Lambatnya Penanganan Akulaku terhadap Keluhan Penyalahgunaan Akun

Saya adalah korban penyalahgunaan Akun Akulaku, dimana ada 5 transaksi Shopee yang pembayarannya dilakukan melalui akun Akulaku saya. Transaksi tersebut terproses tanpa adanya verifikasi OTP atau konfirmasi apapun. Transaksi tersebut bukan saya yang melakukan.

Setelah saya mengetahui akun saya diretas pada tanggal 24 Januari 2020, saya segera lapor ke tim Akulaku melalui email di cs.id@akulaku.com. Dan keesokan harinya di tanggal 25 Januari 2020 pkl 08.00 WIB saya segera melaporkan kejadian tersebut ke Customer Service Akulaku di Nomor 1500920. Kemudian saya juga membuat pelaporan via Pusat Bantuan yang terdapat di menu Akulaku. Namun respon mereka terhadap keluhan saya tidak membantu dan tidak memberikan solusi apapun. Customer Service mereka menyatakan “Kami tidak bisa membantu dan tagihan harus tetap dibayarkan oleh pemilik akun”.

Karena respon yang saya dapatkan sangat mengecewakan dan tidak diberi solusi, maka pada hari Selasa, 28 Januari 2020 saya mendatangi kantor Akulaku di Sudirman Sahid Center Lantai 18. Di sana saya bertemu dengan Mbak Intan (Customer Service). Saya menjelaskan kronologi penyalahgunaan akun yang saya alami. Dari Mbak Intan saya mendapatkan informasi bahwa pelaku yang melakukan transaksi pada Akun Akulaku saya adalah R**i dan No Handphone pelaku 081273******. Dari keterangan Mbak Intan tersebut sudah jelas membuktikan bahwa saya adalah korban.

Setelah itu saya bertemu dengan Tim Anti fraud Akulaku yaitu Pak Ano dan Pak Joko. Saya kembali menjelaskan kronologi yang saya alami. Lalu saya membuat surat sanggahan di hadapan mereka yang isinya saya menyanggah 5 transaksi tersebut dan meminta Akulaku untuk menghapuskan tagihan tersebut dari akun saya. Dan saya juga menyatakan tidak mentolerir jika ada debt collector yang menghubungi dan mendatangi saya untuk menagih atas transaksi yang tidak saya lakukan.

Kemudian pada Hari Jum’at, 31 Januari 2020 saya juga sudah mengirimkan surat laporan kepolisian saya via email ke cs.id@akulaku.com. Keesokan harinya di Tanggal 1 Februari 2020 saya kembali menelpon Customer Service Akulaku untuk meneruskan email tersebut ke tim terkait Akulaku untuk melakukan penghapusan tagihan di Akun saya.

Namun hingga Hari Selasa, 4 Februari 2020 tagihan di akun saya masih belum dihapuskan, bahkan saya diganggu oleh telepon dari debt collector Akulaku dari pagi hingga malam hari. Padahal sudah 11 hari sejak pelaporan yang saya lakukan ke Akulaku. Namun saya masih belum mendapatkan kepastian kapan tagihan di akun saya akan dihapuskan.

Saya merasa sangat dirugikan oleh Akulaku, dan saya sangat kecewa dengan penanganan keluhan yang diberikan oleh Akulaku. Saya sangat tidak merekomendasikan Akulaku kepada para pembaca. Saya berharap dengan ini, case saya dapat segera diselesaikan dan tagihan atas 5 transaksi yang tidak saya lakukan segera dihapuskan.

Dara Permata Marlis
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:7    Rata-Rata: 1.1/5]
Tanggapan Akulaku untuk Surat Pembaca Ibu Dara Permata

Menanggapi dimuatnya Surat Pembaca di Mediakonsumen.com yang ditulis oleh Ibu Dara Permata pada tanggal 5 Februari 2020 dengan judul “Lambatnya...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Lambatnya Penanganan Akulaku terhadap Keluhan Penyalahgunaan Akun

oleh Dara Permata dibaca dalam: 2 menit
0