Aturan Penagihan IndiHome yang Sepihak

Hari ini saya baru saja mendapatkan info dari istri saya yang mendapatkan surat tagihan dari jaringan internet Telkom IndiHome yang hanya diletakkan di depan pintu rumah. Di bulan Desember 2019 kemarin saya sekeluarga berencana untuk tidak menggunakan lagi jaringan Telkom IndiHome ini dengan membiarkan tagihan bulan Desember. Dengan harapan akan terisolir dan terputus dengan sendirinya, tanpa ada embel-embel lagi.

Namun ternyata hari ini saya mendapatkan tagihan berupa surat peringatan untuk segera dibayarkan 2 bulan (Desember dan Januari). Mereka menghitungnya dari mana dan detailnya apa sampai bulan Januari ini dihitung juga? Sedangkan keluarga tidak menggunakan lagi dan kondisi jaringan tersebut sudah TERISOLIR (jika belum bayar tagihan).

Saya minta kejelasan dari pihak terkait. Padahal pendaftarannya pun hanya menggunakan KTP saja, tanpa ada surat perjanjian atau apapun dimana disana tercantumkan ATURAN/DENDA yang bisa kita ketahui sebelum ada kesepakatan. Kami merasa dibohongi dengan aturan sepihak ini.

Wahyu Iman Mulia
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sistem Penagihan Telkom IndiHome:
[Total:144    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Wahyu Iman Mulia

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Wahyu Iman Mulia pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Loading...

32 komentar untuk “Aturan Penagihan IndiHome yang Sepihak

  • 15 Januari 2020 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Sistem penagihan yg aneh. Layanan seperti ini kan kita bayarnya di muka. Kita bayar tagihan bulan ini untuk pemakaian sebulan ke depan. Kalo gak bayar, otomatis layanan diputus, gak bisa dipake. Harusnya gak ada tagihan atau denda lagi. Saya dulu berhenti langganan Indovision caranya ya dengan gak usah bayar tagihan aja, otomatis berhenti, gak pake ribet. Itu pun perangkatnya baru mereka ambil bertahun2 kemudian. 😅

    • 15 Januari 2020 - (21:07 WIB)
      Permalink

      Salah om…kita pake dulu baru bayar bulan berikutnya…jadi yang kita bayar januari itu tagihan bulan desember

    • 15 Januari 2020 - (21:09 WIB)
      Permalink

      kalau mau putus, seharusnya datang ke plasa telkom untuk minta pemutusan
      agan ditagih 2 bulan artinya itu pemakaian di november dan desember, indihome kan pascabayar
      pakai dulu baru bayar

      • 16 Januari 2020 - (00:46 WIB)
        Permalink

        Kalau datang ke plasa telkom terus dimatiin use tv nya terus ganti paket cuman wifi saja kok tagihan masih sama dengan waktu ada use tv nya itu bagaimana bos

        • 16 Januari 2020 - (16:26 WIB)
          Permalink

          Tagihan juga ada biaya materainya..tapi materainya juga gak ada kelihatan. Kalau satu orang satu materai dikalikan berapa ribu pelanggan….

    • 16 Januari 2020 - (15:59 WIB)
      Permalink

      Salah! Pasca bayar itu, pake dulu baru bayar. Dan kalo mau berhenti langganan pakelah cara yg benar. Datang ke kantor telkom, buat surat pernyataan berhenti berlangganan, harus bayar dulu bulan terakhir pemakaian. Kalo enggak ya iyalah muncul lagi, ada abodemen dan paket yg dipakai saat disetujui di awal berlangganan. Saya juga pemakai telkom, pernah berhenti dan skrg pakai lagi di rumah baru. Sebagai pemakai, mestinya tau hak dan kewajibannya. Jd ga salah kaprah

    • 16 Januari 2020 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Boss.. Awalnya pake dulu bulan berikutnya baru bayar kan? Kalo indovision bayar dulu baru pake.. Itu bedanya.. Toh pembayarannya dibulan pertama yg ditagihkannya masih prorate, belum full ditambahkan biaya aktifasi.. Masa waktu pembayarannya juga panjang dari tanggal 5 s/d tgl 20.. Selama 15 hari nggak digubris otomatis dong telkom isolir layanannya.. Kalo mau putus melqlui telp / via medsos resikonya akan disalahgunakan oknum tertentu yg bisa siapa saja telp/ via medsos memutuskan layanan anda. Yg dirugikan anda sendiri bukan? Bahkan apabila anda berlangganan layanan useetv telkom memberikan free full channel beberapa kali dalam setahun. Biasanya lebaran, natal tahun baru & di hari konsumen. Apa indovision bisa spt itu? Dan jika ingin berhenti berlangganan indovision dibawah 1 tahun akan dikenakan denda 500.000 rupiah.. Kalo ditelkom anda tidak puas layanan indihome mau berhenti kapan saja nggak ada masalah.. Intinya masing² punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Telkom akan selalu memberikan layanan sebaik mungkin.
      Dmk

  • 15 Januari 2020 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Kasus sy sama persis sm Bpk diatas, sy dikasih tagihan 2 bulan, sy cuekin aja, nagapain bayar wong udh diputus koq, buat apa bayar sesuatu yg ga kita pake, lagian Indihome diawal pake ga jelasin yg beginian, ya org merasa dibohongilah…

  • 15 Januari 2020 - (20:56 WIB)
    Permalink

    Kalau sistem pasca bayar memang seperti itu. Akan lebih baik seblum berhenti langganan menghubungi CS, baik melalui telepon ataupun datang langsung. Telkom punya hak menagih tagihan(piutang) yang nunggak. Apalagi sistemnya paket pasca bayar, mau di pakek atau nggak ada paketnya, ada tagihannya.

  • 15 Januari 2020 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Sebelum terisolir kan Anda masih pakai sampai tgl 20…jadi desember masih kehitung…tagihan januari itu untuk pemakaian bulan desember…

  • 15 Januari 2020 - (22:16 WIB)
    Permalink

    Indihome pascabayar, anda tidak membayar tagihan desember (pemakaian november). Dan anda tidak minta putus di plasa telkom otomatis tagihan tetap jalan. Tagihan januari adalah pemakaian desember.
    Untuk diketahui meski jaringan diisolir tagihan tetap jalan sampai 3 bulan (kalau tidak salah) dan dendanya adalah 5% sampai 15% (jika menunggak 3 bulan).
    Yang salah jelas anda, jika mau memutus layanan indihome tingggal minta putus di plasa telkom kenapa malah tidak dibayar tagihannya?

  • 15 Januari 2020 - (23:28 WIB)
    Permalink

    Saya aja kena tagihan produk yg belum terpasang. Jadi ceritanya ada telpon dri seles indihome untuk penambahan stb dengan sistem plc. Saya iya in aja. Trus mereka janji pemasangan bulan november awal bulan. Sampai desember unit belum dipasang tetapi tagihan sudah keluar. Saya komplain baru dipasang. Terus tagihan tetap harus dibayar.. parah bener indihome..

    • 16 Januari 2020 - (20:51 WIB)
      Permalink

      Indihome mang parah,, masa tiap bulan tagihan nambah terus toh orang gk nambah2 channel TV juga, yg ditonton cuma YouTube j m ank saya, adapun nonton siaran TV t pun yg dh tersedia..

  • 16 Januari 2020 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Telkom indihome pascabayar om.
    Kalau niat berhenti dibulan desember, bayar dulu tagihannya (tagihan bulan november). Tinggal lapor. Perkaranya simpel saja, karna MALAS lapor ke plaza telkom… atau kalau sibuk bisa telfon CS nya di 147… atau tak ada pulsa bisa DM via twitter telkom.
    Perkara pascabayar mustahil tidak tahu, karna pas awal pemasangan tdk langsung bayar di awal, tp bayar awal bulan nya dengan tarif prorata.

  • 16 Januari 2020 - (05:08 WIB)
    Permalink

    Dari apa yang saya tangkap kesalahan jelas ada di Bapak.

    Klo Mau diputus ya harus datang ke Plasa Telkom dengan membawa perangkat Indihome. Itu pun bapak harus membayar tagihan pro-rata di bulan Desember. Bukan dengan cara lari dari tanggung jawab. Mungkin bapak merasa aman karena berlangganan tidak melalui Plasa Telkom. Karena Bapak mengatakan tanpa ada perjanjian dan hanya serahkan KTP.

  • 16 Januari 2020 - (06:20 WIB)
    Permalink

    Kalo memang tidak lagi dipake mending tutup sekalian aja harusnya sih. Tapi saya juga punya pengalaman yang mirip seperti itu sama Telkom, ibu saya minta tutup jaringan telepon rumah ke plasa telkom dan katanya sudah diproses (ada bukti print pemutusan jaringan). Tapi 3 bulan kemudian dapet tagihan via sms, email dan telepon kalo nunggak 3 bulan (bulan setelah jaringan ditutup tetap ditagih) dan tagihan jalan terus sampe bulan ke 5. Sempet sedikit ribut sama CS di twitter sampe akhirnya beres.

  • 16 Januari 2020 - (06:39 WIB)
    Permalink

    Terimakasih untuk saran dan informasi nya bapak2. Sudah cukup jelas untuk saya,dan In Syaa Allah akan saya tutup dan di bayarkan . Dan masukan saja untuk pihak terkait baiknya jika kita yang telah daftar hanya menggunakan KTP saja di kirimkan juga surat yang berisi aturan yang harus disepakati. Dan procedure nya apa aja jika berhenti berlangganan. Sekali lagi saya ucapkan banyak terimakasih . Dan TERIMKASIH SAYA UNTUK INDIHOME YANG SUDAH MENEMANI SAYA DAN KELUARGA.

  • 16 Januari 2020 - (06:58 WIB)
    Permalink

    Indihome coba kalau customer service enak via online tapi nyatanya perusahaan internet malah jelek banget sistem IT nya. Telat bayar nanti biasanya internet bakal di matiin + kena denda padahal telat bayar dulu disebabkan pihak indihomenya juga. 2 hari tanpa internet tapi bulan berikutnya tetap full bayarnya. Harusnya kalau mau dibayar full jangan matiin internetnya.

    BUMN emang kacau beda sama swasta yang menggangap customer adalah Raja

    • 16 Januari 2020 - (13:20 WIB)
      Permalink

      Itu semua benar apa yang di katakan Bapak.
      Seharusnya kalau yang namanya pascabayar itu tagih,an 1Bulan segitu yaa.. harus segitu.
      Kenapa harus ada denda.??
      Sudah kena denda 5% pesawat di matikan lagi.
      Kasihan Dong…. yang usahanya pas-pas,an kalau system,e begitu.
      Tolong buat PT/ TELKOM…!!!
      Kalau bisa di rubah SYSTEM kayak gitu.
      Terimah kasih…..
      Wasalam mualaikum wr wb.

  • 16 Januari 2020 - (07:30 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami hal yang sama, saya sudah berhenti berlangganan sudah lebih dari satu tahun namun pada desember kemarin saya dapat surat panggilan dari kejaksaan karena menunggak 2 bulan.
    lalu saya menghubungi pihak speedy (waktu itu masih bernama speedy) dan katanya saya belum meminta pemutusan secara resmi, lalu saya bilang kalau pada saat itu memang saya belum secara resmi (karena pada minta pemutusan saya lakukan lewat telpon CS dan pihak speedy pun sudah mengiyakan permintaan saya) kenapa tidak langsung diinformasukan kepada saya bahwa saya harus datang ke plasa telkomnya kenapa harus menunggu satu tahun lebih dan memang sejak saat itu memang tidak ada tagihan lagi yang masuk ke email saya, jadi saya bingung kenapa tiba tiba ada surat seperti ini.

  • 16 Januari 2020 - (07:39 WIB)
    Permalink

    Mbak/mas tagihan Indihome atas nama sumna kena brpx

  • 16 Januari 2020 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Kejadiannya sama seperti saya, saya pengguna indihome, yang dari awal pakai sampai sekarang gk ada nyaman²nya, saya kira awal² memang lagi ada gangguan jaringan, eh ternyata setiap bulan sama, smpai pada akhirnya jaringan saya putus total, karena PON nya berwarna merah, saya sudah coba hubungi bagian CS, ke 147, Ke teknisi tapi jawaban mereka “baik akan kami proses dan teknosi akan datang ke lokasi” tapi apa 2 bulan saya menunggu tanpa ada kejelasan, ujung²nya saya dapat surat tagihan kurang lebih 700 ribu termaksuk dendanya , padahal saya sudah komplain berulang kali tapi selalu dapat jawaban itu ke itu.. heran saya dengan pihak indihome ini, selalu sepihak mereka, disaat pelanggan membuat keluhan selalu dijanjiin … dan mereka bilang kalau mau pemutusan, saya meski datang ke kantor telkom, dan meski membayar tagihan yang selama ini saya tidak pernah nikmati fasilitasnya.

  • 16 Januari 2020 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Hal yang sama saya alami. Sdh konfirmasi ke 147 untuk berhenti bln depan…malah disuruh ke plaza telkom dan layanan tetap jalan sampai muncul tagihan terus tiap bulan. Saat daftar aja gampang banget sales datang samperin mohon2 cuma modal ktp dan daftar via aplikasi lgs dipasang. Giliran mau berhenti harus ke plaza telkom segala. Kenapa ga sekalian aja saat pasang kita disuruh ke plaza telkom seperti waktu jamannya telkom net instant…biar org makin males aja pasang indihome. Tolong diubah lah sistem penagihan dan cara berhenti langganan ga perlu lah pelanggan harus ke plaza telkom. Masa pemasangan dipermudah tapi giliran berhenti dipersulit.

  • 16 Januari 2020 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum kawan2 ..
    Saya hanya memberi masukan .. saya juga pengguna .. semakin tahun pelanggan selalu dibuat kecewa dengan pelayanan dari indihome ini .. apalagi setelah indihome menjadi BUMN ..
    Beberapa contoh
    1.Tagihan Naik sepihak tanpa pemberitahuan pelanggan
    2.Sering ada tagihan fiktif padahal kita tidak menggunakannya
    3.layanan semakin buruk
    4.layanan cs kadang tidak di tanggapi dan di gubris
    Apa dari pihak Telkom selaku pebisnis ini hanya mementingkan keuntungan berlebih dan tak memikirkan pelanggan ??
    Apa Pihak telkom tidak menanggapi Karna takut dengan kenyataan bahwa pelayanan semakin buruk ??
    Dan apa pihak indihome yg terhormat mau mendengar komentar keluhan kita ??

    Sekian dari saya selaku pelanggan indihome

  • 16 Januari 2020 - (11:33 WIB)
    Permalink

    Hahaha, ribet amat, segala sesuatu mesti datang ke kantornya…

    Silakan pindah langganan internet ke toko sebelah saja. Saya sudah langganan > 5 tahun, boro2 ke kantornya, alamatnya di mana aja saya gak tahu.
    Setiap kali butuh tinggal mention di sosmed, segera ditanggapi & ditindak-lanjuti.
    Tagihan selama saya berlangganan tidak pernah berubah (baca: naik sendiri) mulai dari perincian harga sampe totalnya. Kalau mau ada kenaikan harga diberi tahu dulu sebelumnya via e-mail. Kalau keberatan & kepingin downgrade, beres cukup dengan mention di sosmed.

    • 16 Januari 2020 - (12:34 WIB)
      Permalink

      Kalau boleh tau, berlangganan dimana gan?

  • 16 Januari 2020 - (11:40 WIB)
    Permalink

    Iya betul,,bulan kemarin sy sdh minta diputuskan jaringan indihome sy karna sdh 3 bln kluhan sy tntang jaringan yv lalod tdk dtanggapi, tpi ptugasnya nda kunjung datang dan sy pun sengaja blum mmbayar tagihan bln kmrin dg harapan mreka mmutuskan sndri scara otomatis,,,sbagian besar prusahaan ktika sdh brlabel plat merah tdk mngutamakan pelayanan. Apa karna rugi atau untung toh negara jg nanggung resiko, makin hancur donk negara kalo gini

  • 16 Januari 2020 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Saya yang bernama Wahyu Iman Mulia (pembuat artikel Ini ) . Saya mau meng Klarifikasi atas kecerobohan saya dalam artikel ini. Masalah ini sudah di tangani secara baik dan SAYA MINTA MAAF YANG SEBESAR BESAR NYA KEPADA PIHAK INDIHOME/TELKOM atas kecerobohan dan kesalahan saya dalam artikel ini. Mohon kiranya Admin MEDIA KONSUMEN dapat menghapus artikel ini . Terimakasih.

  • 17 Januari 2020 - (01:20 WIB)
    Permalink

    (Saya yang bernama Wahyu Iman Mulia (pembuat artikel Ini ) . Saya mau meng Klarifikasi atas kecerobohan saya dalam artikel ini. Masalah ini sudah di tangani secara baik dan SAYA MINTA MAAF YANG SEBESAR BESAR NYA KEPADA PIHAK INDIHOME/TELKOM atas kecerobohan dan kesalahan saya dalam artikel ini. Mohon kiranya Admin MEDIA KONSUMEN dapat menghapus artikel ini . Terimakasih.)

    NOTE : MOHON UNTUK TIDAK BERIKAN KOMENTAR LAGI DI ARTIKEL INI. KARENA MASALAH INI SUDAH SELESAI DENGAN BAIK. JIKA ANDA MAU SEBAIKNYA BUAT ARTIKEL SENDIRI DI MEDIA KONSUMEN INI. TERIMAKASIH.

  • 17 Januari 2020 - (06:26 WIB)
    Permalink

    Telkom & Transvision selalu pelanggan terpuruk. Siap2 retas aplikasinya & bajak channel smuanya seperti first Media & retas sistem nasa hacker…

  • 17 Januari 2020 - (06:38 WIB)
    Permalink

    Saya yang bernama Wahyu Iman Mulia (pembuat artikel Ini ) . Saya mau meng Klarifikasi atas kecerobohan saya dalam artikel ini. Masalah ini sudah di tangani secara baik dan SAYA MINTA MAAF YANG SEBESAR BESAR NYA KEPADA PIHAK INDIHOME/TELKOM atas kecerobohan dan kesalahan saya dalam artikel ini. Mohon kiranya Admin MEDIA KONSUMEN dapat menghapus artikel ini . Terimakasih.)

    NOTE : MOHON UNTUK TIDAK BERIKAN KOMENTAR LAGI DI ARTIKEL INI. KARENA MASALAH INI SUDAH SELESAI DENGAN BAIK. JIKA ANDA MAU SEBAIKNYA BUAT ARTIKEL SENDIRI DI MEDIA KONSUMEN INI. TERIMAKASIH

  • 17 Januari 2020 - (06:45 WIB)
    Permalink

    NOTE : MOHON UNTUK TIDAK BERIKAN KOMENTAR LAGI DI ARTIKEL INI. KARENA MASALAH INI SUDAH SELESAI DENGAN BAIK. TERIMAKASIH.

Aturan Penagihan IndiHome yang Sepihak

oleh Wahyu dibaca dalam: 1 min
32