Beli di JD.ID, Kipas Angin Kurang Part, Pengembalian Di-cancel, Email Komplain Tidak Dibalas

Saya pelanggan jd.id sejak 2017. Pada tanggal 26 Mei 2020 saya memesan COSMOS Stand Fan 2in1 16 inch – 16-SN di JD.ID dengan Nomor Pesanan: 1023658962 dan paket datang pada 31 Mei 2020 dengan kemasan hanya kardus, tanpa bubble wrap ataupun pengaman lainnya, saya sempat khawatir namun mungkin karena expedisi oleh internal JD.ID mereka merasa lebih aman. Setelah paket saya buka, berikut kronologis yang saya alami:

  1. Setelah semua part saya keluarkan dan akan dirangkai (mengikuti manual book yang disertakan), kipas yang saya beli adalah model 2in1 bisa berdiri dan duduk, namun ternyata tiang penyangga tidak ada sehingga bahkan jangankan berdiri, duduk pun tidak bisa karena tidak ada penghubungnya.
  2. Saya mengirimkan email komplain ke cs@jd.id pada 31 Mei 2020 dan dibalas oleh CS Neftia akan dibantu diteruskan ke pihak internal, selain itu saya juga mengajukan pengembalian via website jd.id dengan disertai foto barang yang saya terima
  3. Tanggal 1 Juni 2020 saya di email oleh audit.handling@jd.id bahwa pengajuan kendala tersebut di cancel karena tiang yang saya cari ada di dalam tiang yang lain (bertentangan dengan manual book yang mereka sertakan dalam kardus) dan malah menyarankan saya mengikuti buku petunjuknya. Jika memang tidak ada agar menginfokan via video ke email tsb.
  4. Saya cek, ternyata tidak ada, saya video dan reply ke email tsb kurang dari 2 jam setelah email masuk, namun hingga saat ini tidak ada balasan lebih lanjut.
  5. Pada tanggal 2, 3, dan 4 Mei 2020 saya setiap hari mengirimkan email meminta konfirmasi ke cs maupun audit handling dari jd terkait case ini, namun tidak ada jawaban yang saya terima.
  6. Tanggal 3 Juni saya mengajukan lagi pengembalian via web jd.id, namun kembali di cancel dengan alasan “karena produk tidak mendukung syarat dan ketentuan pengembalian produk 7 – 15 hari” tanpa menjelaskan pasal mana yang tidak sesuai. Ketika saya reply pun tidak ada balasan email lebih lanjut.
  7. Mohon kejelasan untuk kekurangan part kipas angin yang saya beli ini.

Pertanyaan untuk jd.id, apakah memang sengaja mengulur waktu dengan tidak membalas email agar lebih dari 7-15 hari dari penerimaan agar bisa terbebas dari garansi pengembalian yang ada di jd.id?

Tintus Ardi
Kab Pasuruan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:4    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Tintus

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Tintus pada hari Jumat, 5 Juni 2020 lalu di...
Baca Selengkapnya

Loading...

Satu komentar untuk “Beli di JD.ID, Kipas Angin Kurang Part, Pengembalian Di-cancel, Email Komplain Tidak Dibalas

  • 6 Juni 2020 - (12:43 WIB)
    Permalink

    mas, saran saya cari perwakilan cosmos terdekat atau mention di sosmed mereka, sy juga pernah kejadian walo beda merk, komplain ke mrktplce tdk bisa akhirnya menghub pihak brand-nya langsung, dan dibantu , spare part yg kurang disediakan oleh mereka. Mungkin bs dicoba dgn cara seperti itu ke pihak cosmos-nya.

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Beli di JD.ID, Kipas Angin Kurang Part, Pengembalian Di-cancel, Email …

oleh Tintus dibaca dalam: 1 min
1