Pengembalian Dana/Refund Bukalapak Lama

Ijin share unek-unek tentang BUKALAPAK /BL.

Berawal dari saya membeli HP Xiaomi Note 7 RAM 4 GB dengan harga 2 juta lebih dikit banget, dengan nomor transaksi 192433891675 dan nomor tagihan BL1913VI73NQINV pada tanggal 27 September 2019. Awalnya saya tertarik dengan harganya yang murah (2 juta lebih dikit) dibanding toko sebelah, alhasil saya chat si pelapak yaitu HELMYPHONE untuk menanyakan ketersediaan barang dan warna hp yang saya inginkan. Singkat cerita, si pelapak langsung mengirimkan WA pribadi kepada saya dengan alasan bertanya tentang pengisian data untuk keperluan ASURANSI.

Awalnya saya curiga karena di Situs BL juga sudah menyediakan Asuransi untuk barang yang ingin kita beli (asuransikan dalam pengiriman), dan anehnya si pelapak mengirimkan situs abal-abal yang menyerupai BUKALAPAK. Setelah itu, saya melaporkan kepada pihak BUKALAPAK tentang kejadian tersebut denggan melampirkan screenshot percakapan di link phishing tersebut.

Pada tanggal 27 September 2019 di hari yang sama setelah saya mengajukan Laporan phishing, pelapak dengan nama HELMYPHONE langsung dibekukan, ada bukti saya dapat pemberitahuan dari administrator Bukalapak. Setelah saya tahu jika pelapak tersebut dibekukan, saya mencoba me-refund uang yang telah saya setor ke Bukalapak. Saya sudah menghubungi CS BL akan tetapi saya disuruh untuk bersabar (4×24 jam ). Di hari berikutnya (tanggal 28 September 2019) saya membaca tentang term Pengajuan REFUND DANA dan di sana tertulis di butir ke-3 bahwa “Akun Pelapak di non-aktifkan karena melanggar ketentuan”.

Yang jadi pertanyaannya, setiap saya bertanya kepada CS BL pasti akan dijawab “Sedang ditanggani oleh TIM TERKAIT ” dan disarankan menunggu selama 4×24 jam “LAGI”. Dan sampai hari ini tanggal 4 oktober 2019 , saya tidak diberitahu tentang KEJELASAN tentang DANA atau BARANG saya yang saya pesan.

Jujur saja, saya baru 1 kali ini dapet penggalaman untuk me-refund dana dan JUJUR SAYA KECEWA terhadap PELAYANAN keluhan di BUKALAPAK. Saya MOHON dengan SANGAT kepada Bukalapak dan TIM YANG TERKAIT supaya segera MENYELESAIKAN KELUHAN saya. Mungkin saya hanya 1 dari beribu-ribu pelanggan setia Bukalapak, tapi saya mohon dengan sangat “Jangan mempersulit dan mengulur-ulur keluhan saya”.

Matur suwun dan Sukses selalu.

Nutra Canggih Eko P
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 2.7]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

11 komentar untuk “Pengembalian Dana/Refund Bukalapak Lama

  • 7 Oktober 2019 - (15:53 WIB)
    Saya adalah korban yg nomor sekian dan kemungkinan ada lagi korban selanjutnya setelah saya. Tgl 22 sept 2019 saya saya ada transaksi beli mesin cuci dgn nama pelapak ufo yogyakarta yg ternyata adalah penipu, setelah saya bayar via gerai indomaret pembayaran berhasil tapi sama pelapak transaksi dibatalin dgn ada kepentingan mendadak, dana otomatis masuk ke dompet saya, awalnnya saya tdk kewatir krn per tgl 25 feb 2019 tapi hanya bisa dimutasi ke dana, singkat cerita hari itu awal saya di habisin sampai 1.3 juta. Disini saya ambil suatu kesimpulan ada mafia di tubuh bukalapak disamping itu bukalapak tdk bisa action sedikitpun untuk bertanggungjawab melindungi pembeli.
    Pertanyaan 1: info dari CS ke saya dompet memang tdk bisa digunakan untuk pembelian barang tapi bisa digunakan beli pulsa (apa beda beli barang dgn beli pulsa) anehkan, dompet saya di bobol penipu untuk beli pulsa
    Pertanyaan 2: Bukalapak sudah terima laporan dari saya tapi kenapa tdk ada tindakan misal lapor polisi, kan data2 pelapak disimpan oleh bukalapak, kalau saya yg lapor jelas sudah krn saya tdk punya data pelapak penipu tapi, seharusnya bukalapak kebakaran jenggot donk tempat usahanya diobok obok maling (saya anggap bukalapak ada kerjasama nich sama maling) kan aneh maling teriak maling didepan polisi apa takut jaringannya terbongkar
    Pertanyaan 3: kenapa pembayaran yg tdk bisa proses baliknya ke dompet, kan sudah tahu dompet tdk bisa digunakan, kenapa tdk balik ke dana yg mana pembayaran awal juga via dana, ini bisa kebaca modusnya waktu uang ngendon di dompet adalah kesempatan mafia2 bulalapak, coba kalau balik uangnya ke dana kan bisa langsung dipakai beli lagi akhirnya hilang deh kesempatan malingnya
    Pertanyaan 4: Bukalapak blokir saldo saya. sepihak tapi kenapa penipu bisa gunakan saldo saya dan curi uang saya tapi saya tdk bisa berbuat apa2 meskipun hanya untuk mutasi ke dana, dgn alasan saldo diblokir untuk keamanan atau memberi kesempatan bukalapak untuk menggerogoti uang pelanggan
    Pertanyaan 5: mengapa saya diminta syarat kirim foto Ktp dan buku tabungan serta bukti pembayaran, seharusnya dgn klarifikasi pakai pin yg dikirim via sms atau email saya kan bisa spt halnya yg dilakukan penipu ke saya, saya curiga jangan2 KTP dan buku tabungan dipakai bobol tabungan saya nich

    Itulah pengalaman saya yg terjadi memakai aplikasi bukalapak, tdk ada jaminan bukalapak untuk pembeli yg sudah jadi korban spt saya, apa yg saya cerita diatas benar adanya, para pembaca bisa compare dgn penulis yg senasib dgn saya, silahkan dianalisa dan logika keganjilan2 tsb buat dasar dan pertimbangan apakah saudara2 masih percaya pakai aplikasi bukalapak???? Kalau saya tdk mau jadi orang bodoh yg nomor sekian pakai aplikasi bukalapak meskipun sampai kapanpun saya tdk tahu uang saya diblokir sepihak oleh bukalapak

  • 7 Oktober 2019 - (16:15 WIB)
    Hati2 bagi saudara2 karena dari pengalaman saya, karena bukalapak didalamnya ada mafia penipu yg berusaha menyusup untuk menghancurkan bukalapak, tapi kita sbg konsumen tdk mau donk jadi korbannya, saran saya logout dari aplikasi bukalapak
    • 7 Oktober 2019 - (16:23 WIB)
      Kenapa bukalapak masih list pelapak yg sudah diblokir bukankah ini memang disengaja untuk menjebak pembeli agar transaksi batal dan uang masuk dompet, ini kesempatan mafia bukalapak curi uang kita… Masuk akal kan logika saya
  • 7 Oktober 2019 - (17:05 WIB)
    Saya juga mendapatkan masalah yg sama mengenai dana refund dari bukalapak..transaksi saya 192437050610 untuk pembelian jam tangan led yg senilai 6.900 rupiah..memang kecil jumlahnya tapi sampai 2 hari tidak ada progres yg berarti,.dana tidak kunjung di refund ke buka dompet..berawal dari pembelian jam tangan led dari salah satu pelapak yg cacat produksi,,saya complain return barang,,dan disetujui admin,,ketika saya retur barang itu kembali,dg alasan yg gak jelas..penjual tidak mengirim kembali barang,,malah meminta refund dana saja ke pembeli,,dan disetujui admin, dan dana sudah diteruskan ke sipembeli tapi saya cek tidak ada dana masuk..saya sudah ajukan bantuan komplain ke admin bukanlapak..dan di jawab keluham ada sudah kami ajukan kepihak terkait..dan akan di beritahukan lewat email….lambat sekali penanganannnya..saya kecewa sekali dg bukalapak,,terlihat kurang profesional..semoga tidak dialami oleh customer lainnya..
    • 8 Oktober 2019 - (15:47 WIB)
      Perkembangan refund BL tgl 8 oktober 2019 ..

      . CS BL menghimbau saya untuk menganti password BL dan DANA AKAN DIREFUND JIKA AKUN SAYA DINYATAKAN AMAN …

      WHAT THE @#$%*# …

  • 8 Oktober 2019 - (01:19 WIB)
    Perkembangan saat ini .. Pada tgl 5 oktober 2019 , CS BL memberikan instruksi untuk foto ktp , buku tabungan .. Semoga semua ada titik terang dan pihak BL bisa lebih baik untuk merespon pelanggan dng lebih cepat ..

    Nb : masih diproses utk refund ( dana belum cair )

    • 8 Oktober 2019 - (13:48 WIB)
      update terus , kita mau liat bagaimana merespon kasus-kasus masalah DANA, saya juga jengkel sampai sekarang DANA di tahan (dibekukan) sepihak.
  • 8 Oktober 2019 - (13:52 WIB)
    .. Siyap kak.. Tapi yang paling berkesan dan buat saya jengkel .. Pasti ada kata kata ” mohon menunggu 4x24jam ” .. Entah lucu lucu emosi saya yg dapet email gitu mulu ..
  • 9 Oktober 2019 - (21:47 WIB)
    Perkembangan tgl 9 oktober 2019

    . Dana refund sudah saya terima , tidk kurang dan tidak lebih ..

    Saya menghimbau untuk teman teman , janggan jauhi aplikasinya , tp saya mohon be a smart buyer .. Harga miring itu belum tentu terjamin .. Apa lagi selisihnya bisa sampai 200k lebih .. Tapi memang untuk pengaduan REFUND memang saya akui LAMA , kurang lebih dari tanggal 27 september 2019 sampai tgl 9 oktober 2019 dana baru bisa cair ( masih harus menyertakan surat surat yang diminta pihak BL ) . Poin ke dua , harap MENYIMPAN BUKTI TRANSFER DANA . Karna itu sangat dibutuhkan sisaat anda ingin merefund uang anda ..

    Janggan jauhi aplikatornya tp be a smRt buyer …

    Semoga kedepannya pihak BL bisa lwbih memberi kepastian terhadap kita swlaku buyer untuk keperluan refund . Jangan di ulur ulur dan hanya bisa berkata 4x24jam ..

    Pokoknya terimakasih atas semua tanggapan kalian dan semoga sukses selalu media konsumen dan bukalapak ..

    Kasus ini saya nyatakan : CLOSED

    Waktu pengembalian dana terhitung : 12×24 jam .. Alias 12 hari ( 2 minggu kurang 2 hari )

  • 10 Oktober 2019 - (13:12 WIB)
    Saya kira seharusnya kan bisa lebih simpel, BL melakukan refund langsung ke rekening tabungan yang sudah diberikan oleh user, dengan nama yang identik, lengkap dengan kalau perlu foto selfie user ybs dengan KTP + buku tabungan tersebut.
    Kan beres, pasti aman. Kecuali kalau kemudian argumentasinya: lah kan bisa saja foto selfie di bawah todongan senjata (kebanyakan nonton film ni ye…).

    Memang sudah nyata dari ngototnya BL untuk cuma bisa refund ke dompet (di mana akhirnya harus user sendiri yang request tarik dana ke rekening, & itu pun bisa di-pending/ditunda sampe berlama-lama), bahwa “dana orang” di dompet bisa dipake sementara waktu oleh BL.
    Seharusnya regulator jangan mau ditipu/dipermainkan macam begini, katanya gak dikasih izin, tapi kalau prosesnya kayak gini ya namanya cuma sekedar permainan lah.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana/Refund Bukalapak Lama

kuhaku chishika 1 menit
11