Barang Tidak Diterima, Shopee Meneruskan Dana ke Penjual Tanpa Konfirmasi Pembeli

Saya pertama kali belanja di aplikasi Shopee, membeli hp senilai Rp2,9 juta dengan nomor pesanan 19062218475A2NJ di toko @erafone_official_id pada tanggal 22 Juni 2019 sekitar pukul 5 sore. Penjual ada di Jakarta dan tujuan pengiriman kota Surabaya. Katanya ada garansi pengemasan dari Shopee 2 hari dan garansi pengiriman 2 hari. Saya cek resi yang diberikan oleh penjual, nomor resi: 014050402648419, saya cek, itu bukan resi pesanan saya.

Saya chat penjualnya katanya dari kurirnya ada kesalahan entry nomor resi yang benar, jadi barang tetap dikirim ke alamat penerima, sampai tanggal 29 Juni. Kalau tidak, bisa pengajuan pengembalian dana.

Tanggal 24 Juni 2019 saya cek aplikasi Shopee saya, ternyata pesanan sudah selesai. Saya chat via aplikasi penjualnya untuk minta resi yang benar, tidak direspon lagi. Saya telepon CS Shopee katanya uang sudah dirilis karena sistem kurir melacak pesanan sudah saya terima berdasarkan resi yang dikirim penjual. Saya sudah coba jelaskan kesalahan entry resi dari si kurir, mereka mengatakan rilis dana berdasarkan resi itu yang adalah bukan pesanan saya dan pesanan itu per tanggal 20 Juni (pesanan saya tanggal 22). Kalau mau pakai hitungan garansi Shopee pasti tidak masuk karena memang itu bukan resi saya.

Saya mohon bantuan Shopee untuk memediasi dengan penjual. Mereka sudah coba, tapi katanya penjual tidak bisa dihubungi. Semestinya ini tidak terjadi kalau verifikasi Shopee berjalan memastikan apakah resi yang diberikan penjual valid dengan alamat pembeli. Dan mengapa tidak ada niat untuk melapor ke polisi? Padahal Shopee punya database penjual itu, nomor hp termasuk nomor rekeningnya. Bisa saja dibekukan sampai dana saya dikembalikan dengan kerja sama dengan kepolisian. Ini tidak, sementara akun penjual masih aktif.

Seperti tidak ada usaha dari Shopee untuk membantu saya mendapatkan uang saya kembali. Mohon bantuan Shopee untuk mengembalikan uang saya Rp2,9 juta, karena uang itu sangat besar bagi saya yang adalah hanya seorang sales. Saya sudah terus berusaha men-chat penjual, tapi sudah tidak ada respon.

Alex Chandra Lumban Raja
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Belanja di Shopee:
[Total:21    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

22 komentar untuk “Barang Tidak Diterima, Shopee Meneruskan Dana ke Penjual Tanpa Konfirmasi Pembeli

  • 26 Juni 2019 - (16:50 WIB)
    Permalink

    Waduh sepertinya agan kena tipu sama seller. Akunnya aja baru dibuat 12 hari yg lalu dan jelas2 pake nama Erafone buat mengelabui pembeli. ???

    Yang bikin heran justru sistem Shopee yg begitu rentan buat modus penipuan seperti ini. Asal nomor resinya eksis, meskipun bukan ke alamat pembeli, sistem Shopee bisa mencairkan dana otomatis ke penjual, tanpa konfirmasi lagi dari pembeli. Ini celah keamanan serius yg bisa dimanfaatkan penipu!! ??

    • 26 Juni 2019 - (21:59 WIB)
      Permalink

      Iya Gan, baru pertama kali belanja di Shopee karena kata peenjual aman di Shopee karena bergaransi, eh, ternyata bisa-bisanya Shopee melepas dana atas resi bodong dari seller tanpa cek valid tidak dengan pesanan, semoga pihak shopee bisa mengembalikan uang saya dan ini menjadi masukan berharga bagi mereka untuk memperbaiki sistem penerimaan dan validasi resi dengan kurirnya, jangan main percaya aja sama resi yang diberikan penjual, semoga

      • 19 April 2020 - (11:50 WIB)
        Permalink

        Hati-Hati Belanja Elektronik di Lazada dengan Harga yang Miring,
        “SUDAH BANYAK YANG TERTIPU, UANGNYA HILANG !!!”

        Konsumen tidak bisa melakukan complain apapun ke Lazada karena perusahaan besar dan tidak jelas kantornya dimana.
        Telp ke CS Lazada/Live Chat juga tidak bisa menyelesaikan masalah, Hanya formalitas mereka saja.

        Tujuan LAZADA harusnya sebagai perantara yang dapat dipercaya sebagai media pembeli dan penjual, Tapi menurut saya sistem di Lazada seperti bekerja sama dengan penjual yg berkedok Elektronik (nilai uangnya lebih besar), Untuk bersama-sama menipu pembeli.

        Tidak Habis Berpikir kenapa uang bisa di berikan ke pihak penipu, apabila pengembalian dana butuh proses 2 -5 hr kerja (Apalagi Nama penipu penerima uang jelas sudah tidak sama)
        Kenapa tidak di kembalikan ke data pemilik rekening asli yg sdh tertulis jelas di Lazada.

        Ini yg belum saya Pahami:
        (Apakah Lazada jg terlibat menipu kita sebagai pembeli dgn alasan kesalahan ada di pembeli ???), karena saya jumlahkan di Surat pembaca ini Nilainya sudah sangat besar untuk Kas Lazada.
        Mohon Jawaban dan Tangapan dari Lazada andai saya Salah atas Tulisan ini.

        Saya pribadi dengan no pembelian: 396429444795288 Sampai saat ini uang juga belum di kembalikan.

        Telepon CS Lazada tidak dpt menyelesaikan masalah, karena alasan sdh by sistem. (Uang di transferkan ke penjual karena data kita sdh di bajak).

        Kesimpulan saya:
        Beli barang Online di Sistem yang bisa di percaya saja, Jangan di tempat yang mudah di Bobol Sistem Data Konsumen.

        Saya juga akan suarakan kepada semua media,.. supaya tidak ada lagi yg Tertipu !!!

      • 19 April 2020 - (11:51 WIB)
        Permalink

        Hati-Hati Belanja Elektronik di Lazada dengan Harga yang Miring,
        “SUDAH BANYAK YANG TERTIPU, UANGNYA HILANG !!!”

        Konsumen tidak bisa melakukan complain apapun ke Lazada karena perusahaan besar dan tidak jelas kantornya dimana.
        Telp ke CS Lazada/Live Chat juga tidak bisa menyelesaikan masalah, Hanya formalitas mereka saja.

        Tujuan LAZADA harusnya sebagai perantara yang dapat dipercaya sebagai media pembeli dan penjual, Tapi menurut saya sistem di Lazada seperti bekerja sama dengan penjual yg berkedok Elektronik (nilai uangnya lebih besar), Untuk bersama-sama menipu pembeli.

        Tidak Habis Berpikir kenapa uang bisa di berikan ke pihak penipu, apabila pengembalian dana butuh proses 2 -5 hr kerja (Apalagi Nama penipu penerima uang jelas sudah tidak sama)
        Kenapa tidak di kembalikan ke data pemilik rekening asli yg sdh tertulis jelas di Lazada.

        Ini yg belum saya Pahami:
        (Apakah Lazada jg terlibat menipu kita sebagai pembeli dgn alasan kesalahan ada di pembeli ???), karena saya jumlahkan di Surat pembaca ini Nilainya sudah sangat besar untuk Kas Lazada.
        Mohon Jawaban dan Tangapan dari Lazada andai saya Salah atas Tulisan ini.

        Saya pribadi dengan no pembelian: 396429444795288 Sampai saat ini uang juga belum di kembalikan.

        Telepon CS Lazada tidak dpt menyelesaikan masalah, karena alasan sdh by sistem. (Uang di transferkan ke penjual karena data kita sdh di bajak).

        Kesimpulan saya:
        Beli barang Online di Sistem yang bisa di percaya saja, Jangan di tempat yang mudah di Bobol Sistem Data Konsumen.

      • 17 Mei 2020 - (21:38 WIB)
        Permalink

        Saya kemarin tanggal 29 maret 2020 juga tertipu oleh akun di shopee,, cerita ny hampir sama kaya punya mas nya,, saya beli barang kulkas harga ny 1,6 juta, tetapi barang tersebut belum sampai ke rumah saya hingga sekarang, tetapi di akun shopee saya brng tersebut telah terkirim ke alamat yg berbeda,, saya tanya ke kurir pengiriman jne, bahwa no resi milik saya itu barang ny memang sudah sampai, tetapi yg di kirim bukan kulkas, melain kan knalpot motor,, dan ternyata knalpot mtr tersebut milik orang lain yg memesan brng lewat aplikasi BUKA LAPAK,

        Hingga sekarang belum pasti uang saya kembali, saya sudah ke sana sini, sampai ke kantor polisi, tetapi tanggapan ny saya harus meminta pertanggung jawaban shopee terus,, saya chat dan email shopee hanya di putar putarkan, tidak ada titik temu

        Kemarin saya nulis artikel kaya mas di sini, tetapi saya tidak bisa mengirimkan data ktp saya untuk bisa terverivikasi,, maksud saya hanya ingin shopee tau, bahwa saya butuh uang saya kembali,, apalagi suami saya pengangguran karna dampak pandemi sekarang

  • 26 Juni 2019 - (17:00 WIB)
    Permalink

    Mungkin disengaja seller memberikan resi yang tidak valid untuk menipu pembeli. Jangan belanja di shoppe tidak aman. Di Shopee banyak penjual yang merugikan konsumen

    • 26 Juni 2019 - (22:02 WIB)
      Permalink

      Betul gan, jadi pelajaran buat para e-commerce, khususnya bagi pembeli supaya lebih berhati hati dan selalu mengecek lebih detail sebelum membayar

    • 3 April 2020 - (21:12 WIB)
      Permalink

      wah jadi was2 beli brg online di shop*e. online shop terbesar bs terjadi fraud juga. Mana gw barusan beli parfum mahal lagi, trs respon penjual jg ga respon2 di chat.. amsyoongg @shop*e

    • 26 Juni 2019 - (22:05 WIB)
      Permalink

      Semoga bisa beres masalah ini, kalau tidak kepercayaan netizen ke shopee akan semakin menurun dan bisa jadi kalah dengan kompetitor, kan sayang program promonya digedein, tapi karena sistem nya masih jelek, program promonya jadi sia2, kepercayaan konsumen tetap nomor satu dibanding promonya.

      • 26 Januari 2020 - (21:57 WIB)
        Permalink

        Untuk kelanjutan permasalahan ini bagaimana gan? apakah dana bisa dikembalikan karena barang pesanan belum diterima, karena saya juga barusan mengalaminya. pihak shopee belum memberikan kejelasan terkait pengembalian dana. pihak penjual juga tidak bisa dihubungi

        • 27 Januari 2020 - (08:12 WIB)
          Permalink

          Puji Tuhan udah balik Gan duitnya udah balik setelah gw viralkan di medsos gw dan temen2 Gw, waktunya sekitar 2 minggu. Buat tulisan kronologinya Gan, tulis di media konsumen ini, viralkan di media sosial, tag shoppenya, viralkan terus tiap hari biar ditanggapi sama shoppenya, nanti CS nya akan telepon kita.

          • 17 Mei 2020 - (21:43 WIB)
            Permalink

            Saya juga sudah mengirimkan pesan mas ke sini, tetapi saya gak bisa mengirimkan data ktp saya supaya akun saya terverifikasi,, jadi yg kemarin saya tulis tidak di muat di sini, itu gmn ya mas

  • 4 Juli 2019 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Gimana bang apa udah balik uang nya? Apa solusi dr shoopie? Krn saya sering belanja di shopie juga.baru tau kl sistem tidak aman

    • 27 Januari 2020 - (08:13 WIB)
      Permalink

      Puji Tuhan duitnya udah balik Gan, setelah gw viralkan di medsos gw dan temen2 Gw,

  • 15 Oktober 2019 - (14:27 WIB)
    Permalink

    kak, ada yang tau nomor WhatsUp Shopee??? ,
    masalah saya paket pesanan tertahan di gudang J&T status RESI tidak diketahui/Rusak

  • 26 Februari 2020 - (00:47 WIB)
    Permalink

    Kira2… Apa yang akan dilakukan pihak shopee ke penipu ?
    Lalu.. jika akun penipu sudah di blokir, uang pembeli gimana dong ?? Kan akun nya sudah hikang… Tanpa jejak,
    Apakah uangnya bisa dikembalikan ??
    Lalu.. apakah akun shopee penipu yang sudah terblokir bisa balik lagi ??

  • 1 Maret 2020 - (08:10 WIB)
    Permalink

    Kasusnya sama persis dengan saya barusan, saya beli sepatu pada Selasa 20 Februari 2020 seharga 350 ribu dari toko Susanti Sport 88 @sopyanzamaludinhadad di Shopee. Di Shopee tertera barang dikirim, waktu saya cek resinya malah ke barang kiriman orang lain yang sudah sampai beberapa jam sebelum saya order. Kata penjual barang sudah dikirim dan kesalahan ada di pihak ekspedisi, suruh nunggu aja, sampai akhirnya masa garansi shopee habis, pesanan otomatis selesai, dan penjual tidak bisa dihubungi. Uang saya jadi hilang. Mohon bantuannya supaya bisa kembali kak, soalnya itu uang tabungan saya.

  • 29 Maret 2020 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Kasus yang sama..
    Uang saya 3,5 JT..
    Masih bingung mengadu ke siapa..
    Dari pihak Shopie sekedar menyatakan menunggu pihak terkait..

  • 19 April 2020 - (11:53 WIB)
    Permalink

    Hati-Hati Belanja Elektronik di Lazada dengan Harga yang Miring,
    “SUDAH BANYAK YANG TERTIPU, UANGNYA HILANG !!!”

    Konsumen tidak bisa melakukan complain apapun ke Lazada karena perusahaan besar dan tidak jelas kantornya dimana.
    Telp ke CS Lazada/Live Chat juga tidak bisa menyelesaikan masalah, Hanya formalitas mereka saja.

    Tujuan LAZADA harusnya sebagai perantara yang dapat dipercaya sebagai media pembeli dan penjual, Tapi menurut saya sistem di Lazada seperti bekerja sama dengan penjual yg berkedok Elektronik (nilai uangnya lebih besar), Untuk bersama-sama menipu pembeli.

    Tidak Habis Berpikir kenapa uang bisa di berikan ke pihak penipu, apabila pengembalian dana butuh proses 2 -5 hr kerja (Apalagi Nama penipu penerima uang jelas sudah tidak sama)
    Kenapa tidak di kembalikan ke data pemilik rekening asli yg sdh tertulis jelas di Lazada.

    Ini yg belum saya Pahami:
    (Apakah Lazada jg terlibat menipu kita sebagai pembeli dgn alasan kesalahan ada di pembeli ???), karena saya jumlahkan di Surat pembaca ini Nilainya sudah sangat besar untuk Kas Lazada.
    Mohon Jawaban dan Tangapan dari Lazada andai saya Salah atas Tulisan ini.

    Saya pribadi dengan no pembelian: 396429444795288 Sampai saat ini uang juga belum di kembalikan.

    Telepon CS Lazada tidak dpt menyelesaikan masalah, karena alasan sdh by sistem. (Uang di transferkan ke penjual karena data kita sdh di bajak).

    Kesimpulan saya:
    Beli barang Online di Sistem yang bisa di percaya saja, Jangan di tempat yang mudah di Bobol Sistem Data Konsumen.

  • 14 Mei 2020 - (15:19 WIB)
    Permalink

    sama kak saya kmaren habis tertipu di shopee… order smartphone bekas di penipu @anystiawanpranata seharga 1,6 jtaan, yg dikirim cuma boxnya… ketika sampai di saya, waktu itu pula akun shopee saya yerblokir di karenakan alasan keamanan…. pdahal saya ga ngapa2in,
    saya sudah kirim email ke shopee, sudah telpon ke cs shopee sampe 7x, bilangnya akan d prioritaskan… saya berharap beberapa jam dpt kembali login untuk mengajukan pengembalian, tapi nyatanya apa 2x 24 jam sampai sekrg blom bisa sama sekali,
    kecewa sama pelayanan shopee, pdhal saya termasuk pembeli yg sering belnja di sana, lemahnya perlindungan bagi pembeli sangatlah merugikan…. jawaban seluruh cs.nya pun sama…. suruh mnunggu 1-3 hari …. sangat kecewa karna mereka tak memperdulikan konsumen sperti saya yg jelas2 dlm keadaan genting, mereka tidak bisa menjanjikan uang saya kembali, pdahal saya sudah meminta agar menahan dana saya….. sangat kecewa
    bagi pengguna lain mohon berhati2 dlm berbelanja online, tidak ada e-comerce yg benar2 aman semuanya punya celah keamanan, jangn sampai sperti saya

    • 14 Mei 2020 - (16:27 WIB)
      Permalink

      Lain kali bayar paket COD saja pa. lebih aman. Semoga penjual itu dapat balasan setimpal atas perbuatannya dan menjadi pelajaran baginya agar tidak menipu seperti itu lagi. Mungkin penjualnya sudah butuh Skali duit sehingga menipu seperti itu.
      Yang jadi keheranan sistim shopy malah memblokir akun pengguna. Ada apa. Ini kan penipuan tidak terjadi dlm sistim pembayaran. Atau akun kena hack diretas. Tapi penipuan ini bersifat diluar sistim yaitu setelah selesai semua proses pembelian. Dengan mengirim barang hanya berupa DOS nya saja. Mestinya akun pengguna masih bisa login untuk membatalkan pesanan karena tidak sesuai.
      Tolong jg pihak shoppy menonaktifkan akun penjual

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja di Shopee?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Barang Tidak Diterima, Shopee Meneruskan Dana ke Penjual Tanpa Konfirm…

oleh alex_raja dibaca dalam: 1 min
22