Pembelian Laptop dengan Pelayanan Terburuk dari King’s Store Melalui Marketplace Akulaku

Assalamualakum Wr.Wb.

Nama saya Syista, saya ingin menyampaikan rasa kecewa saya untuk pertama kalinya melakukan pembelian laptop di toko King’s Store melalui Akulaku.

Kronologinya,

Tanggal 23 Maret 2020 transaksi dilakukan dengan menggunakan credit pay saldo Akulaku saya. Pada hari itu juga pesanan diproses, saya chat toko tersebut untuk menanyakan pengiriman namun tidak ada respon. Sampai tanggal 26 Maret 2020 pukul 00:04 barang saya dikirim. Informasi dari aplikasi dengan nomor resi 5463836494720 (resi yang salah dan kurang 2 digit).

pembelian Lenovo Yoga 310 dengan kondisi barang ex-display 90-100% baik.

Karena saya curiga, saya selalu chat toko tersebut namun tidak pernah ada tanggapan. Kemudian saya kirim email kepada pihak Akulaku dan hanya diminta menunggu 14 hari untuk pengirimannya. Saya selalu chat pihak toko sesering mungkin, namun tidak pernah ada respon sama sekali. Karena saya menunggu cukup lama dan saya butuh sekali laptop saat pandemi Covid-19 ini.

 


Kemudian pada tanggal 04/04/2020 ada paket JNE dengan nomer resi 542080020979520, pengirim dari Play Game Tangerang (dikirim ke alamat kosan saya) yang isinya Laptop Lenovo. Ketika saya buka isinya ternyata Lenovo X230 dengan kondisi sangat jelek. Kotor, dus tidak ada merek, dan charger bukan Lenovo. Juga bukan Lenovo Yoga sesuai pesanan saya maupun penggantinya Lenovo A4.

Saya hubungi nomor yang tertera di paket, namun tidak pernah ada jawaban. Saya hubungi Call Center Akulaku, saat itu CS mengatakan karena barang bukan baru alias bekas display, pihak Akulaku tidak dapat membantu; hanya dapat menginformasikan no. telepon dan alamat toko tsb. Kemudian saya coba hubungi no. telpon yang diberikan, ternyata nomor tidak terdaftar.

Laptop setelah saya gunakan internet kurang lebih 5 menit kemudian MATI TOTAL. Saya coba hubungi kembali toko Play Game dan King’s Store tetap tidak ada titik terang. Saya hubungi nomer yang ada dalam kartu garansi (distributor) tidak aktif juga. Saya tidak dapat datang ke Jakarta karena saya sedang karantina di Bogor.

Dua hari setelahnya saya hubungi lagi CS Akulaku dengan CS yang berbeda, ia mengatakan saya harus konfirmasi kepada pihak penjual, padahal saya sudah bilang toko tsb. tidak dapat dihubungi. Saya minta alamat lengkap toko tsb. namun pihak CS tidak dapat menginformasikannya.

Saya sangat kecewa sekali dengan pelayanan Akulaku kali ini. Sari pihak Akulaku ternyata kurang update dan respect terhadap toko-toko yang nakal. Pihak Akulaku juga terkesan lepas tangan, padahal meskipun barang second tetap saja marketplace ini yang menyediakan. Apalagi tagihan tetap berjalan. Apakah tidak ada verifikasi toko terlebih dahulu sebelum toko diizinkan berjualan? Juga apakah ada teguran kepada toko tersebut atas kelalaian ini? Saya harap setelah ini sudah tidak ada lagi yang melakukan transaksi di King’s store. Cukup saya saja yang menyedekahkan uang saya untuk Akulaku.

Terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb.

Syista Farihah Imtitsal
Kabupaten Bogor Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:12    Rata-Rata: 1.1/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Ibu Syista

Kepada Yth Redaksi Media Konsumen Dengan hormat, Kami ucapkan terima kasih atas kerjasama yang terjalin dengan baik selama ini antara...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Pembelian Laptop dengan Pelayanan Terburuk dari King’s Store Melalui Marketplace Akulaku

  • 7 Mei 2020 - (02:35 WIB)
    Permalink

    Sudah ada semacam trend “Lumrah” Kekecewaan dalam pembelian atau kredit online menggunakan fasilitas kredit di Online shop vendor khususnya Akulaku disini, keluhan Ibu sama dengan keluhan saya bedanya saya tidak terlalu mempermasalahkan tetapi untuk kasus saya mungkin akan saya tuangkan di surat melalui media ini juga bukan untuk mencari keadilan atau meminta pertanggung jawaban Akulaku tetapi hanya untuk “pecutan” agar perusahaan online shop wholeseller ini tahu diri sedikit dan mungkin menjadi lebih baik

  • 7 Mei 2020 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Yang begitu begitu itu sudah biasa, hampir semua penyedia toko online begitu kalau mau komplain pasti berbelit Belit responnya, biarin aja gausah bayar tagihan seterusnya, memang sangat menyakitkan tapi itu ga terlalu shock daripada yg beli lunas

    • 3 September 2021 - (21:37 WIB)
      Permalink

      Assalamualaikum wr.wb perkenalkan nama saya Agung Novandi asal cilacap jawa tengah, merantau di jakarta sudah hampir 20 Tahun.

      Sama seperti pengalaman saya ditanggal 23 Agustus 2021 yang baru saya alami saat ini.

      Ketika itu om saya yang ingin mempunyai Handphone seketika melihat browsing harga harga rekomendasi yang pas untuk dibeli, saya sekaligus pengguna akulaku sejak 2015 lalu.

      Langsung singkat saja, ketika sudah melakukan pembelian dengan total harga sekitar 3.5 juta sekian. dalam masa pembayaran 9x 516 pembayaran tetapi setelah barang sampai unboxing.

      Kaget om saya dan melaporkan kejadian ini kepada saya ( pemilik akun di akulaku)
      1. kardus box jelek kusam
      2. charger tidak original
      3. tidak ada templeglass
      4. handphone yang baru mulai di charger langsung memanas

      pengambilan handphone samsung galaxy A51 dengan Ram 8/128GB setelah saya merefund pengembalian barang itupun harus ada tindak lanjut penjual.

      saya pun beretikad melaporkan kepihak management akulaku hasilnya nihil, apakah saya harus tidak membayarkan sampai barang bukti ini menjadi persoalan serius.

      saya sudah chatt respon dengan baik tetapi penjual kurang ramah.

      apakah saya salah jika tidak membayarnya?

  • 6 Juli 2020 - (13:52 WIB)
    Permalink

    another reason why ato kenapa kita beli barang secara offline saja, ato karena pandemi, mgkn lebih ke liat marketplace apa dan nama toko nya, mgkn seperti toko ijo yang ada namanya official store yang sangat terjamin

  • 11 September 2020 - (09:02 WIB)
    Permalink

    Bu Syista bisa saya minta kontak atau alamat king’s store? Saya jg mengalami hal yg sama..saya mau menempuh jalur hukum krn sudah ada tindak pidananya..terima kasih

  • 24 Oktober 2020 - (23:43 WIB)
    Permalink

    hahaha.. saya hanya bisa geleng kepala lihat tanggapan normatif dari AL di atas. dari mana bisa tahu AL sudah kasih teguran, wong merchantnya aja masih ada dan kejadian hampir serupa dgn Mba Syita ada lagi. wkwkwkwk… ada bisnis apa ya kira2 di dalemnya. Gusti mboten sare, will see.

  • 3 September 2021 - (21:41 WIB)
    Permalink

    olshop KING’S STORE menjual produk tidak layak di perjual belikan!!!
    banyak korban konsumen yang dirugikan atas tindakan tersebut, mari sama sama kita laporkan kepihak yang berwajib.

    kita tempuh ke jalur hukum šŸ™šŸ»

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Pembelian Laptop dengan Pelayanan Terburuk dari King’s Store Melā€¦

oleh Syista dibaca dalam: 2 menit
7