Terkait Wabah Virus Corona, Traveloka Tidak Bisa Refund Tiket ke Negara China

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di China ada wabah Corona Virus yang telah menyebabkan beberapa orang meninggal dunia. Sudah ada beberapa kota di-lockdown untuk warga China untuk tidak bisa keluar maupun masuk.

Saya berencana untuk terbang pada tanggal 16 Februari 2020 sampai dengan 28 Februari 2020 untuk mengikuti undangan dari Alibaba Business School yang bekerjasama dengan KADIN Indonesia dalam acara NetPreuner Academy. Salah satu acara yang diselenggarakan atas kerjasama antara Presiden Jokowi dengan Founder Alibaba Jack Ma.

Keberangkatan menggunakan Pesawat China Southern (CGK-SZN-HGH, HGH-SZN-CGK) Pulang Pergi, Hotel menggunakan Flyzoo Hotel.

Pada tanggal 23 Januari 2020, kami mendapat surat dari Alibaba School untuk me-reschedule keberangkatan dikarenakan ada wabah/outbreak Corona Virus yang sudah menyebar cukup luas di hampir semua provinsi di China.

Oleh karena itu, karena saya mengontak tim support Traveloka dan meminta untuk bisa melakukan refund tiket perjalanan ke China dikarenakan adanya force majeur, dimana kondisi tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan ke China dalam waktu dekat ini.

Semua bukti pendukung seperti Booking ID Pesawat: 593531073 dan Booking ID Hotel: 590687117, Surat Postphone Program dari Alibaba Business School dan Kadin Indonesia, serta beberapa link tentang wabah Corona Virus di China, serta link dari Pemerintah China (Kementrian Transportasi) bahwa seluruh tiket pesawat dan hotel ke China wajib dikembalikan tanpa ada potongan.

Semua Tiket Pesawat dan Tiket Hotel boleh dan diperkenankan untuk di-refund tanpa potongan dari Kementrian Transportasi di China. Link : https://mp.weixin.qq.com/s/Se4Dzjka-7aun2EQsAGZ3Q

Kementrian Transportasi di China
Kementrian Transportasi di China

Namun, semua bukti ditolak dan saya tetap diminta untuk melakukan perjalanan sesuai dengan schedule-nya. Traveloka beranggapan bahwa tiket termasuk tiket promo dan tidak ada opsi untuk refund maupun reschedule. Tapi ini adalah sesuatu wabah/kejadian yang tentu tidak kita harapkan terjadi di China.

Chat CS Traveloka
Chat CS Traveloka yang meminta saya untuk tetap berangkat

Singkat cerita, tiba tiba tiket support saya di nyatakan: SOLVED tanpa ada hal yang selesai sama sekali.
Saya bingung, tidak ada solusi apapun tapi sudah di nyatakan SOLVED/Selesai. Apakah sudah demikian malasnya Traveloka untuk memberikan solusi?

Solved Unsolved Traveloka
Solved Unsolved Traveloka

Jika Traveloka menjadi saya, apakah tetap akan berangkat dengan melihat situasi seperti saat ini?
Bagaimana jika yang berangkat adalah keluarga anda sendiri, apakah anda akan tega untuk tetap memberangkatkan sesuai dengan jadual yang tertera?

Saya tidak habis pikir dengan cara Traveloka menjalankan bisnis-nya. Setega ini tampak tidak peduli dengan keadaan wabah yang terjadi di Negara China. Sebagai informasi saja, rekan-rekan saya yang ikut berangkat sudah berhasil me-refund tiket dari Maskapai Air Asia (diganti menjadi Travel Credit, bisa digunakan untuk penerbangan berikutnya jika kondisi sudah memungkinkan), Scoot bisa full refund, Cathay Pacific bisa reschedule, serta Senzhen Airlines bisa full refund via aplikasi.

Saya menunggu solusi dari Traveloka, apakah masih tega dan tidak berperikemanusiaan untuk tetap beri solusi berangkat sesuai jadual penerbangan? Atau..

Teddie Dian Patria
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:9    Rata-Rata: 3.7/5]
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Teddie Dian Patria

Kepada Yth. Bapak Teddie Dian Patria, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka dan kami berharap Bapak Teddie dan keluarga...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Terkait Wabah Virus Corona, Traveloka Tidak Bisa Refund Tiket ke Negara China

  • 27 Januari 2020 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Halo, Update dari case ini. Pihak Traveloka sudah menghubungi saya sebanyak 5x dalam sehari untuk mengkonfirmasi perihal proses refund akan di usahakan kepada pihak Maskapai China Southern dan pihak Hotel Flyzoo Alibaba. Pihak Traveloka belum bisa menjanjikan apapun perihal berhasil tidak-nya proses, namun tetap menjanjikan akan bernegoisasi kepada pihak Maskapai dan Hotel. Adapun Hotel dan Flight Specialist di Traveloka adalah departemen yang berbeda.
    Demikian update sampai saat ini, semoga proses refund maskapai dan hotel dapat berjalan dengan lancar. Reason refund adalah : Force Majeur (istilah dari Traveloka-nya).
    Terima Kasih Traveloka. Semoga bisa case closed.

  • 28 Januari 2020 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami ketakutan hal serupa.. hanya saja memang penerbangan saya ke Thailand.. tapi dikhawatirkan juga karena melihat corona outbreak sudah menjangkit thailand dan malaysia (kebetulan transit di Malaysia) pergi bersama 3 Teman via traveloka hotel dan pesawat .. dengan kode Booking 485299343
    Sudah diproses dan walau force majeur pihak traveloka tetap tidak bisa memutuskan kerjama se pihak dengan hotel maupun maskapai.. saya berharap dapat proses refund.. karena selama ini selalu menggunakan traveloka untuk travelling hotel dll .. karena maraknya virus corona .. saya berharap ada win win solution dari pihak traveloka

    Regards
    Andina Dyah Ratnasari
    485299343 –

    • 29 Januari 2020 - (15:16 WIB)
      Permalink

      hai mba andina, saya ingin bertanya, pada saat proses refund ke pihak traveloka, apakah mba dimintakan surat resmi atau konfirmasi pembatalan dari pihak hotel maupun maskapai ?, just info saya juga berencana ke Thailand tapi di awal maret dan berencana membatalkan sampai kondisi “clear”

      terima kasih.

      • 30 Januari 2020 - (14:25 WIB)
        Permalink

        Diminta untuk isi informasi sbb:

        Kami akan membantu Anda untuk melakukan submit refund. Mohon kerjasama Anda untuk menginformasikan beberapa data sebagai berikut :

        A. Data Refund
        1. Kode booking:
        2. Rute yang ingin dibatalkan :
        3. Nama penumpang yang ingin dibatalakan :
        4. Nama orang yang mengajukan refund :
        5. Alasan pengajuan refund :

        Penting : Permohonan refund Anda akan kami ajukan kepada maskapai setelah Anda melengkapi semua data di atas.

        Adapun estimasi waktu untuk proses pengembalian dana refund adalah 14 hari. Untuk ketentuan refund selengkapnya dapat Anda lihat pada website kami di http://www.traveloka.com/refund. Mohon kesediaan Anda untuk membaca ketentuan refund sebelum mengajukan refund kepada kami dan perlu kami informasikan juga bahwa tiket yang telah diajukan refund tidak dapat diaktifkan kembali

        Untuk refund hotel tidak bisa karena pihak traveloka tidak dapat membatalkan secara se pihak

  • 13 Februari 2020 - (23:23 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami hal serupa
    saya ingin reschedule tp pihak traveloka mengatakan tidak bisa, padahal alasan saya jelas karena was was akibat corona outbreak
    saya merasa kecewa sih

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Terkait Wabah Virus Corona, Traveloka Tidak Bisa Refund Tiket ke Negar…

oleh Teddie Patria dibaca dalam: 2 min
5