Pengiriman Blibli.com Tidak Jelas dan Pelayanan CS yang Buruk

Saya melakukan pembelian barang di Blibli dikarenakan dari info di iklan-iklan, tingkat kepuasan konsumen tertinggi di Indonesia. Saya berharap dengan status tersebut kalau ada keluhan terkait pesanan akan segera diatasi. Paling tidak lebih baik dari olshop lain. Ternyata saya salah. Saya dilayani dengan buruk dan barang yang saya pesan hingga saat ini belum sampai.

Saya membeli TV TCL 29 inch di aplikasi Blibli pada 12 Juni 2019 dengan nomor pesanan 12030870204. Saya berharap bisa diantarkan sesuai dengan estimasi yaitu maksimal tanggal 17 Juni 2019. Kejanggalan mulai nampak pada 14 Juni 2019, dimana status pemesanan di aplikasi hanya tertulis sedang diproses. Saya telepon untuk komplain dan dibilang saya tidak perlu khawatir dan disuruh menunggu hingga 17 Juni 2019 sesuai dengan estimasi maksimal pengiriman barang.

Saya sudah cukup percaya dengan agen CS-nya. Saya sabar menunggu sampai tanggal 17 Juni 2019. Hingga waktu yang ditentukan, status pengiriman belum berubah yaitu “picked up oleh Alfatrex”. Saya resah dengan hal tersebut sehingga saya telepon ke CS Alfatrex dan dari informasinya ada dua opsi dari mereka. Barang akan dikirimkan atau barang akan dikembalikan ke Blibli karena pengiriman tidak menggunakan packing kayu.

Saya kemudian menghubungi Blibli via chat hingga tanggal 20 Juni 2019 karena statusnya masih sama dengan yang tanggal 17 Juni 2019. Pelayanan CS chat tidak memenuhi standar karena respon sangat lama. Saya desak terus CS chat-nya karena statusnya nggak berubah sama sekali. Akhirnya mereka menginfokan tanggal 21 Juni 2019 akan dibantu ubah pengiriman menjadi JNE karena tanggal 20 Juni 2019 sudah melewati jam kerja.

Tanggal 21 Juni 2019 sudah tiba namun tidak kunjung berubah status pemesanan di aplikasi. Saya telepon dan terhubung dengan CS. Saya diinfokan pelaporan masih dalam penanganan. SLA sudah hampir kelar tapi masih dalam proses. Bisa dibayangkan betapa sebelnya saya di waktu itu. Saya kemudian dihubungi oleh Customer Relation bernama Ayie. Ybs menginfokan laporan saya akan diprioritaskan dan bilang Senin 24 Juni 2019 akan dibantu pembuatan new order untuk pengiriman ulang. Ybs juga janji dengan kondisi apapun akan menghubungi saya pada Senin 24 Juni 2019 namun tidak memenuhi janji tersebut.

Tanggal 26 Juni 2019 malam saya menghubungi call center kembali karena naik pitam dengan pesanan yang tidak kunjung kelar dari Blibli. Saya terhubung dengan Hardi dan saya meminta dihubungkan ke Ayie namun tidak dilakukan. Saya meminta dihubungkan ke Team Leader tapi Team Leader tidak ada yang bertugas. Bayangkan satu perusahaan Customer Service besar tidak ada Team Leader buang bertugas.

Tanggal 27 Juni 2019 pagi saya shock karena status barang sudah terkirim namun saya menghubungi orang rumah barang belum sampai. Saya benar-benar kecewa dengan waktu pengiriman yang molor dan pelayanan CS yang tidak memenuhi standar. Saya juga menyayangkan tidak adanya koordinasi antara Blibli dan pihak ekspedisi.

Muhammad Abdul Latif
Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Blibli.com:
[Penilaian Rata-rata: 2.5]
Tanggapan Blibli.com atas Surat Bapak Muhammad Abdul Latif

Halo Bapak Muhammad Abdul Latif, Pertama-tama, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak Muhammad Abdul Latif berbelanja di Blibli.com. Terkait...
Baca Selengkapnya

Tentang Penulis
Muhammad Abdul Latif  

A person who seeks the truth

6 komentar untuk “Pengiriman Blibli.com Tidak Jelas dan Pelayanan CS yang Buruk

  • 27 Juni 2019 - (15:27 WIB)
    By the way, follow up macam apa yang over SLA dan barang belum dikirim? Itulah pelayanan customer service dengan tingkat kepuasan tertinggi di Indonesia? Si Customer Relation Ayie pada tanggal 21 Juni 2019 janji akan menghubungi saya pada 24 Juni 2019. Hal itu tidak ada realisasi. Follow up tidak berguna jika status masih dalam proses terus dari awal.
    • 27 Juni 2019 - (17:58 WIB)
      Yah, tingkat kepuasan tertinggi kan dibandingkan dengan yang lain2nya. Nilai angkanya kan unknown. Bisa jadi nilai angkanya kepuasan 70%, sedangkan kompetitor2nya 50%.

      Jadi mungkin pola pikirnya begini: bli2 aja yang “tingkat kepuasan tertinggi” seperti ini realitanya, bagaimana coba yang lain2nya LOL.
      Ya memang beginilah kondisinya, sangat minim perlindungan maupun penegakan hak konsumen. Kalau konsumen yang luput/miss, korporasi tidak segan2 memakai tindakan keras & bahkan cenderung semena-mena (contoh misalnya di toko ijo); sebaliknya kalau korporasi yang miss, konsumen HARUS puas sekedar menerima ucapan “mohon maaf atas ketidak-nyamanannya.”

      • 27 Juni 2019 - (18:11 WIB)
        Sekedar share, saya pernah berbelanja di OL shop di Amrik (deliver ke rumah saudara di sana yah, susah kalau deliver ke sini wkwkwk). Karena ada sesuatu masalah (saudara saya yang menerima mengatakan ada part yang kurang, & dia sudah kirim foto ke saya), saya live chat dengan CS nya (posisi saya di Ind). & bagaikan bumi & langit beda experiencenya: keluhan saya di-acc langsung di live chat itu juga (gak ada ceritanya mesti mengirimkan e-mail + video unboxing dll segala tetek bengek) & partial refund ke KK (diskon karena ada part yang kurang tersebut) pun langsung dieksekusi SAAT ITU JUGA.

        Beberapa hari kemudian saya cek via internet banking, refund sudah masuk. Gak pake 14 hari kerja ni ye.

        Ya begitulah bedanya LOL.

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Blibli.com Tidak Jelas dan Pelayanan CS yang Buruk

Muhammad Abdul Latif 2 menit
6