Kecurangan yang Merugikan di Game “Shopee Link” Dibiarkan oleh Shopee

Saya pemilik salah satu akun Shopee yang setia mengikuti game Shopee Link sejak dimulai tanggal 20 Juli-9 Agustus 2020. Saya memiliki peringkat tertinggi dengan hanya kalah 2x dari total 703 game (50 game/hari yang telah berlangsung 2 minggu). Total point saya hingga hari ini 2 Agustus 2020 adalah 701 poin (minggu 1 351, minggu 2 350).

Di peraturan game ini dari Shopee tertulis bahwa poin akan di-reset tiap hari Senin, token yang dikumpulkan: 3 free dari Shopee (yang akan masuk pukul 9 pagi, 12 siang, 3 sore) dan bisa membeli maksimal 47 token per hari (dibeli dengan 200 koin Shopee atau senilai 200 rupiah). Setiap memenangkan game mendapat 130 diamond dan nanti bisa ditukarkan hadiah (contohnya : emas 8 gr 75 ribu diamond, emas 10 gr 95 ribu diamond, Samsung S20 Ultra 115 ribu diamond dan iPhone 11 Pro 135 ribu diamond).

Hingga surat ini ditulis yang tersisa seharusnya adalah emas 10 gr, Samsung S20 Ultra dan iPhone 11 Pro, tapi karena kecurangan yang dibiarkan hanya tinggal Samsung S20 Ultra dan iPhone 11 Pro). Sekali lagi, faktanya saya adalah pemegang skor tertinggi dengan cara yang jujur dan fair yaitu memainkan game setiap hari 50x (saya punya bukti semua progress dan screenshot leaderboard peringkat 1-100 dari 20 Juli hingga 1 Agustus). Sehingga logikanya saya lah orang pertama yang seharusnya bisa mencapai nilai minimal diamond tsb untuk menukarkan hadiah.

Tertulis juga bahwa TOKEN YANG DIBELI HANYA BISA DIGUNAKAN PADA HARI YANG SAMA. Tapi yang terjadi adalah ternyata beberapa pemain (entah darimana mengetahui cara curang ini) bisa mengumpulkan token selama beberapa hari dan dimainkan sekaligus dalam 1 hari. Sehingga pada hari Senin minggu lalu tanggal 27 Juli, banyak pemain yang bisa mendapatkan skor hingga 93 (lebih dari batas 50) di hari pertama. Padahal maksimal hanya 50 poin saja jika menang seluruh game. Di sini saja sudah terjadi kecurangan.

Saya sudah adukan hari senin dan baru ditanggapi via email oleh pihak Shopee (atas nama July) di tanggal 31 Juli dengan penjelasan bahwa pemain-pemain tersebut sudah membeli token pada hari sebelumnya. Padahal tertulis aturan TOKEN YANG DIBELI HANYA BISA DIGUNAKAN PADA HARI YANG SAMA.

Pada keesokan harinya saya menghubungi CS kembali untuk melaporkan hal ini dan mendapat respon email oleh tim Shopee bernama Teguh dan berkata bahwa akan dilakukan penyesuaian yang mana tidak pernah terjadi sampai sekarang. Ini pun dibiarkan oleh pihak Shopee dan tidak ada tindakan apapun sehingga pemain-pemain tersebut hingga saat surat ini ditulis bisa mendapatkan poin lebih dari 350 (padahal maksimal 1 minggu hanya 350, dan saya mendapat 350 karena sempurna memenangkan semua game).

Lalu hari ini tanggal 2 Agustus 2020 tiba-tiba peraturan berubah dan setiap memenangkan game mendapat 160 diamond. Yang merugikan adalah, karena Shopee membiarkan pemain-pemain menukarkan dan menimbun token yang tidak sesuai dengan peraturan yang tertulis (bahwa TOKEN YANG DIBELI HANYA BISA DIGUNAKAN PADA HARI YANG SAMA), maka ada pemain-pemain yang bisa mengumpulkan 600 token lebih dan tiba-tiba pada hari ini memenangkan 634 game dalam 1 hari (yaitu hari ini ketika setiap game yang dimenangkan mendapat 160 diamond).

Sementara saya dan ratusan pemain lain yang mengikuti aturan hanya memainkan game saat diamond hanya 130/game jika menang). Sehingga tiba-tiba dia bisa menukarkan hadiah emas 10 gram dimana saya pun sebagai pemegang skor tertinggi (secara jujur dan fair tiap hari main 50x) BELUM BISA menukarkannya karena nilai diamond yang belum cukup (karena saya main sesuai aturan). Ada 3 orang pemain yang menggunakan cara curang ini yang dibiarkan oleh Shopee, dan entah ada berapa lagi.


Saya minta keadilan dan tindak lanjutnya mewakili pengguna lain yang sudah menukarkan ratusan ribu koin Shopee selama bermain 2 minggu terakhir ini dengan cara yang jujur dan fair (50 game/hari sesuai aturan), karena kami kehilangan kesempatan untuk menukarkan hadiah akibat kecurangan yang dibiarkan ini. Saya minta:

1. Pihak Shopee setiap hari mereset token sehingga tidak bisa digunakan di hari yang selanjutnya (harus di hari yang sama dengan penukaran/pembelian token seperti aturan yang tertulis).

2. Pihak Shopee membatalkan hadiah emas 10 gr yang hari ini baru saja ditukarkan oleh akun “rikawidjaja78” karena tidak ada akun lain yang bisa menukarkan kecuali pemain tsb yang tiba-tiba memainkan 634 token lebih saat diamond per game menjadi 160 (saya punya screenshot semuanya, penukaran terjadi sekitar pk 9-10 pagi ini). Ini sangat merugikan saya dan pemain lain yang sudah berusaha mengikuti aturan permainan dengan jujur dan fair. Saya punya semua screenshot leaderboard dari no 1-100, hari pertama hingga 1 Agustus 2020 dan tidak pernah ada nama “rikawidjaja78” di leaderboard tersebut. Sehingga ini membuktikan bahwa semua/sebagian besar poin tersebut ditukarkan pada hari ini 2 Agustus 2020 ketika skor tiba-tiba ditambahkan menjadi 160 diamond/game.

3. Pihak Shopee men-diskualifikasi semua pemain yang telah menimbun token lebih dari 50 token untuk digunakan dalam 1 hari (saya juga ada screenshot progress per hari nya), karena ini bisa digunakan untuk kecurangan saat sewaktu-waktu ada penambahan poin. Karena ini adalah aturan mendadak, saya mencurigai adanya kerjasama dengan pihak karyawan Shopee atau pihak intern lain yang terlibat yang membocorkan bahwa akan ada diamond tambahan di hari ke sekian. Karena sebagai pemain yang tiap hari main di game ini saya tahu persis (dan saya punya screenshot aturannya) tidak ada ciri-ciri atau tanda-tanda bahwa poin akan tiba-tiba ditambahkan di hari tertentu, kecuali memang ada bocoran seperti itu dari oknum yang bekerjasama dengan pemain-pemain ini.

4. Jika ada hadiah lain yang ditukar dengan cara curang seperti ini (semua token dimainkan dalam 1 hari ketika poin dilipatgandakan/ditambah), saya minta hadiah tersebut dibatalkan dan dikembalikan karena itu bukan hak pihak-pihak curang tersebut. Dengan Shopee membiarkan hadiah tersebut di-redeem oleh pihak yang curang berarti Shopee mendukung kecurangan tersebut dan semakin menguatkan dugaan akan kemungkinan adanya kerjasama dengan pihak intern di baliknya.

Demikian surat terbuka mengenai kecurangan ini kami buat karena belum ada tindak lanjut dari pihak Shopee sejak kami mengadukan ini hari senin tanggal 27 Juli 2020 kepada customer service-nya. Yang kami dapat hanya jawaban email bahwa pihak/tim Shopee MENGAKUI ADANYA DAN MEMBIARKAN pemain-pemain menimbun token di hari-hari sebelumnya, dan ini tidak sesuai aturan “TOKEN YANG DIBELI HANYA BISA DIGUNAKAN PADA HARI YANG SAMA” padahal aturan ini tertulis di game Shopee Link. Saya tunggu respon dan tindak lanjutnya atas kerugian dari kecurangan game Shopee Link yang saya alami.

Terima kasih.

Gregori Alouw
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:11    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Kecurangan yang Merugikan di Game “Shopee Link” Dibiarkan oleh Shopee

  • 23 Oktober 2020 - (18:51 WIB)
    Permalink

    Gue menang shopee link 2 Minggu berturut2 dengan point yg beda jauh sma juara 2, jangankan iPhone hadiah goceng aja gk ada 🤣
    Gw udh chat sma agent tp ya responnya basi, mau memperbaiki lah mau meningkatkanlah dan chat berikutnya dpt jawaban yg lumayan sih menjelaskan kalo permainan sdh d atur sedemikian rupa oleh tim terkait (dan dstu gw sadar ya brati yg menang orang2 yg emng udh d pilih dan d atur) gw banyak screenshoot bukti kecurangan nya ada ratusan blm sempet gw share lumayan untuk berbagi info k yg lain rugi buang2 token hadiah palsu

    • 26 Oktober 2020 - (13:03 WIB)
      Permalink

      Oh iyaa ka? Aku baru mau mulai ngegas shope link padahaal. Berapa emg ka perolehan poin kemaren yg didapet?

  • 5 Januari 2021 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Wah udah penuh perhitungan nih. Tapi aku malah baru tau cara kerjanya biar dpet itu hadiah gede2. Wakakaka
    Btw, game shoope ilang sekarang

    • 5 Januari 2021 - (19:09 WIB)
      Permalink

      Saya pake shopee dari awal berdiri sampai sekarang. E commerce paling saya suka dan utama saya. Tapi kalo masalah game? Saya angkat tangan. Udah pasti ada yg curang2.
      Paling ingat dulu pas zaman shopee kuis, pertanyaan2 mustahil bin aneh tp bisa dijawab oleh sebagian orang (yang mana kami semua menebak itu pastik orang dalam/karyawan shopee) sehingga bisa dapat jutaan koin dalam 1 sesi. Dan tiap liat leaderboard mingguan, orangnya selalu sama, dan shopee tidak menindak sama sekali 😂😂

  • 27 Februari 2021 - (00:24 WIB)
    Permalink

    Percuma dong main shopy gime lw begini caranya. Udalah gx mau lagi main shopy gime. Ngabisin wktu aja

  • 5 September 2021 - (17:58 WIB)
    Permalink

    Up terus biar gak ada lagi yang ngegas buat beli token…percuma beli token udah di manipulasi pemenang nya…

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Kecurangan yang Merugikan di Game “Shopee Link” Dibiarkan …

oleh pejalan dibaca dalam: 4 menit
6