Jajan di KFC Harusnya Bayar 159.000, Barcode LinkAja Malah Memotong 759.000

Transaksi tanggal 27 Oktober 2019 pkl 13.59 WITA kami sekeluarga makan di KFC Maros Batang Ase, pembelanjaan senilai Rp 159.000, namun saldo terpotong Rp 759.000. Pembayaran dengan aplikasi LinkAja, saldo awal Rp844.813 dan nomor yang bertransaksi 0852426994**.

Sudah dari bulan Oktober berkomunikasi dengan pihak LinkAja, melalui beberapa cara. Pertama saya hubungi langsung by phone, tidak ada kejelasan informasi malahan kami harus MEMBUANG PULSA 50 ribu buat menelepon mereka di cs LinkAja.

Kedua, melalui email. Hanya email pertama saja dibalas yang menjelaskan bahwa laporan saya diterima dengan nomor pelaporan 01126826. Dalam email saya ini saya melampirkan 3 buah foto bukti struk transaksi di KFC Batang Ase dan transaksi di LinkAja. Setelah email itu dibalas, ketika saya balas email tersebut pihak LinkAja tidak sekalipun membalas email saya lagi.

Ketiga, saya hubungi mereka melalui Sosmed di Instagram, juga tak ada jawaban dan tanggapan.

Keempat saya bertanya melalui Website resmi LinkAja, melalui chat online dengan Cs.LinkAja. Setiap kali saya menanyakan kendala yang saya alami, pihak mereka hanya meminta saya untuk bersabar. Padahal kejadian ini sudah terjadi sekian bulan lalu dengan alasan belum ada hasil dari tim terkait. Pihak cs kemudian menjelaskan pada saya akan memFOLLOW UP kembali.

Saya sedih kenapa penanganan dari pihak LinkAja selambat ini.jika memang dalam penyelidikan kasus yang saya alami ada masalah ya jelaskan dong apa hasilnya. Jangan follow up terus tanpa ada estimasi waktu yang jelas diberikan kepada kami.

Maaf, apakah ini cara LinkAja mengambil keuntungan dari kami dengan “meram**k” nasabahnya yang punya saldo besar? Tolonglah pihak LinkAja sekiranya bisa memberi solusi untuk masalah saya ini.

Lukman
Soreang Maros, Sulawesi Selatan


Update: Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa proses refund telah ditindaklanjuti sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kemarin saya iseng2 verifikasi link aja, eh ternyata ditolak.
    Syukurlah, melihat resiko error yang terjadi, ditambah lagi kinerja penanganan masalah yang dialami konsumennya, mendingan saya jauhi saja metode pembayaran yang 1 ini.
    Gila aja, hal "sepele" macam begini 5 bulan belum selesai juga.

  • Samuel Wijaya, iya bener mendingan ga usah make link aja... Playanan buruk, setelah dilepas oleh Telkomsel.

    • Namanya juga BUMN jadi khas banget akan hal2 seperti ini, lihat saja banyak nasabah bank bumn duitnya pada hilang setelah memakai atm, padahal kartu sudah pake chip. Masa kartu chip bisa di phising/scam. AKAL BUMN MENCURI DUIT RAKYAT MEMANG PALING HEBAT!!

  • Sebenarnya kesalahan terjadi di pihak KFC,
    Untuk menggunakan Link Aja kan tinggal scan barcode, nah saat discan, konsumen tidak memperhatikan nominal yg diinput oleh kasir di KFC.
    Saya pernah seperti ini. Tapi saya check ulang nominal yg dilayar kasir dan di app link aja. Nominalnya beda, ternyata pihak kfc yg salah input.
    Solusinya bapak kordinasi dengan pihak KFC dulu, nanti mereka yg menghubungi pihak Link Aja.

    • Mas Scivo, maaf di struk KFC yang tercetak sudah sesuai dengan jumlah yang harus saya bayar 159.000 barulah di aplikasi saya cek total saldo saya yang terpotong adalah 759.000

      Saya sudah hubungi pihak KFC, namun sampai sekarang belum ada jawaban dari pihak mereka.

      • Biasanya ada dua struk pak, yg satu struk rincian belanja KFC, kemudian yang satu struk pembayaran menggunakan link aja. Nah penginputannya biasa berbeda.

  • Alhamdulillah, refund dana saya sudah berhasil per tanggal 23 Maret 2020. Terima kasih buat semua komentar dan masukannya. Tanpa kalian semua proses refund dana saya mungkin sampai sekarang belum selesai ditangani. Terlebih lagi saya berucap Terima kasih pada Media Konsumen atas semua bantuannya.