Tokopedia Menutup Toko Saya Secara Sepihak Tanpa Pemberitahuan

Saya adalah pelanggan setia Tokopedia. Memang saya lama tidak aktif berjualan di Tokopedia. Saat saya mau memulai berjualan lagi, tiba-tiba saya melihat toko saya sudah dimoderasi permanen dan tidak bisa dipakai lagi. Saat saya menghubungi CS Tokopedia mereka memberikan alasan:

Syarat dan ketentuan Tokopedia Point E No. 6 yaitu:

“Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa Tokopedia berhak melakukan moderasi toko Penjual apabila Penjual melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan Barang milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.”

Sementara saya hanya melakukan pelanggaran pernah membatalkan pesanan dikarenakan stok saya sudah terjual, dan sangat wajar karena saya berjualan tidak hanya di Tokopedia saja. Namun Tokopedia tanpa melakukan pemberitahuan terlebih dahulu dan langsung menutup toko saya, tanpa saya mengetahui kesalahan apa saja yang saya perbuat.

Tokopedia dengan sengaja menuduh saya dengan memberikan pasal syarat ketentuan tersebut. Kecuali pembatalan pesanan, saya tidak merasa melakukan tindakan untuk memanipulasi bahkan melakukan kecurangan yang dimaksud.

Saya pelanggan setia diberlakukan seperti ini? Bahkan saya sudah banyak melakukan transaksi pembelian di Tokopedia. Saya selalu membanggakan Tokopedia, tapi Tokopedia memperlakukan pelanggan setianya seperti ini?

Akun saya di Tokopedia sudah terverifikasi dan saya juga sudah memiliki PayLater. Namun jika akun toko saya ditutup, lalu buat lagi harus verifikasi lagi? Berarti saya punya akun ganda? Apakah hal tersebut justru saya melakukan pelanggaran? Hal ini yang disarankan agar saya membuka akun baru lagi?

Saya sangat kecewa atas tindakan Tokopedia yang menutup akun toko saya sepihak tanpa melakukan pemberitahuan dan tanpa memberi kesempatan untuk saya perbaiki.

Candra Setyo Wicaksono
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Penilaian Rata-rata: 3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Tokopedia Menutup Toko Saya Secara Sepihak Tanpa Pemberitahuan

  • 7 September 2019 - (09:58 WIB)
    Saya tidak tahu menahu & tidak paham bagaimana syarat & ketentuan soal toko di situ, mungkin ada peraturan batas maksimal non aktif atau apa, saya no comments soal itu.

    Yang saya mau komen, betul, jangan sampai terjebak itu saran disuruh bikin identitas ganda. Entar kalau ada masalah di belakang karena kesamaan data, alamat, rekening dll, terus siapa yang mau tanggung jawab?
    CS yang ngasih saran itu mau tanggung jawab?
    Jangan2 CS2/bot2 yang jawab2 itu semua rotating aja setiap beberapa bulan, jadi gak bakal bisa ditemui lagi di masa depan.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Menutup Toko Saya Secara Sepihak Tanpa Pemberitahuan

candra setyo wicaksono 1 menit
1