Sulitnya Penyelesaian Komplain di Bukalapak

Kronologi awal adalah saat saya membeli barang dari satu seller di Bukalapak dengan nomor transaksi: 192429418860 pada tanggal 25 September 2019, dimana hasil tracking menunjukan barang rusak dalam pengiriman. Otomatis saya mengajukan komplain kepada Bukalapak terkait refund. Saya pun sudah berkoordinasi dengan penjual terkait masalah ini. Hasilny: Disuruh menunggu 3×24 jam untuk info dan disuruh menghubungi kembali bila tidak selesai.

Setelah menunggu sekian lama tidak ada tanda penyelesaian, akhirnya saya mengajukan komplain ulang dan disuruh menunggu kembali 7×24 jam dengan alasan sudah dilaporkan kepada “tim terkait” yang mana setiap pertanyaan dijawab dengan jawaban template “kami memahami masalah anda”. Ditunggu tidak ada jawaban juga via email dan akhirnya tadi saya pertanyakan ulang, jawaban yang sama “disuruh menunggu tim terkait”. Saya jadi penasaran bagaimana kerjanya “tim terkait” ini.

Kasus kedua terjadi pada tanggal 23 Oktober 2019 dimana saya transaksi pembelian barang nomor transaksi: 192492062576. Ada indikasi penipuan, dimana penjual mengarahkan saya untuk membuka blokir katanya lewat telepon. Saya sedikit paham dengan teknik phishing dan modus penipuan online karena banyaknya berita. Akhirnya saya memutuskan untuk membatalkan pesanan saya yang sudah dibayar dimana saya menginfokan juga kepada Bukalapak terkait ini lewat BukaBantuan.

Saya menginfokan indikasi penipuan, dan ditanya oleh CS-nya apakah saya mau membekukan Bukadompet. Saya jawab tidak perlu karena tidak ada informasi pribadi yang saya katakan sama sekali kepada tersangka penipu itu. Ujung-ujungnya dijawab template lagi, akan diurus “tim terkait”. Dan disuruh menunggu 1×24 jam. Bisa ditebak hasilnya nihil dan penjual yang saya laporkan itu masih bebas berkeliaran di Bukalapak dengan membuka iklan baru yang sama mencari korban baru.

Jadi kesimpulan pendapat saya, saat ini sepertinya karyawan Bukalapak tidak cukup peduli terkait keamanan konsumennya, hanya himbauan semata tanpa ada tindakan berarti. Saya melaporkan juga karena saya peduli jangan sampai orang lain jadi korban penipuan. Sampai saat ini pun dana saya masih tertahan di Bukalapak dengan nominal yang tidak sedikit karena pembatalan transaksi ini.

Mohon sekiranya bagian atasan Bukalapak untuk mengontrol kembali kinerja karyawannya yang bernama “tim terkait” itu agar orang bisa nyaman belanja di Bukalapak. Bila ada pernyataan “banyak sekali yang harus kami urus tidak cuma Anda, jadi mohon bersabar” artinya itu bisa jadi indikator banyaknya masalah dalam manajemen Bukalapak sehingga banyak yang komplain.

Terima kasih, semoga ada tanggapan.

Lucky Maulana
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:17    Rata-Rata: 1.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

8 komentar untuk “Sulitnya Penyelesaian Komplain di Bukalapak

  • 28 Oktober 2019 - (13:40 WIB)
    Permalink

    komplain saya malah 10 hari baru selesai bro,refund dana saya 3 hari baru cair
    “tim terkait” itu kerjanya cuma mantau thok! atau jangan-jangan bot semua?
    saya menghubungi call centre 4 kali,sekali telpon rata-rata pulsa habis 50 ribu,belum bukabantuan,live chat,email,web,fb,twitter semua tak ajukan komplain,pegel pokoke!
    padahal kita hanya menuntut hak konsumen doang
    jadi nggak salah dong yang lalu saya buat SP judulnya Amburadul

    • 29 Oktober 2019 - (01:04 WIB)
      Permalink

      Saya rasa bukabantuan adalah hal yg paling tidak berguna dan tidak layak disebut bantuan, karena jawabannya cuma satu : “menunggu ketidakpastian”
      Karena selama ini bukabantuan hanya untuk meredam kasus, bukan menyelesaikan. Sampai detik ini email yg saya terima malah pembekuan bukadompet. Yang mana makin memperpanjang proses komplain saya. Terimakasih untuk infonya bro, kedepannya mungkin saya tidak akan pakai lagi bukalapak.

    • 29 Oktober 2019 - (14:40 WIB)
      Permalink

      Update tanggal 29/10/2019

      Perihal pembekuan bukadompet sudah selesai dan dana saya yg tertahan dari transaksi 192492062576 juga sudah kembali setelah akhirnya tgl 28/10/2019 saya mendatangi langsung kantor bukalapak di Kemang88. Sepertinya yg ngurusin chat Bukabantuan ada miss-management dgn pihak csm bukalapak sendiri sehingga terjadi pembiaran komplain jadi paham borok nya dimana. Buktinya datang langsung ke kantor langsung diurus. Tinggal menunggu transaksi 192429418860 yg sudah mangkrak sebulan. Saran saya untuk kemajuan Bukalapak, pecat saja orang yg mengurusi chat Bukabantuan sebelum nama Bukalapak hancur.

      • 29 Oktober 2019 - (15:02 WIB)
        Permalink

        situ enak,tinggal nggak jauh dari BL. lha orang seperti saya ini yang repot!
        saya trauma berat belanja di BL,mending toped,lazada,shopee atau yang lainnya!
        uang saya sebesar 8jutaan itu nggak sedikit,saya diharuskan pasrah kehilangan

    • 30 Oktober 2019 - (07:04 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai pelapak bukalapak sudah menunggu dari tgl 24 oktober barang sdh diterima namun belum masuk ke dompet dananya, mohon team terkait bisa menyelesaikan masalah saya ini no tiket saya 17219970, mohon untuk d percepat penyelesaiannya

      • 31 Oktober 2019 - (11:47 WIB)
        Permalink

        Per tanggal 30/10/2019 akhirnya semua permasalahan saya ditanggapi dan diselesaikan dengan cepat. Mungkin buat siapa saja yg terkena masalah perihal dana dibukalapak saran saya jika dekat langsung datangi kantor csm nya karena sampai saat ini di media manapun saya masih melihat banyak komplain terkait pelayanan chat bukabantuan yg sangat lemot dan tidak berguna. Untuk bukalapak terimakasih semoga kedepannya bisa diperbaiki pelayanannya terutama yang saya garisbawahi adalah pelayanan Chat Bukabantuan yang sangat-sangat amatiran untuk e-commerce sekelas bukalapak.terimakasih

        CASE CLOSED!

  • 31 Oktober 2019 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Tgl 30 sya lgs mndatangi kantor bukalapak perihal dana yg tertahan, hanya 10 menit lgs cair, bagi yang memiliki masalah memang baiknya lgs datangi langsung

  • 13 November 2019 - (05:49 WIB)
    Permalink

    Lain halnya dengan saya, sebagai buyer merasa kecewa kepada pihak Bukalapak, saya merasa pihak Bukalapak lebih berpihak ke penjual/pelapak daripada pembeli.
    saat tulisan ini saya buat, sya masih disarankan menunggu 1x24jam untuk kedua kalinya oleh pihak BL, setelah tiga-empat kali komplain dan disuruh menunggu 1x24jam tapi belum ada hasil.
    kronologisnya yakni berawal saya belanja di KVS distribution yakni toko perlengkapan/alat Vape. setelah sy memilih items yg sy akan order, sy memilih salah satu ekspedisi yg memang ditentukan oleh pelapak sendiri (TIKI) jika ada pemesanan baterai, guna menghindari tidak lolos cek dibandara. akan tetapi, setalah barang dikirimkan ternyata Malah tidak lolos bandara dan dikembalikan lagi ke pengirim. tetapi selama itupula tidak ada penyelesaian dari pihak bukalapak untuk refund dana ataupun memberikan kejelasan solusi dari transaksi tersebut. malahan pihak BL menyarankan saya agar menghubungi pelapak dan meminta untuk mengirimkan kembali barang tsb dengan membebankan ongkir kali kedua kepada saya selaku pembeli. sangat tidak adil bukan? sedangkan saya memilih ekspedisi yg disarankan pelapak. bukan kesalahan saya sbg pembeli.
    sampai tulisan ini saya muat, belum ada titik terang kelanjutan transaksi saya, begitupula dana saya masih bergantung di transaksi dan blm bisa di refund. pihak BL seakan menunggu tindakan dari pelapak. sedangkan pelapak sudah tidak kooperatif, walaupun di hubungi via chat, hanya di read saja tidak ada respon apapun. sehingga saya juga merasa rugi waktu karena sudah berlarut” tapi belum ada solusi. bukabantuan jawaban 1x24jam, sangat tidak berguna sekali.

    Nb:
    – 192519517201
    – memulai transaksi tanggal 5-11-2019
    – informasi retur pihak kurir setelah saya tanyakan kejelasan barang sy, tgl 9-11-2019
    – komplain ke BL dan pelapak sejak tanggal 9-11-2019 sampai 13-11-2019
    belum ada solusi dan kejelasan. dan disuruh menunggu lagi 1x24jam.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Penyelesaian Komplain di Bukalapak

oleh Lucky Maulana dibaca dalam: 1 min
8