Teknisi Perbaikan MyRepublic Perlu Dipertanyakan

Saya pelanggan MyRepublic dengan nomor ID: C1228128. Ini merupakan artikel ke-3 saya dalam membahas tentang layanan customer service yang diberikan oleh ISP tercinta kita MyRepublic. Kejadian kali ini hampir mirip dengan artikel saya yang ke-2. Masalah tentang slot optik yang ada di box ODP (Optical Distribution Point) milik MyRepublic.

Kali ini saya mulai dengan gangguan LOS (Lost of Service) yang saya alami pada tanggal 21 Juli 2020 pada pukul 10:42 pagi. Koneksi sangat lancar sekali dan pada saat itu saya sedang ada meeting koordinasi via Zoom dengan rekan kerja saya. Karena tiba-tiba koneksi saya terputus saya pun langsung melihat ke arah Modem ONT saya dan terlihat LED indikasi LOS menyala merah kedap-kedip.

Namun kali ini ada yang beda dari yang saya lakukan seperti biasanya kalau terjadi gangguan LOS. Biasanya saya langsung menghubungi CS MyRepublic melalui Twiiter & e-mail, tapi kali ini saya langsung ada inisiatif untuk mengecek box ODP yang ada di tiang dimana box ODP tersebut adalah tempat terminasinya kabel optik yang dari rumah saya.

Jarak dari rumah menuju box ODP itu lumayanlah dari rumah saya sekitar hampir 100 meter. Kenapa saya langsung ada inisiatif mengecek box ODP tersebut karena seperti pengalaman sebelumnya bahwa slot optik saya pernah ditukar-tukar oleh teknisi mereka sendiri. Saya langsung jalan kaki menuju ke tiang tersebut dan alhasil benar feeling saya, ternyata ada dua orang entah itu orang MyRepublic atau subkon mereka yang satu sedang naik ke tiang yang satunya pakai baju kemeja hitam sedang menunggu di bawah.

Tanpa basa-basi langsung saya samperin kedua orang itu dan langsung saya jelasin ke teknisi yang sedang dibawah kalau saat ini jaringan saya LOS. Kurang lebih percakapannya seperti ini, saya ubah ke bahasa Indonesia karena percakapan asli menggunakan bahasa daerah.

Saya: “Mas, lagi ngapain? Jaringan saya LOS sekarang”
Teknisi 1: “Ah yang bener LOS? LOS barusan tadi atau udah lama?”
Saya: “Barusan sekali”

Terus si teknisi 1 (yang menunggu dibawah) langsung teriak memberi tahu ke teknisi 2 yang sedang diatas kalau jaringan saya LOS. Tidak berapa lama kemudian si teknisi 2 yang diatas tadi turun dan bilang “Coba dicek lagi kak, udah gak LOS lagi itu” terus langsung saya jawab “Oke” saja karena sebenarnya sambil menahan emosi gara-gara mereka meeting Zoom saya jadi terganggu.

Saya langsung jalan kaki lagi balik kerumah dan ketika saya sudah sampai rumah ternyata modem ONT saya LED indikasi LOS nya masih merah kedap-kedip. Wah-wah langsung saya balik lagi ke sana dan yang terjadi adalah: Kedua orang tersebut sudah tidak ada lagi di sana. Dalam hati saya langsung wahh beneran ini, rasanya saya seperti dikerjain orang.

Kemudian saya langsung komplain via Twitter, e-mail dan BotTelegram mereka. Untuk BotTelegram-nya lumayan lah, tapi percuma juga kalau untuk gangguan LOS, cuma sekedar untuk membuat trouble ticket tanpa ada detail kapan diperbaiki menurut saya sebagai pelanggan ya percuma dan seperti biasa, respon CS yang sangat lambat. Malamnya sekitar jam 7 an akhirnya saya mendapat balasan chat twitter kalau akan ada kunjungan teknisi besok 22 Juli 2020 dengan range jam 15.00 – 17.00.

Namun hingga sampai detik ini jam 9 malam saya menulis artikel ini tanggal 22 Juli 2020 tidak ada sama sekali teknisi yang menghubungi saya dan datang kerumah saya dan di e-mail saya ada perubahan jadwal kunjungan teknisi menjadi besok 23 Juli 2020 dengan range jam 17.00 – 19.00. Ya, saya sih sudah tidak heran kalau masalah kunjungan, sudah berkali-kali dan tidak ada improvement dari MyRepublic atas layanan customer service mereka.

Yang saya permasalahkan di sini, kok bisa ada kejadian seperti ini dimana gangguan LOS itu disebabkan oleh teknisi mereka sendiri? Kenapa saya berani mengatakan hal tersebut karena sudah terlihat sangat jelas seperti yang saya ceritakan diatas. Saya sebagai pelanggan sudah merasa tidak nyaman lagi dengan perkabelan optik di box ODP tersebut dan gangguan LOS itu pasti memakan waktu lama untuk selesai seperti kejadian saya sebelumnya sampai 9 hari LOS internet tidak bisa dipakai dengan sebab yang sama.

Masa setiap ada orang naik ke box ODP tersebut jaringan saya LOS dan ini bukan pertama kalinya, ini yang kedua kalinya terjadi. Apakah saya perlu pasang CCTV di dekat tiang tersebut atau sewa orang buat jaga tiang tersebut? kan tidak lah. Saya bayar tidak pernah nunggak tapi kok hak saya, slot optik di box ODP tersebut bisa dengan mudahnya di cabut. Buat apa saya mengada-ada cerita sampai repot-repot membuat artikel ini.

My dear MyRepublic. Tolonglah untuk management MyRepublic harap dapat lebih diperhatikan lagi dan beri teguran terhadap tim lapangan yang seperti itu terutama untuk supervisi/koordinator tim lapangannya. Kalian juga seharusnya dapat menghargai profit dari pelanggan lama seperti saya ini. Dan saya sudah putuskan untuk saat ini kalau perbaikan lebih dari 3×24 jam saya tidak bisa jamin untuk masih tetap berlangganan.

Saya sebagai pelanggan sangat butuh kenyamanan dalam penggunaan jasa kalian tetapi kalau sampai seperti ini dan sudah terjadi 2 kali dan kalian berharap saya bisa tahan untuk yang ke 3 kalinya kedepan? saya rasa tidak. Saya sangat berharap sekali artikel ini sampai ke management MyRepublic tetapi kalau kejadian seperti ini sudah menjadi rahasia umum untuk mereka, ya apa daya saya yang hanya pelanggan biasa.

Ardiansyah Sumardi
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai MyRepublic:
[Total:18    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan MyRepublic atas Surat Bapak Ardiansyah

Yth, Bapak Ardiansyah Sumardi, Menanggapai keluhan Bapak Ardiansyah di Media konsumen.com pada hari Jumat, 24 Juli 2020 perihal “Teknisi Perbaikan...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Teknisi Perbaikan MyRepublic Perlu Dipertanyakan

    • 26 Mei 2021 - (11:55 WIB)
      Permalink

      saya juga mengalami hal yang sama, baru saja kemarin ketika saya sedang skype call tiba2 internet saya mati dan ketika saya menghampiri tiang box dan memergoki teknisi berada di tiang box menggunakan tangga dan mencabut kabel saya dari box, id myrep saya 1124340

      ketika saya minta untuk dipasang kembali, sampai saya bolak balik ke rumah tetap tidak nyala. dia malah menyuruh saya utk membuat laporan, dan teknisi akan datang 2 hari lagi.

      mohon agar diperhatikan teknisinya, kami membayar my republic tanpa telat dan saya berlangganan myrep sudah lebih dari 3 tahun.

      terima kasih

  • 27 Juli 2020 - (22:30 WIB)
    Permalink

    Saya juga ingin berbagi pengalaman mengalami kendala tersebut dengan penyedia provider lain. Bahkan saya sudah beberapa kali ganti provider dan mengalami masalah yang sama yaitu kendala LOS yg disebabkan gangguan Instalasi kabel di tiang.

    Saya heran setiap saya baca review dan complain, rata-rata konsumen mengeluhkan gangguan layanan yang sama dengan ada indikasi oknum teknisi subvendor yang dilapangan terlibat, entah apa yang menjadi niatan sampai kejadian serupa berulang-ulang.

    Semoga semua pihak penyedia provider di Indonesia mengevaluasi hal ini supaya konsumen tidak menjadi korban akibat kesengajaan maupun ketidaksengajaan dari oknum yang mengambil keuntungan, dan semoga konsumen di Indonesia semakin cerdas dan sadar bahwa hak-hak konsumen dijamin oleh undang-undang. Terima kasih dengan adanya mediakonsumen.com kami para konsumen terbantu.

    • 28 Juli 2020 - (05:27 WIB)
      Permalink

      Saya juga heran, entah ini apakah sebuah permainan lapangan atau gimana. “Biar case hari ini close” mungkin atau gimana, cuma ya… percuma aja kalau begitu, yang ada malah buat masalah baru dan kalau memang begitu saya jadi semakin bingung. Kejadian seperti ini memang sangat sulit untuk dimaklumin.

      Kalaupun si teknisi mau troubleshoot pelanggan A seharusnya juga ngapain mereka mencabut/mengutak-atik kabel optik pelanggan B. Si teknisi pasti tau lah mana kabel si pelanggan A di box ODP karena pasti mereka menggunakan laser untuk menelusuri kabel optik pelanggan A. Balik lagi ke pengawasan sih sama SOP-nya gimana (kalau ada).

    • 25 September 2020 - (23:28 WIB)
      Permalink

      sama persis disini juga gitu padahal lagi gencar2nya jargon virtual katanya , kayak gak ada lahan lain aja yang bisa dimainin.

 Apa Komentar Anda mengenai MyRepublic?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Teknisi Perbaikan MyRepublic Perlu Dipertanyakan

oleh Ardiansyah Sumardi dibaca dalam: 3 min
5