Kecewa dengan Pelayanan BiznetHome Care Terkait Promo “Buy 3 Get 1 Free Month”

Saya baru pasang Biznet Home Combo IPTV 1B Basic di awal bulan April 2020, ID Pelanggan 1100000060425. Awalnya di minggu kedua bulan April ada promo Buy 3 get 1 free di website Biznet Home, dan saya mencoba klik. Tetapi ternyata hanya khusus untuk pelanggan yang baru mau pasang Biznet dan hanya berlaku untuk Biznet Home Internet bukan combo.

Saya tanya di live chat per tanggal 10 April, apakah promo tersebut bisa untuk pelanggan baru Biznet Home Compo IPTV, ternyata chat-nya sangat lama sekali dibalas. Akhirnya 10 menit saya tutup chat-nya, dan saya tidak di-follow up sama sekali oleh live chat Biznet home care-nya mengenai pertanyaan ini, ataupun permintaan/request ini.

Karena tidak di-follow up lalu saya tanyakan kepada salesnya Biznet berinisial NDP pada tanggal 11 April. Salesnya bilang promo tersebut bisa untuk pelanggan COMBO IPTV Biznet Home, silahkan saja telepon langsung ke Biznet Home Care.

Lalu saya masih menunggu follow up dari Biznet Home Care live chat, ternyata tidak ada sama sekali follow up dari mereka. Akhirnya ada masuk email Account Expiration/tagihan per tanggal 17 April 2020, tetapi hanya yang 1 bulan saja untuk melanjutkan di Awal Mei 2020.

Saya lalu pagi itu langsung telepon ke BiznetHome Care dan menanyakan promo Buy 3 get 1 free month pada tanggal 17 April 2020, dan lalu dibilang semua pelanggan Biznet bisa mendapatkan promo Buy 3 Get 1 tersebut; dan ticket sudah dibuatkan dan dibilang tagihan invoice yang baru yang promo Buy 3 Get 1 akan di-generate per akhir bulan April 2020. Ok saya akhirnya percaya dan menunggu saja, dan katanya ticket yang dibuatkan akan di-email ke saya.

Sampai seminggu, nomor ticket tidak juga di-email ke email saya. Lalu kemudian per tanggal 24 April saya telepon kembali menanyakan nomor ticket-nya saya, dan baru diberitahukan tetapi tidak juga di-email ke saya. Nomor ticket-nya adalah: #TT100235214. Di pembicaraan via telepon dengan Biznet Home Care, saya juga menanyakan statusnya bagaimana ticket yang untuk promo Buy 3 Get 1 Free ini. Dibilang oleh Biznet Home Carenya, “Sudah kami eskalasikan pak dan disetujui, invoice-nya akan di-generate di akhir bulan April per tanggal 29-30 April, dan tagihan yang sudah muncul yg hanya 1 bulan harap diabaikan saja.”. Di sini saya tegaskan “Invoice tagihan promo Buy 3 get 1 Free akan dikirimkan di akhir bulan April, dan tagihan yang sudah muncul yang hanya 1 bulan harap diabaikan saja”.

Saya tunggu invoice tagihan untuk promo Buy 3 Get 1-nya sampai tanggal 29 April 2020, belum ada masuk. Akhirnya pada hari ini tanggal 30 April juga belum masuk juga, yang ada hanyalah email reminder lagi yang tagihan 1 bulan untuk bulan Mei 2020. Karena ini sudah akhir bulan tanggal 30 April, lalu saya telepon kembali ke Biznet Home Care pagi hari ini, diterima oleh Mbak Angel menanyakan tentang ticket #TT100235214 dan invoice tagihannya mana saya bilang. Ternyata dibilang, “Mohon maaf pak, untuk pelanggan COMBO IPTV belum bisa mendapatkan promo Buy 3 Get 1.”.

Saya kaget dan marah. Loh, minggu lalu saya sudah telepon katanya per akhir bulan ini saya akan terima invoice Tagihan Promo Buy 3 Get 1 Free. Ternyata tidak dapat promo. Jika tidak dapat promo harusnya minggu lalu sudah dibilang, atau saya langsung dihubungi mengenai hal ini; ternyata tidak dihubungi dan customer sendiri yang harus menghubungi Biznet Home Care menanyakan promo ini. Saya sudah merasa dibohongi oleh Biznet.

Disini terlihat bahwa Layanan Biznet Home Care itu sangat tidak profesional (live chat ataupun telepon) dan sangat tidak memuaskan. Juga tidak ada koordinasi dengan tim internal Biznetnya sendiri dengan baik antara home care, dengan engineer ataupun dengan tim sales/tim finance Biznet. Jika memang promo itu tidak bisa, seharusnya jangan diabaikan dan langsung ditelepon customer-nya mengenai update status ticket-nya, dan tidak perlu menunggu sampai 2 minggu. Jangan menipu/berbohong/memberi harapan palsu kepada customer, disuruh menunggu invoice tagihan sampai Akhir Bulan, ternyata promonya tidak bisa.

Disini terlihat juga tidak ada integritas diri dalam tim Biznet dan sinergi didalam timnya. Di sales bilang bisa dapat promo untuk pelanggan COMBO IPTV, di home care juga bilang bisa dapat promo dan tinggal tunggu Invoice tagihan di akhir bulan April. Tetapi akhirnya sepertinya tim internal finance/billing nya Biznet yang bilang tidak bisa dapat promo.

Saya akhirnya telepon kembali ke Biznet Home Care di tanggal 30 April, itu yang kedua kalinya dan ingin memutuskan layanan Biznet dan tidak memakai Biznet Home lagi per 1 Mei 2020; dikarenakan layanan Biznet home care/sales-nya yang telah memberi harapan palsu dan membohongi customer di bulan Ramadhan ini. Untuk biaya penalty pemutusan layanan nanti akan saya bayarkan sesuai dengan kontrak yang tertulis.

Saya lebih baik lagi tidak memakai layanan Biznet dan tidak berhubungan dengan tim yang tidak bisa mempunyai profesionalisme, integritas, dan sinergi. Serta telah memberi harapan palsu/berbohong mengenai pelanggan COMBO IPTV bisa dapat promo Buy 3 Get 1 Free.

Update terbaru per 04-Mei-2020:

Pagi ini per tanggal 04 Mei 2020 saya kembali mendapatkan reminder untuk pembayaran tagihan Mei 2020, padahal per tanggal 30 April saya sudah meminta pemutusan layanan karena kebohongan dan pelayanan dari tim Biznet; dan per 01 Mei 2020 saya sudah cabut semua modem dan STB-nya Biznet.

Akhirnya saya telepon ke Biznet home care tanggal 04 Mei 2020 jam 09:26, dan ternyata yang telepon saya kedua tanggal 30 April 2020 jam 10:02 tentang pemutusan layanan Biznet diabaikan oleh Biznet customer care-nya (laki-laki). Juga tidak ada dicatat di ticket baru ataupun di ticket yang lama #TT100235214 (Ini berarti juga menunjukkan pelayanan Biznet home care untuk mengenai penutupan layanan Biznet juga termasuk parah dan tidak ada profesionalismenya).

Dengan bantuan Biznet home care Mbak Eva akhirnya per hari ini tanggal 04 May 2020 dibuatkan ticket #TT100242570 perihal penutupan layanan Biznet; dan saya masih menunggu formulir penutupan layanannya untuk dikirimkan ke email saya.

Saya lebih baik lagi tidak memakai layanan Biznet dan tidak berhubungan dengan tim yang tidak bisa mempunyai profesionalisme, integritas, dan sinergi; serta telah memberi harapan palsu/berbohong mengenai pelanggan COMBO IPTV bisa dapat promo Buy 3 Get 1 Free.

Jika promo dan tim Biznet sales dan home care awalnya bilang bisa dan disuruh tunggu invoice baru, ya bisa, jangan menipu dan membohongi konsumen akan promonya. Lebih baik bilang tidak bisa diawal sehingga tidak ada kekecewaan dan tidak ada kebohongan, dan semua tetap senang dan tidak ada marah-marah, kontrak tetap berlanjut. Padahal Biznet bukan termasuk perusahaan yang baru berdiri, tetapi pelayanannya seperti ini.

Surat ini harap ditujukan kepada tim management Biznet agar bisa mendidik integritas, kejujuran, dan sinergi untuk seluruh timnya termasuk untuk melayani customer.

Terima kasih.

Salam,
W. Danyanto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Biznet:
[Total:3    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan Biznet atas Surat Pembaca Bapak W. Danyanto

Terkait dengan surat pembaca yang dilayangkan oleh Bapak W. Danyanto melalui mediakonsumen.com dengan judul “Kecewa dengan Pelayanan BiznetHome Care Terkait...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan BiznetHome Care Terkait Promo “Buy 3 Get 1 Free Month”

  • 3 Februari 2021 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Saya sudah menjadi pelanggan biznethome sejak namanya masih max3, dan jujur memang saya merasakan penurunan kualitas jauh untuk layanan pelanggannya sejak berubah nama jadi biznet home. dulu saya sering menerima pemberitahuan soal layanan drop sebelum/setelah kejadian down dan saya sangat menghargai itu karena namanya layanan internet pasti ada downtimenya. dan tiap laporan saya selalu difollow up walau kadang terlambat tapi tetap niatnya yang saya hargai.

    sekarang? boro-boro. laporan susah payah ke call center trus ujung2nya cuma dapet jawaban generik “sudah dibuatkan tiket laporan nomor sekian dst dst” dan tidak ada follow up apa-apa. saya tidak mengerti bagaimana kualitas servis max3 yang sudah bagus bisa menurun sampai separah ini, ya biasanya tidak jauh-jauh dari kualitas manajemennya yang abal-abal.

 Apa Komentar Anda mengenai Biznet?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan BiznetHome Care Terkait Promo “Buy 3 Get…

oleh Wachyu Danyanto dibaca dalam: 4 menit
2