Refund tiket.com Tidak Kunjung Cair

Pada tanggal 4 September 2019 saya memesan tiket pesawat melalui tiket.com dengan nomor ID pemesanan: 85808724. Pemesanan dinyatakan kedaluwarsa, kemudian saya menghubungi tiket.com melalui chat WA dan dibuatkan laporan dengan nomor laporan: 02008502 yang katanya akan diteruskan ke pihak terkait. Saya melengkapi semua data yang diperlukan untuk proses refund. Tiket.com menjanjikan proses dengan estimasi 14 hari (tidak menutup kemungkinan bisa lebih cepat).

Tanggal 10 September 2019 saya menyadari kesalahan saya pada saat memberikan nomor rekening yang tidak lengkap. Saya menghubungi tiket.com melalui chat WA dan memberikan koreksi data nomor rekening. Sekaligus melalui chat WA tersebut, saya diminta melengkapi foto halaman depan buku tabungan dan mutasi rekening dari 4 September 2019 sampai dengan 10 September 2019. Semua itu sudah saya lengkapi melalui chat WA saat itu juga. Kemudian saya diberikan nomor pelaporan yang baru: 02042607.

Pada tanggal 16 September 2019 saya mencoba chat WA untuk mengetahui proses refund dana saya yang tidak kunjung cair juga, dan hanya dijawab lagi bahwa sedang dilakukan proses pengecekan oleh pihak terkait.

Tanggal 20 September 2019 saya chat WA diinfokan untuk cek mutasi rekening 6 september, setelah saya cek tidak ada dana masuk. Tanggal 20 September 2019 saya coba untuk follow-up melalui email, dan ditindaklanjuti dengan lagi-lagi meminta data rekening dan foto halaman depan buku tabungan. Hal tersebut pun sudah saya turuti dengan segera memberikan data sesuai yang diminta oleh tiket.com.

Tanggal 23 September 2019 saya hubungi melalu telepon ke CS tiket.com, lagi-lagi diberikan jawaban bahwa akan diteruskan ke pihak terkait tanpa ada suatu kepastian kapan dana refund saya akan dikembalikan.

Tanggal 27 September 2019 kembali saya hubungi tiket.com melalui chat WA dan lagi-lagi saya harus kecewa dengan hanya mendapatkan jawaban bahwa sudah dilakukan refund tanggal 6 September 2019. Dimana pada mutasi rekening yang saya lampirkan 4-10 September sama sekali tidak ada dana refund yang masuk. Bahkan sampai hari ini masih belum ada pengembalian dana refund yang dijanjikan. Sungguh sebuah kekecewaan yg mendalam dengan begitu ribet dan tidak profesional nya tiket.com dalam mengurus refund dana pelanggannya.

Edy Ping
Pontianak, Kalimantan barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai tiket.com:
[Total:1    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan tiket.com atas Surat Bapak Edy Ping

Sehubungan dengan surat pembaca di mediakonsumen.com tanggal 27 September 2019 yang ditulis oleh Bapak Edy Ping yang berjudul “Refund tiket.com...
Baca Selengkapnya

Loading...

Satu komentar untuk “Refund tiket.com Tidak Kunjung Cair

  • 27 September 2019 - (13:00 WIB)
    Permalink

    Seperti yang sudah menjadi keyakinan saya, proses pengiriman dana dari korporasi/institusi ke konsumen (“refund”) sering kali/kebanyakan berlangsung berlarut-larut, seakan-akan (dari sudut pandang positif) birokrasi (proses verifikasi dll) yang harus dilalui sangat tidak efisien, ataupun (dari sudut pandang negatif) nampak seperti enggan & sengaja diperlama untuk semaksimal mungkin menahan uang konsumen.

    Jauh bertolak-belakang dengan alur arah sebaliknya (“pembayaran” dari konsumen ke korporasi/institusi) di mana semua korporasi/institusi “bersepakat” untuk memberikan jangka waktu yang (super) singkat di mana keterlambatan 1 detik pun berakibat batalnya transaksi ataupun lebih fatal lagi (dalam kasus “pembayaran cicilan/hutang”): menjurus ke teror maupun pengaktifan para DC.

    Hanya SEDIKIT SEKALI korporasi/institusi yang memiliki kesadaran & martabat/harga diri untuk mengusahakan agar reputasi/nama baiknya tetap terjaga dengan semaksimal mungkin mengupayakan yang terbaik (bagi konsumen) dalam melaksanakan proses refund tersebut. Saya sangat menghargai korporasi/institusi yang demikian, & akan lebih termotivasi untuk bertransaksi dengan mereka.
    & sudah jelas terlihat (dari beberapa SP yang tayang di sini) bahwa tiket.com tidak termasuk di kelompok tersebut.

 Apa Komentar Anda mengenai tiket.com?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Refund tiket.com Tidak Kunjung Cair

oleh Edy Ping dibaca dalam: 1 min
1