Kecewa dengan Pelayanan Informa (PT. Home Center Indonesia) Cabang Central Park Jakarta

Pada tanggal 13 Juni 2019 saya melakukan pembelian beberapa produk furniture di Informa Cabang Mall Central Park Jakarta. Saya membeli 4 produk dengan total harga 21 jutaan dengan nomor receipt U58.32.20190613.1 untuk dikirimkan ke luar Pulau Jawa tepatnya ke Kota Tanjung Pandan, Provinsi Bangka Belitung. Pengiriman produk tersebut dilakukan melalui ekspedisi. Pengiriman barang dari pihak Informa ke ekspedisi dilakukan pada tanggal 17 Juni 2019 dan saya menerima produk tersebut pada tanggal 19 Juni 2019.

Dari 4 produk yang saya beli, yang bermasalah hanya pada 1 unit produk Brise Sofa berwarna keabuan dengan 3 seat seharga Rp10.999.000. Sofa tersebut saya terima dalam keadaan rusak pada salah satu bagian lengannya (sandaran tangan). Lengan sofa tersebut seperti patah dari dalam (tampak amblas). Pada saat pembelian, saya telah menekankan kepada staf Informa bahwa ini untuk pengiriman ke luar pulau, jadi saya minta tolong semua produk dikemas dengan rapi. Jangan sampai bermasalah. Dan pihak Informa pun menyanggupi dan meyakinkan saya bahwa produk pasti akan dikemas dengan baik dan rapi.

Namun kenyataannya, produk hanya dikemas dengan kardus, plastik, dan styrofoam tipis. Terutama pada sofa tidak menggunakan peti kayu. Saya tidak akan mempermasalahkan pengemasan barang asalkan semua produk yang saya beli, saya terima dalam kondisi yang baik. Tetapi akhirnya saya harus kecewa melihat sofa yang saya beli, ketika saya buka kemasan-(packingan)nya tidak dalam kondisi baik (mengalami kerusakan pada salah satu sisi lengan sofa).

Lalu pada hari tersebut juga saya mencoba menghubungi pihak Informa untuk melakukan pengaduan atau mengajukan klaim. Namun baik dari customer service ataupun pihak Informa Central park sulit sekali untuk dihubungi. Nomor telepon selalu sibuk ataupun tidak dijawab. Keesokan harinya, tanggal 20 Juni 2019 saya berhasil menghubungi pihak customer service, lalu saya pun diminta menunggu maksimal 1×24 jam untuk dihubungi oleh pihak Informa Cabang Central Park. Namun saya tetap saja tidak dihubungi.

Keesokan harinya saya menghubungi kembali pihak customer service dan menanyakan hal tersebut dan saya akhirnya tetap diminta menunggu dihubungi lagi. Akhirnya saya masih tidak dihubungi. Kemudian saya pun menelepon kembali pihak customer service dan menyampaikan keluhan saya serta mempertanyakan kenapa saya masih tetap belum dihubungi oleh pihak Informa Central Park. Saat itu saya sudah mulai merasa saya dilempar kesana kemari tanpa mendapatkan solusi apapun. Dan akhirnya pada tanggal 22 Juni 2019 malam harinya saya dihubungi oleh pihak Informa Central Park.

Namun tetap saja pihak Informa tidak memberikan solusi apapun, saya diminta menunggu team survey dan sebagainya seolah mengulur waktu. Padahal sudah saya bilang bahwa saya berada di luar Pulau Jawa dan di lokasi saya ini tidak ada cabang Informa, lalu mau bagaimana ada pihak survey dan sebagainya datang untuk melakukan pengecekan? Lalu pihak Informa pun hanya mengatakan akan mengirim staf dari cabang Informa terdekat yaitu Palembang dan itu pun belum pasti dan belum jelas kapan.

Langsung saja saya mempertanyakan hal tersebut, karena saya merasa pihak Informa Central Park hanya ingin melempar masalah saya ke sana ke mari dan mengulur waktu yang pada akhirnya tidak berniat menyelesaikan masalah saya dan tidak ingin bertanggung jawab. Padahal sudah jelas kesalahan sudah terjadi karena kelalaian pihak Informa dalam hal pengemasan barang. Bahkan pihak Informa ingin melempar masalah ini ke pihak asuransi, karena memang barang ini saya asuransikan.

Namun pihak asuransi juga tidak menyarankan saya mengklaim hal ini karena barang ini rusak pada saat diterima. Bukan setelah dipakai atau ada alasan khusus (karena bencana) yang menjadi tanggungan asuransi serta tidak ada pembalian dana 100%. Pihak Informa pun tidak berniat menukar barang atau mengganti baru atau pun memberikan solusi lainnya yang tidak merugikan saya sebagai konsumen.
Padahal Informa selalu mengatakan menjamin kepuasan konsumen 100%. Mana buktinya?
Saya malah digantung begini menunggu pertanggungjawaban yang tidak jelas dari pihak Informa Central Park.

Ketika saya coba hubungi lagi baik pihak customer service terlebih pihak Informa Central Park tidak bisa dihubungi. Padahal sebelumnya saya sudah berpesan kepada pihak staf Informa Central park yang menghubungi saya sebelumnya untuk menyampaikan kepada Manager Informa Cabang Central Park agar langsung menghubungi saya untuk menyelesaikan masalah ini dan jangan mengoper saya kepada staf yang hanya bisa berkata semua harus ditanyakan kembali kepada manager. Semoga saya mendapatkan penyelesaian dan pertanggungjawaban atas masalah yang saya hadapi secepatnya.

Terima kasih.

Liliana
Tanjungpandan, Bangka Belitung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Informa:
[Total:13    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Informa (PT. Home Center Indonesia) Cabang Central Park Jakarta

  • 28 Juni 2019 - (18:14 WIB)
    Permalink

    Semoga masalah saya segera ditindaklanjuti. Karena sampai pada hari ini saya masih belum dihubungi lagi dari pihak terkait yang pada tanggal 25 juni 2019 malam menjanjikan saya akan menghubungi saya kembali pada tanggal 26 juni 2019 untuk memberikan keterangan lebih lanjut terkait masalah ini.

  • 30 Januari 2020 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Nice Share Ibu Liliana.. pengalaman Ibu hampir sama ketika saya membeli produk di informa, dan kebetulan sofa yang ibu beli sama dengan yang saya beli nih.
    Saya membeli sofa di informa Qbig BSD mendekati akhir 2019 dan ditawari proteksi dari Adira, kalau tidak salah berlaku untuk setahun. Hal yang sangat membuat kecewa adalah:
    1. Pengiriman sofa tersebut lama sekali hitungan minggu untuk hanya sebuah sofa, dengan alasan perlu diambil dari gudang di jababeka, agar diketahui saya tidak tinggal di luar pulau, saya berada di daerah serpong, akhirnya dalam hitungan hari sofa tersebut datang, tetapi sofa yang datang memiliki cacat dibagian lengan, dan dengan terpaksa saya harus menunggu lagi untuk penukaran. Akhirnya sabar saya pun sudah habis, emosi saya meledak karena sofa pengganti tak kunjung datang…(sedikit merasa di PHP kalau kata anak jaman sekarang hehehe) lalu saya ingin membatalkan pembelian dan sales yang menjual memohon agar saya tidak membatalkan. Kemudian dalam hitungan hari sofa itu pun datang ( pelajaran bagi saya ; kalau beli di informa untuk barang-barang yang menggunakkan pengantaran jangan pakai otak, tapi pakai otot )
    2. Entah apa yang merasuki komplek di rumah saya, tiba-tiba pada tanggal 1 January 2020 rumah saya mendapat banjir luar biasa, sampai memasuki rumah dan merendam sofa tersebut. Alhasil sofa tersebut sudah mirip kasur angin di kolam renang, Karena proteksi sofa tersebut masih berlaku akhirnya saya berusaha mengklaim, setelah melewati proses klaim dan survey, saya tinggal menunggu hasil survey beberapa hari kemudian dari pihak Adira… hari berganti hari, seminggu pun terlewati… kata CS Informa ” ditunggu saja pak, nanti dari Adira akan menghubungi” (maklum dan tetap optimis) . Minggu berganti minggu.. dua minggu lebih sudah terlewati.. kata CS Inform” dokumen sudah dilengkapi dan kemungkinan banyak yang klaim karena banjir, ditunggu aja pak” (masih sabar dan keep positif).. ehmm.. sudah tiga minggu terlewati belum ada yang menghubungi sepertinya saya di PHP juga seperti sebelumnya,.. saya pun datang ke CS informa Qbig dan dengan sedikit otot akhirnya bisa bicara dengan Bapak Manager terhomat dan berjanji akan mengabari saya Senin sore minggu berikut ( waktu itu saya kesana hari Jumat)… Senin pun kabar bahagia tak kunjung datang hanya pesan dari Bapak Manager Terhormat ” dokumen sudah lengkap, masih dalam proses analisis Adira bla..bla..bla”… Amazing untuk kasus Kebanjiran yang sudah di survey pun masih perlu dianalisis selama 3 minggu… Sofa nya pun sudah bau dan berjamur …Saya merasa untuk kelas Bapak Manager Informa yang terhormat sekalipun tidak bisa kasih saya kepastian, dateline pun lewat batas… Akhirnya saya berniat menelepon pihak Adira secara langsung. Ditangani oleh pihak CS Adira dengan jawaban ” Kami perlu mengecek kelengkapan dokumen bla..bla..bla. padahal tiket claim number sudah saya dapat dari pihak Informa”. Belajar dari pengalaman dengan informa” pakai otot jangan otak” pengalaman itu saya terapkan ke Adira, akhirnya CS Adira akan mengabari saya esok hari. Sedikit harapan…hahaha.. Dan entah kenapa atau entah siapa yang membuat proses klaim ini sampai berminggu-minggu (soalnya kedua pihak ora ono sing ngaku kalau saya tanya, hahahah). Keesokan Harinya dengan sigap CS Adira pagi hari sudah menelpon saya ( Terimakasih attention nya untuk Mba (*** ) Adira disana, pesan saya sampai ke managemen dan di follow up dengan baik rupanya).

    Yang saya dapat dari pengalaman dengan informa,
    – Sedikit parno atau mikir dua kali kalau beli barang di informa yang butuh pengantaran, atau kalau bisa saya take away sendiri kali ya hahahah. Ah mungkin cari tempat lain dulu kali ya
    – Service “lama” menempel dipikiran saya sekarang, terutama untuk Koordinasi antara sales- delivery team- customer service
    – Proses Klaim harus jelas procedure dan dateline yang dijanjikan kepada konsumen. Coba dibicarakan kembali antara Informa dan Adira, bagaimana sebaiknya agar konsumen tidak hilang sabar. Untuk kelas dua perusahaan sebesar ini, saya rasa mampu memberikan servis lebih baik
    – Sampai hari ini berita diturunkan Sofanya terdiam rapih, berbau, berjamur dan mungkin dijadikan sarang bermain kutu-kutu…

    Terimakasih

    Arfin
    Serpong

 Apa Komentar Anda mengenai Informa?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Informa (PT. Home Center Indonesia) Cabang Cen…

oleh Liliana dibaca dalam: 3 min
3