Rekening Diblokir Sepihak karena Tunggakan Kartu Kredit BNI

Saya adalah nasabah setia BNI, dengan nomor rekening 0241**** dan kartu kredit 3563 9300 1099 ****. Sebagai nasabah, saya telah dikecewakan dengan kejadian dana sebesar Rp31,2 juta terblokir sepihak pada hari Jumat, 22 November 2019. Saya langsung telepon ke 1500046, dan saya disarankan untuk datang ke Bank BNI terdekat.

Sampai di bank, ternyata mereka tidak bisa membantu, karena pemblokiran dilakukan dari pusat dan saya harus menelepon kembali ke 1500046 dengan pilihan pelayanan kartu kredit. Saat saya menghubungi kembali, CS tidak bisa membantu dan menyarankan saya untuk menghubungi pihak collection dan memberikan 3 nomor yang berbeda. Saya coba menghubungi berkali-kali namun tidak satu pun dari nomor itu menjawab.

Saya kembali menghubungi CS pada 23 November 2019, dan CS bilang saya disuruh menunggu hingga hari Senin atau Selasa. Saya sampaikan kekhawatiran saya, bagaimana jika Senin atau Selasa masih belum ada jawaban dari ketiga nomor tersebut? CS dengan santainya menjawab: “Ya ditunggu saja sampai ada jawaban atau ibu bisa menghubungi collection di kota lain“. Sangat tidak masuk akal sekali.

Saya mengakui, saya memiliki tunggakan. Namun dari pihak BNI tidak pernah menghubungi saya dan kartu saya pun sudah tidak pernah saya gunakan sejak 2017. Saya sangat kecewa karena tidak adanya komunikasi dari pihak BNI dan pelayanan CS yang tidak berorientasi customer service sama sekali.

Saya berharap pihak BNI sadar bahwa bank anda telah merebut hak saya sebagai nasabah dan saya minta pihak BNI dan collection memberikan solusi secepatnya.

Fitrianny Farrah Liesnarda
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BNI:
[Total:674    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Rekening Diblokir Sepihak karena Tunggakan Kartu Kredit BNI

  • 23 November 2019 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Maaf kalau boleh numpang nanya, Ibu berarti punya tunggakan KK di BNI? Sudah sejak 2017? Selama ini, apa sudah ada melaksanakan program cicilan pembayaran tunggakan tersebut? Atau sejak 2017 dibiarkan saja tunggakan yang ada, sehingga semakin lama semakin bertambah jumlahnya karena berbunga?

    Ibu mengatakan tidak pernah dihubungi sama sekali oleh bank? Berarti tidak ada DC yang datang selama ini? Kalau benar begitu, banyak penulis SP di sini bisa merasa iri dengan “keberuntungan” Ibu…

    Kemudian dana tunai sebesar 30+ juta tersebut, apakah jumlah tersebut dapat menutup tunggakan KK Ibu? Atau masih kurang, kurang sedikit atau kurang banyak?

    • 23 November 2019 - (20:57 WIB)
      Permalink

      Setau saya, DC pasti menghubungi card holder yg nunggak walau baru bbrp hari. Apalagi dari tahun 2017 ya. Atau Ibu nya yg ganti nomer biar ga di telp DC. Ibu pake uang bank dgn kartu kredit. Skrg bank minta uangnya balik dgn memblokir rekening Ibu saya rasa wajar. Kl memang dari 2017 menungguak, saya rasa kurang itu 30 jutaan

      • 23 November 2019 - (22:02 WIB)
        Permalink

        Sy aja macet bni 2bulan di telponin trus sm dc bni,kasar lagi,ibubdr 2017 masa ga d telponin???iri sy sama ibu ga d telponin seharusnya udh 2th bisa d nego bu apa ibu ga telpon banknya atau gnti no hp

      • 23 November 2019 - (22:18 WIB)
        Permalink

        Ngga kok saya udah laporan kok bahwa ganti no.hp dan alamat rumah masih sama dan saya masih tinggal disini. Wajar mas kalo ada komunikasi, ini kan ngga ada komunikasi sama sekali. Hehehe…kurang ya mas 30jutaan?? Jadi seharusnya BNI blokir semua aja ya uang saya…? Kalo ini mah saya sudah ke jalur hukum mas, hutangnya aja ngga jelas berapa? CS nya ditanya berapa total tagihan ngga bisa jawab. Saya tanya alamat collectionnya, ngga bisa jawab juga. So???

    • 25 November 2019 - (11:01 WIB)
      Permalink

      Jd pengalaman aja… Klo punya KK jgn nabung di bank yg sama dg KK…
      Klo maunya bank nya harus komunikasi dulu, nanti pintar yg punya utang… Dlm waktu 2 menit lewat mobile bangking dana di trf ke bank lain,, ???… Sebelum diblokir… Mana yg dr 2017 aja blm dibayar… Klo itikad baik.. Harusnya kita yg kooperatif datang ke bank minta keringanan…

  • 23 November 2019 - (17:48 WIB)
    Permalink

    sementara DC Bank Mega meneror habis-habisan nasabah yang menunggak tagihan kartu kredit, ini BNI santuy banget tunggakan dari tahun 2017 tidak pernah ditagih.
    tapi kerjanya smart banget, langsung blokir rekening nasabah.

    • 23 November 2019 - (19:45 WIB)
      Permalink

      Saya gak habis pikir lihat orang2 yang punya tunggakan tapi enak2 aja nyimpan duit banyak2 di bank yang sama…
      Padahal buka tabungan (di bank lain) itu amat sangat super gampang banget…
      (& tentunya saya juga gak habis pikir, ngapain “nabung tunggakan” padahal punya dana… paling gak kan bisa dibuat nyicil buat ngurangin tunggakan; lah kalau tunggakan dibiarin ya gak bakalan berkurang ataupun tetap, tapi pasti bakalan nambah)

      • 23 November 2019 - (22:06 WIB)
        Permalink

        @samuel-wijaya kan memang saya tidak ada niatan untuk tidak membayar. Tapi alangkah baiknya kalo BNI komunikasi dulu dong. Ini main blokir aja, cs nya ogah2an menjawab. Jangan2 nomor collectionnya fiktif. Masa selama jam kerja tidak ada yang merespon. Ditanya lokasi kantor collectionnya dimana, cs jawab ngga tau. Kan aneh…

        • 1 April 2020 - (19:58 WIB)
          Permalink

          Saran saya Ibu ke OJK minta petunjuk dan minta chek SLIK ibu sehingga dapat diketahui berapa kondisi sebenarnya pada KK tersebut, baru ke pihak bank lagi untuk penyelesaian ataupun nego n dak usah di gubris si samuel wijaya buang aja ke tempat sampah/thread ny

  • 23 November 2019 - (23:40 WIB)
    Permalink

    Membaca surat keluhan diatas, pemilik CC mengakui ada tunggakan CC, tetapi kenapa tidak diselesaikan sebelumnya, padahal memiliki kemampuan bayar, tanpa harus menunggu telepon dari bank penerbit? Kalau sudah begini kan jadi repot!

    Kalau rekening sudah diblokir secara sepihak, akan merugikan pemilik rekening sendiri, dan kemungkinan denda atas tunggakan CC sangat besar dan agak sulit untuk diajak nego dengan DC.

    Sejatinya pihak bank tidak boleh bertindak sepihak dengan memblokir rekening nasabah karena ada tunggakan CC, tetapi mereka melakukan itu karena ada tunggakan CC dari pemilik rekening.

  • 23 November 2019 - (23:49 WIB)
    Permalink

    Ya ampun ya iyalah buk situ punya utang 2 tahun gak ada niatan buat membayar.
    Masih untung ibunya gak disamperin debt collector atau kalau bank lain telat berapa bulan aja dicaci maki lewat telepon.
    Ya caranya lunasin lah tunggakannya buk. Khan direkening banyak uangnya 30 juta.
    Bukan salah pihak bank kalau blokir rekening ibu karna ibu tidak ada keinginan untuk membayar bahkan untuk mencicil tagihannya.
    Mumpung masih bisa ngelunasi, buruan dilunasi buk.
    Hutang itu kewajiban dunia.

  • 24 November 2019 - (03:38 WIB)
    Permalink

    Saya bagi pengalaman ya ibu .
    Kebetulan saya DC juga,tapi dari bank yg berbeda .
    Kalo memang ibu tidak ganti nomor atau alamat rumah. Yang pasti DC akan hubungi ibu atau mungkin akan bertamu di rumah ibu . Dan juga untuk total tagihannya itu kalo tidak salah pasti dikirim ke email ibu tiap bulannya . Karna yg pasti pemberitahuan lewat email itu pasti ada . Untuk tagihan yg telat 2 tahun lumayan juga dendanya dan bunganya ibu . Yg pasti ibu 2 tahun juga di blaclist BI.
    Saran saya, ibu coba langsung ke bank yg terdekat ibu bisa cari tau akar permasalahannya . Tapi yg jelas pemblokiran yg di lakukan bank dengan tujuan agar ibu bisa menyelesaikan tagihan Cc /KTA

  • 24 November 2019 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Menurut saya, kalau yg namanya utang sih tetap harus dilunasi dan diperhatikan agar tidak berlarut larut, meskipun utang itu hanya sekedar abonemen yg nilainya kecil. Itu kan udah jadi kewajiban dan udah jadi konsekuensi dr penggunaan cc. Kalau rekening diblokir oleh bank, anggap saja itu sebagai reminder. Masih mending bank ngasi reminder daripada kita keterusan lupa dan utang dibawa sampai ke akhirat. Kan ngeri kalau di akhirat kita ditanyai tentang utang. Soal pemblokiran, saya rasa nanti akan ada solusi yg baik kok.

  • 25 November 2019 - (10:54 WIB)
    Permalink

    Salah Ibu lah, udah tau ada utang dari 2017 gak dilunasi, alasan komunikasi, insiatif dong… Kalau saya jadi pihak bank, saya blokir semuanya

  • 5 Oktober 2020 - (07:43 WIB)
    Permalink

    klo itu wajar sih bu , klo saya juga punya masalah yg sama… lupa membayar annual fee sebesar 234ribu dari bulan april 2020 lantas diblokir sepihak oleh BNI. Padahal saat covid gini saya memang membatasi kegiatan ke luar rumah…. dan saya jadi lalai lupa membayar annual feenya…. tapi apa tidak ada pemberitahuan lewat post dan di telepon dulu… malah langsung di blokir di bulan september…. Kan kesal… masih lebih bagus jemput bola yg dilakukan perusahaan non-bank… ini pihak bni langsung blokir saja tanpa konfirmasi.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Rekening Diblokir Sepihak karena Tunggakan Kartu Kredit BNI

oleh Fitri Farrah L dibaca dalam: 1 menit
15