Data Seluler “Off” tetapi Pulsa Habis untuk Akses Internet XL

Pada tanggal 17 Juli saya mendapatkan sms pemberitahuan adanya penggunaan tarif untuk akses internet di nomor XL saya, sedangkan saya tidak menggunakan akses internet di nomor tersebut. Saya cek pulsa saya ternyata memang ada pemotongan, sedangkan data seluler di handphone sudah dimatikan. Sms pemberitahuan itu tidak hanya saya dapatkan satu kali, tetapi beberapa kali.

Sangat disayangkan kenapa bisa ada pemotongan pulsa seperti ini. Bukankah apabila data seluler sudah off internet saya tidak berjalan? Kenapa bisa ada pemotongan pulsa untuk internet? Saya sudah lakukan pengecekan pengaturan handphone berulang kali untuk memastikan bahwa data seluler sudah dalam kondisi off, tetapi saya masih menerima sms pemberitahuan tersebut dan pulsa masih terpotong.

Sebelumnya tidak pernah ada kendala seperti ini, dan saya merasa dirugikan karena pulsa saya terpotong sedikit demi sedikit. Saat sadar tiba-tiba pulsa saya sudah habis. Bagaimana solusinya agar saya tidak terpotong pulsa lagi, padahal data seluler saja sudah off?

Saya berharap XL dapat memberikan solusi untuk keluhan saya ini, jangan tiba-tiba memotong pulsa yang sebenarnya memang tidak saya gunakan.

Terima kasih,

Prabawani
0819303905**
Yogyakarta


Catatan redaksi (diperbarui 5/8/2020): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:15    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Data Seluler “Off” tetapi Pulsa Habis untuk Akses Internet XL

    • 22 Juli 2020 - (22:08 WIB)
      Permalink

      Pernah mengalami hal yg sama..dan berarti sampai saat ini permasalahan itu masih ada.. dan akhir nya sampai saat ini saya berpindah ke operator sebelah yang lebih baik.

      • 18 Desember 2020 - (23:12 WIB)
        Permalink

        Saya baru ngalamin hal yg sma,kirain berlangganan apa,trnyata gk,data dimatikan,plsa nya ttp hbis,mau nangis rsnya,pdhal lgi butuh bnget plsa,

    • 23 Juli 2020 - (09:59 WIB)
      Permalink

      Coba ke pengaturan Dual mode 4G nyala ga?
      setting yg XL anda ke 2G atau 3G, soalnya android saya jg gitu gan.. kalau dua2 kartunya 4G pasti dihitung internet nyala..

  • 22 Juli 2020 - (22:50 WIB)
    Permalink

    Wah sy kira cm pnya sy aja. Ternyata ada jg yg senasib. Smp akhirnya aq akalin dgn cara mengatur batas pemakaian inet 0kb. Sedikit mengganggu sih krn notif peringatan data selular tercapai selalu nongol. Tp drpd pulsa sy abis percuma.

    • 23 Juli 2020 - (09:59 WIB)
      Permalink

      Coba ke pengaturan Dual mode 4G nyala ga?
      setting yg XL anda ke 2G atau 3G, soalnya android saya jg gitu gan.. kalau dua2 kartunya 4G pasti dihitung internet nyala..

  • 23 Juli 2020 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Iya, ngeri sekali sih.

    Tetangga saya yang pakai XL juga ngeluh kalau pulsanya yang 150 ribu tiba tiba hilang. Padahal jaringan data sudah di set di nomor satunya yang Telkomsel, tapi tetep saja tersedot oleh sms penggunaan data tarif pulsa.

  • 23 Juli 2020 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Coba ke pengaturan Dual mode 4G nyala ga?
    setting yg XL anda ke 2G atau 3G, soalnya android saya jg gitu gan.. kalau dua2 kartunya 4G pasti dihitung internet nyala..

  • 23 Juli 2020 - (11:47 WIB)
    Permalink

    Iya itu kurangnya pake Provider XL.. kalo saya mending beli paket langsung dari ewallet atau ke minimarket daripada isi pulsa kepotong terus.. sesekali isi pulsa buat perpanjang masa tenggang doang

  • 23 Juli 2020 - (13:00 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal yg sama, perlu ditekankan kalau ini sama sekali bukan dikarenakan status 4G di android, tp pure permasalahan dr provider yang bersangkutan, krn sudah saya buktikan sendiri, saya coba replace dengan kartu dr provider lain (operator merah), pulsa terisi, paket data off(sengaja ga diisi utk testing), tidak ada fitur pulsa safer, nyatanya aman2 aja, cukup saya matikan saja mobile datanya ga perlu embel2 pindah posisi kartu lah, dipindah 2G/3G, dll, pulsa aman selama 3 bulan ga ada pengurangan utk data yg disebut PAYU itu, jd apple to apple.

    Memang utk saat ini solusi utk prov XL setiap paket data habis dan ada pulsanya dengan cara dimatikan mobile datanya dan di switch ke status 2G/3G, meskipun begitu tetap aja ini bisa diduga semacam kecurangan, krn msalahnya bukan dr smartphone kita, tp dr providernya…

  • 23 Agustus 2021 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Agustus 2021,disaat peringatan kemerdekaan, ternyata kita masih tidak merdeka dr praktik praktik pemerasan dan merugikan konsumen seperti ini. Pada bulan ini sy masih merasakan hal yg sama. Pulsa sy berkurang setiap hari karena internet padahal mobile data sudah dimatikan. XL benar-benar merugikan.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Data Seluler “Off” tetapi Pulsa Habis untuk Akses Internet…

oleh Ika Wardati Dian Prabawani dibaca dalam: 1 menit
11