Bukareksa Bukalapak Curang terhadap Nasabah

Selamat pagi, siang, & malam teman-teman, semoga kita selalu diberikan kesehatan.

Wakhid dari Surabaya, di sini saya ingin mengangkat case lama perihal Bukareksa by Bukalapak yang mana dana withdraw hasil penjualan reksadana tidak masuk ke rekening saya yang terdaftar pada Bukalapak. Dan komplain saya dari semua portal pengaduan Bukalapak, baik via chat buka bantuan, email Customer Service, maupun call center ditutup tanpa adanya solusi final [dan saya sudah ikhlas :)]. Tetapi saya disini ingin share kepada teman-teman, supaya bisa jadi bahan pelajaran teman-teman. Mungkin semua teman-teman sudah tau bahwa Bukalapak mempunyai layanan Bukareksa yang menjual reksadana dimana bermitra dengan portal investasi B*reksa, singkatnya Bukareksa pinjam APERD milik B*reksa.

Singkat cerita, setelah beberapa tahun invest di portal investasi di Ind# Premi*r, saya tertarik diversivikasi investasi di Bukareksa karena ada penawaran cashback dari Bukareksa. Senin 15/7/2019 saya melakukan transaksi pembelian reksadana RDS Mandiri Bukareksa Pasar Uang, dan transaksi DONE, invoice terlampir seperti pada gambar [NO.1]. Keesokan harinya RDS Mandiri Bukareksa Pasar Uang sudah terdisplay di Portofolio Bukareksa milik saya. Dan seminggu setelahnya Rabu 24/7/2019 saya menjual reksadana tersebut dan detail penjualan tertera pada gambar [NO.2], yang dimana pada keterangan informasi penjualan disebutkan maksimal dana pencairan H+1 yaitu Kamis 25/7/2019 dikirim ke rekening saya yang terdaftar pada Bukalapak.

Hari berikutnya 26/7/2019 saya mulai buka komplain via chat buka bantuan Bukalapak. Di hari yang sama saya mendapat balasan dan dinfokan komplain telah diproses dan mohon ketersedian untuk menunggu. Setelah komplain chat buka bantuan berjalan hampir sebulan, saya mencoba untuk komplain via email customer service dan sama seperti balasan via chat bukalapak. Saya diinfokan untuk mengirim foto halaman pertama tabungan dari rekening yang terdaftar di Bukalapak dan screenshoot mutasi rekening tanggal 25/7/2019 sampai 9/8/2019 dikirim via email customer service seperti pada gambar [NO.3, NO.7, NO.8, NO.9, NO.10] yang dimana pada mutasi rekening terlampir tidak terdapat dana masuk dari pihak Bukalapak.

Komplain via email customer service dan call center selalu saya follow up, tetapi balasan balasan dari pihak customer service bukalapak selalu sama, seperti balasan tersebut dilakukan oleh sistem atau auto generated massage [NO.4, NO.5, NO.6], hingga Selasa 27/8/2019 saya follow up, jawaban tetap sama yaitu dinfokan untuk menunggu prosesnya, dan pada hari yang sama komplain via chat buka bantuan Bukalapak saya ditutup sepihak oleh pihak Bukalapak [NO.11], dan dihari yang sama juga saya buka lagi komplain tersebut dan berakhir dengan ditutupnya komplain tanpa adanya solusi final.

Daripada saya menghabiskan tenaga untuk pihak tidak profesional seperti Bukalapak, saya memutuskan untuk mengikhlaskan case ini, dan menghilangkan seluruh kepercayaan saya terhadap pihak Bukalapak. Pada kasus ini saya tidak mendiskreditkan pihak B*reksa, karena saya tahu B*reksa sangat profesional layaknya Ind# Premi*r (langganan saya) karena mereka dibawah pengawasan OJK, sedangkan Bukareksa tidak. Di sini saya anggap murni karena ketidakprofesionalan pihak Bukalapak.

Terimakasih atas perhatiannya.

Mukhamad Wakid Riduwan
Surabaya


Updates: Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari Bareksa pada tanggal 23 Januari 2020 sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:3    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Mukhamad Wakid Riduwan

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya surat...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Bukareksa Bukalapak Curang terhadap Nasabah

  • 22 Desember 2019 - (10:14 WIB)
    Permalink

    maaf pak, kalo pengalaman saya pribadi akhir2 ini, khusus pencairan RD Mandiri Bukareksa Pasar Uang itu cairnya ke saldo DANA kita yang terhubung ke akun Bukalapak dan cairnya seketika. Kalo Reksadana2 yang lain emang cair ke rekening Bank yang kita daftarkan. RD Mandiri Bukareksa Pasar Uang ini emang agak aneh beda sendiri

  • 22 Desember 2019 - (13:00 WIB)
    Permalink

    Mantap.
    Ikut prihatin dengan loss yang dialami, tapi saya juga sangat apresiasi dengan “keiklasan” nya.
    Saya sangat setuju dengan kalimat di paragraf terakhir “daripada menghabiskan tenaga…”.
    Betul sekali.

    & terima kasih atas berbagi pengalamannya, sehingga saya & pembaca yang lain bisa menghindari penyedia layanan yang model cara kerjanya macam begini.

    Entar bisa jadi AKHIRNYA permasalahan Bapak bisa terselesaikan “akibat” tayangnya SP ini, tapi saya sih gak berminat nunggu pencairan dana sendiri butuh waktu sampe 1/2 tahun, & perlu di SP pula.

    & entar bisa juga ada buzzer maupun supporter penyedia layanan ybs yang langsung ikut komen di sini (bikin akun baru yang tidak pernah muncul/komen sebelum2nya), seperti di SP sebelah… no problem buat saya (& selayaknya juga buat para pembaca yang menjadi calon konsumen). Konsumen yang pandai & bijak akan memilih penyedia layanan *apalagi yang berhubungan dengan duit milik konsumen itu sendiri* berdasarkan KEPERCAYAAN, bukan berdasarkan buzzer/influencer.
    Kalau ada keluhan, apalagi yang sudah tayang di ruang publik seperti SP ini ataupun di internet/medsos, selayaknya penyedia layanan menunjukkan dengan bukti nyata bagaimana mereka menyelesaikan keluhan tersebut, & bukan malah menurunkan pasukan buzzer/influencer…

  • 22 Desember 2019 - (15:36 WIB)
    Permalink

    Investasi memang mengandung resiko. Bisa profit bisa loss. Kalau loss disebabkan penurunan nilai investasi karena kondisi pasar wajar. Tapi kalau loss disebabkan kecurangan sistim pengelolaan oleh pihak yg menyediakan layanan itu sangat menyakitkan. Seperti kasus anda. Uang hilang saat dicairkan

  • 22 Desember 2019 - (16:57 WIB)
    Permalink

    wah thanks banget atas info y om, padahal ada rencana mau pake bukareksa di bukalapak

    • 23 Desember 2019 - (20:10 WIB)
      Permalink

      Siap kak, mending kalo mau invest di instrument reksadana, cari manajer investasi yang terdaftar di ojk saja, gk kalah mudah kok.
      Klo buk*lap*k pandangan saya kedepan sdah kurang menjanjikan, karena kinerjanya sudah jauh menurun, zaki out, sudah kesalip sama sh##pe trafficnya, bye bye lah buk*lap*k

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Bukareksa Bukalapak Curang terhadap Nasabah

oleh Mukhamad Wakid Riduwan dibaca dalam: 2 min
10