimana saya harus membayar tagihan senilai Rp1,5 juta tetapi sistem mengatakan bahwa kecepatan internet saya hanya 20mbps.

Saya kemudian diberitahu bahwa saya harus datang ke Plaza Telkom sebelumnya untuk konfirmasi upgrade kecepatan internet dikarenakan pihak Telkom Pusat tidak memiliki wewenang untuk melakukan upgrade tersebut. Lah bagaimana ini? Kenapa hal seperti ini bisa terjadi?

Sekarang saya ingin pihak Telkom bertanggung jawab dan memberikan klarifikasi yang jelas dikarenakan saya dibebankan tagihan untuk internet 100Mbps tetapi sistem mengatakan bahwa kecepatan internet saya hanya 20Mbps. Menurut saya ini jelas-jelas merupakan penipuan dan saya tidak bersedia membayar tagihan untuk bulan April sampai masalah ini tuntas.

I Made Mahendra Budhiastra
Ubud, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Made Mahendra B

Komentar

  • punya kami kecepatan 2 mbps padahal bayar dengan langganan 20mbps
    GGWP emang indihome, bagusan biznet bang dicoba aja...
    terus 1 lagi, saya rasa di indihome ad tercium bau2 KKN, tapi yh itu sih menurut saya aja.. bayangkan aja kecepatan internet banyak yang gak sesuai itu artinya kan indihome cuman mau uangnya.. itu menurut saya sih

  • Mau 147, indira, plasa telkom sama aja....pelayanan telkom sangat jelek.
    Case saya tagihan abonemen naik tanpa kejelasan aja ngak ada tanggapan dari indihome.

    Tanggal 4 telpon ke 147, kemudian Email tanggal 6 Mei 2019, juga sudah lapor ke indira.
    Masalah : Tagihan bulan Mei abonemen naik dari biasanya Rp. 354.999 menjadi Rp. 389.666.

    Terus ke plasa telkom tanggal 13 atau 14 Mei 2019, sampai saat ini juga ngak ada tanggapan.
    Ngak ada mekanisme yang jelas untuk layanan konsumen kalau sudah menyangkut tagihan yang salah.

    • Ya memang parah sekali telkom ini untuk urusan begini

  • Mau 147, indira, plasa telkom sama aja....pelayanan telkom sangat jelek.
    Case saya tagihan abonemen naik tanpa kejelasan aja ngak ada tanggapan dari indihome.

    Email tanggal 6 Mei 2019

    Dear telkom,

    Saya sudah menghubungi 147 dan sudah dibukakan tiket dengan nomor tiket : IN50973198.
    Permasalahan :
    Tagihan bulan Mei abonemen naik dari biasanya Rp. 354.999 menjadi Rp. 389.666.
    Pihak plasa telkom Palembang sudah menghubungi saya pada tanggal 4 Mei 2019 pukul 09.42 dan mengatakan untuk datang ke plasa telkom.
    Jika abonemen tiba tiba naik biayanya karena kesalahan sistem billing telkom kenapa customer harus ke plasa telkom untuk buat laporan ?
    Dan pada hari itu juga saya telpon kembali ke 147 jika saya keberatan untuk ke plasa telkom krn jika kesalahan dr pihak telkom seharusnya customer tidak perlu buat laporan ke plasa telkom, seharusnya dr sistem kalian bisa langsung diperbaikin.
    Kalau dr pihak telkom yg salah berkali kali, apakah customer harus ke plasa telkom terus utk buat laporan ? Itu SOP yang ngak benar.
    Dan pada tanggal 6 Mei 2019 tiba tiba tiket IN50973198 statusnya sudah close (sudah selesai), sedangkan tagihan di app myindihome belum berubah, tetap dengan rincian abonemen Rp. 389.666.

    Tolong untuk segera ditindak lanjuti kesalahan tagihan ini, karena saya keberatan utk membayar tagihan yg tidak sesuai, dan dengan email keluhan ini diharapkan pihak telkom segera diperbaiki tagihannya karena saya tidak akan bayar tagihan ini atau pun denda yg akan keluar akan keterlambatan pembayaran ini.

    Terus ke plasa telkom tanggal 13 atau 14 Mei 2019, sampai saat ini juga ngak ada tanggapan.

    Ngak ada mekanisme yang jelas untuk layanan konsumen kalau sudah menyangkut tagihan yang salah.

  • saran saya besok2 jangan pernah via CS Social media lg pak untuk lapor atau apapun itu. karna kekuatan pelayanan telkom itu bukan di CS Social media, tapi datang langsung ke plaza telkom.

    • Kalo pengalaman saya sih kalo komplen lumayan bisa via sosmed, ada follow up nya & benar2 ada teknisi datang. Sudah saya alami beberapa x.
      Tapi kalau soal pasang baru ataupun perubahan, entah lah

      • Teknisi memang datang tapi mereka sendiri aja bingung cara benerin problemnya

    • Permasalahannya waktu operasional plaza telkom yang sangat terbatas dan kesibukan juga yang bikin saya ga bisa kesana. Tapi ya seharusnya sebagai perusahaan besar semua channel dimanfaatkan untuk pelayanan mereka

  • Halo kak terimakasih atas informasinya. Selanjutnya akan kami tindak lanjuti perihal kendalanya. Trims - Alice

Bagikan
Penulis
Made Mahendra B