Refund Kelebihan Pembayaran Home Credit Tidak Jelas dan Tidak Direspon

Tanggal 05 November 2019 saya melakukan pembayaran angsuran Home Credit senilai Rp1.657.100 lewat BCA-VA, tapi kelebihan digit jadi nominal yang ditransfer sebesar: Rp16.577.100 (kelebihan Rp14.920.000). Saya telah melakukan pengajuan pengembalian dana kepada pihak HCI pada tanggal 05 November itu juga, dengan melampirkan semua permintaan bukti pembyaran dan surat pernyataan.

Pada tanggal 6 November 2019 saya ditelepon lagi oleh pihak Home Credit bahwa email saya sudah masuk dan sudah diverifikasi, tinggal menunggu pencairan 2 hari kerja. Setelah saya menunggu, sampai tanggal 8 November 2019 tidak ada sama sekali pihak HC yang menelpon saya. Saya telepon lagi CS-nya, katanya menunggu lagi sampai hari Senin.

Tiba hari Senin saya menunggu telepon dari pihak HCI tidak ada juga. Akhirnya saya telepon lagi, dan saya mendapat pernyataan baru dari CS atas nama Nadia bahwa: “Semakin tinggi nominal pengembalian, maka prosesnya semakin lama”. Saya tidak terima dengan pernyataan ini. Saya kan sudah melengkapi berkas semua dan saya minta hak saya, bukan hak kalian.

Untuk pihak Home Credit,  mohon ditindaklanjuti masalah ini.

Merlin Toengi
Kota Gorontalo

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Home Credit Indonesia:
Tanggapan Home Credit Indonesia kepada Ibu Merlin Toengi

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Merlin Toengi di MediaKonsumen.com tanggal 11 November 2019 pada kolom...
Baca Selengkapnya

Loading...

7 komentar untuk “Refund Kelebihan Pembayaran Home Credit Tidak Jelas dan Tidak Direspon

  • 11 November 2019 - (18:10 WIB)
    Sebenarnya HC tinggal mengembalikan kelebihan pembayaran nasabah, selesai. Tapi, kenapa begitu sulit mereka untuk mengembalikan uang nasabahnya?

    Beda kalau nasabah telat bayar, denda bisa mencekik leher dan tiap detik ditelepon. Kalau nasabah kelebihan bayar mereka banyak alasan.

    Penting untuk sangat berhati-hati soal pembayaran, jangan sampai keliru dan salah transfer, karena sangat sulit dan bertele-tele untuk meminta pengembalian, jangan sampai kelebihan satu rupiahpun.

    • 11 November 2019 - (19:46 WIB)
      Iya betul sekali, memang ini kelalaian saya sendiri sebagai manusia. Tapi saya tidak pernah telat dalam pembayaran angsuran selalu tepat waktu juga. Dan dalam msalah ini sudah saya lengkapi semua permintaan mereka. Tapi setiap hari saya yang mengubungi mereka untuk pengembaliannya yang sampai sekarang tidak jelas.
      Padahal kelebihannya banyak. Dan mngkin juga itu tidak seberapa dengan keuntungan mereka
  • 11 November 2019 - (20:13 WIB)
    Paling mantap tuh kata2nya: “Semakin tinggi nominal pengembalian, maka prosesnya semakin lama.”
    Ternyata HC sendiri mengakui bahwa dirinya bukan institusi besar (ternama) yang mengarah ke skala nasional atau bahkan internasional, tapi hanyalah institusi kacangan yang kelihatan duit 16 juta “saja” langsung tidak rela ketika diminta balik.
    Karena kalau sebaliknya, institusi besar & ternama berskala nasional ataupun internasional, duit 100 juta pun kalau salah transfer dari konsumen ya akan langsung dikembalikan, tanpa perlu nunggu lama supaya berbunga harian dulu…
    • 11 November 2019 - (21:16 WIB)
      bikin ngakak itu kata²nya, “Semakin tinggi nominal pengembalian, maka prosesnya semakin lama.” semena-mena ama duit orang, nggak mikir apa kali aja mau urgent/segera dipakai buat keperluan pribadi.
      • 12 November 2019 - (07:35 WIB)
        Betul sekali pak.
        Semena mena dengan duit orang. Giliran konsumen lain terlambat bayar sehari di telpon melulu. Giliran kelebihan pembayaran harus kt yg kejar2 sampai berminggu minggu. Dasar kayak maling gituu, gak ada kepastian ngembaliin hak nasabah yg 15jtan🥺
    • 12 November 2019 - (07:34 WIB)
      Iya betul sekali, saya kira HC adalah perusahaan besar se Asia dengan cepat proses penanganan seperti ini. Jika uangnya tdk urgent saya pakai buat apa saya lapor ke media konsumen.
      Padahal saya bayarnya selalu tepat waktu. Sekarang giliran mau mengembalikan hak saya yg lebih harus terbelit belit. Menunggu proses teus jawaban mereka. Untung mereka sudah banyak . Uang 16jt saja tidak bisa dikembalikan dengan cepat malah di perbelit belit. Semua prosedur saya juga sudah sesuai.
      Masih gak percaya dengan home kredit ini
      • 30 November 2019 - (22:24 WIB)
        Gimana kelanjutannya.. uang apa sudah dikembalikan.. saya juga barusan salah bayar. Kelebihan 0..

        Sudah kirim bukti transfer.. dan nunggu jawaban pihak HC

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Refund Kelebihan Pembayaran Home Credit Tidak Jelas dan Tidak Direspon…

Mekochily 1 menit
7