Proses Refund dan Pelayanan Traveloka Sangat Mengecewakan

Pada tanggal 19 Januari 2020, saya memesan tiket di Traveloka dengan tujuan Jakarta Bangkok menggunakan maskapai Malindo untuk keberangkatan 19 May 2020, Bangkok Chiangmai Bangkok menggunakan maskapai Vietjet untuk keberangkatan 20 May 2020 dan Bangkok Jakarta menggunakan maskapai SQ untuk keberangkatan 29 May 2020.

Namun dikarenakan adanya Virus Corona, saya mencoba mengajukan refund pada tanggal 14 Maret untuk penerbangan saya ke Bangkok menggunakan Malindo dan ternyata memang penerbangannya dibatalkan dari pihak maskapai. Kemudian pada tanggal 19 Maret saya mencoba untuk mengajukan refund juga untuk penerbangan Bangkok Jakarta menggunakan SQ, dan yang terakhir tanggal 22 May saya mengajukan refund untuk penerbangan Bangkok Chiang mai menggunakan Vietjet.

Namun yang sangat membuat saya kecewa, refund saya sampai detik saya menulis ini, masih dalam proses bahkan belum disetujui oleh pihak maskapai. Beberapa kali saya mencoba menghubungi maskapai sendiri, tetapi pengajuan harus melalui Traveloka, karena pembelian dari Traveloka dan bahkan untuk SQ, code booking saya tidak terlacak dan tidak ada pengajuan refund pula dari pihak Traveloka.

Yang saya tidak mengerti, ini sudah lebih dari 3 bulan, tapi pihak Traveloka ketika ditanya, jawabannya selalu menunggu jawaban dari pihak maskapai. Sedangkan pihak maskapai tidak menerima pengajuan refund.

Tolong kejelasan dari pihak Traveloka, dan memberikan refund sepenuhnya hak saya, karena sudah tertera di term & condition maskapai, bahwa saya bisa mengajukan refund karena kondisi corona yang tidak memungkinkan berangkat.

Lie Yen Hua
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:13    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Traveloka untuk Ibu Lie Yen Hua

Kepada Yth., Ibu Lie Yen Hua Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama-tama, perkenankan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Proses Refund dan Pelayanan Traveloka Sangat Mengecewakan

  • 28 Juni 2020 - (23:25 WIB)
    Permalink

    Ternyata beda2 ya prosedur antar masing2 agen perjalanan online, kalau di sini malah harus agennya yang mengajukan ke maskapai, kalau di toko sebelah malah saya yang harus mengajukan sendiri sementara agen mah santai dulu ah.

    Tapi YANG SETALI TIGA UANG adalah: mau konsumen yang mengajukan sendiri, ataupun agen yang mengajukan, akhirnya setelah refund datang dari maskapai, tetap aja refund dipinjam paksa oleh agen & ditunda-tunda penerusannya kepada konsumen.

    Aneh bin ajaib. Apa memang ada kesepakatan bersama SOP seperti itu ya…
    Sungguh malang nasib konsumen agen perjalanan online di negara ini.
    Saran saya di kemudian hari bisa lebih mempertimbangkan untuk booking langsung ke maskapai ybs saja, supaya entar kalau ada kejadian2 tidak terduga di masa depan, lebih mudah mengurusnya, karena hanya berhubungan dengan 1 pihak saja (maskapai) tanpa ada pihak perantara/makelar yang unhelpful seperti ini.

    • 29 Juni 2020 - (07:16 WIB)
      Permalink

      Sepertinya lebih enak kalo langsung berhubungan ke maskapai dibanding agen.. Ntah kenapa pas saya check ke SQ aja, code booking nya tidak terdaftar. Dan jawaban dr traveloka selalu sama.. Mohon maaf diminta sabar menunggu, bahkan waktu pengajuan refund awal pun ga bisa pilih karena covid. Pengalaman teman saya bbrp org, yang bs langsung proses ke maskapai hanya dalam 2 minggu uang kembali. Memang untuk next nya saya tidak mau lagi pesan lewat traveloka, sungguh mengecewakan.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Proses Refund dan Pelayanan Traveloka Sangat Mengecewakan

oleh Lie Yen Hua dibaca dalam: 1 min
2