Layanan Komplain Pembeli Bukalapak

Saya melakukan tiga transaksi di situs bukalapak.com, dari tiga transaksi tersebut (nomor transaksi 192219201701, 192219201646, dan 192225652833) hanya yang terakhir yang tidak bermasalah.

Saat saya mengajukan komplain di aplikasi Bukalapak, penjual untuk transaksi 192219201701 tidak menanggapi sama sekali, padahal saat diskusi sebelum transaksi sangat antusias. Kemudian saya mengambil inisiatif menelepon ke call centre Bukalapak, yang ditanggapi agar menunggu hingga ada respon dari penjual dan agar merespon dalam waktu 2×24 jam atau komplain ditutup. Singkat kata, untuk transaksi ini akhirnya saya tutup dan batalkan karena kecewa.

Transaksi kedua (192219201646) juga mengalami hal yang sama, yaitu barang cacat/pecah. Begitu saya terima, setelah saya foto langsung saya mengajukan komplain. Penjual kemudian merespon 2 hari kemudian (sebelum tenggat waktu habis) dengan menanyakan bagian mana yang pecah. Saya saat itu juga merespon dengan harapan masalah ini dapat diselesaikan, namun hingga saat ini belum ada respon dari penjual maupun admin Bukalapak.

Apakah tidak ada tanggung jawab dari pihak Bukalapak untuk menengahi masalah ini? Saya mendapat gambaran bahwa penjual dengan sengaja menunda respon hingga batas akhir dengan harapan bahwa konsumen akan lupa. Saya juga mendapat gambaran bahwa situs ini kurang memperhatikan keamanan konsumen, terlihat dari tidak adanya fitur untuk meminta bantuan admin untuk menengahi masalah dan lamanya batas waktu yang diberikan untuk merespon. Selain itu juga kemampuan penjual untuk menghapus penilaian dan reputasi buruk dari konsumen atas pelayanan mereka yang tidak fair karena menghapus rekam jejak.

Rahadyan Sudibyo
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai BukaBantuan Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 3.3]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Rahadyan Sudibyo

Jakarta, 16 Juli 2019 Kepada Yth. Pengelola Rubrik Surat Pembaca MediaKonsumen.com Perihal: Tanggapan Surat Pembaca tanggal 15 Juli 2019 yang...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Layanan Komplain Pembeli Bukalapak

  • 18 Juli 2019 - (14:39 WIB)
    Terimakasih atas tanggapannya.

    Akan tetapi, masalah ini belum selesai. Hari ini, tanggal 18 Juli 2019, barang pengganti yang dijanjikan sampai, akan tetapi saat packing dibuka ternyata kembali sudah pecah. Saya kembali meneruskan pembicaraan di kolom diskusi bahwa barang pengganti MASIH rusak, dan semenit kemudian komplain tersebut ditutup oleh admin dan dianggap selesai.

 Apa Komentar Anda mengenai BukaBantuan Bukalapak?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Layanan Komplain Pembeli Bukalapak

Rahadyan Sudibyo 1 menit
3