Kecewa Refund di Via.com

Saya kecewa selaku agen dari Via.com sudah berkali kali komplain via email atau telp selalu mendapatkan jawaban yang beda dari customer care dan tidak ada solusi, Saya request refund tiket dari bulan Maret 2020 sampai sekarang Bulan Oktober masih belum terima dan tidak penjelasan sama sekali kenapa begitu lama bisa mendapatkan refund tiket.

Awal saya request refund tiket dikarenakan pandemic saya sudah konfirmasi ke airline tiket bisa di-refund yang tidak terpakai.

Tanggal 19 Maret 2020 saya mendapatkan jawaban email dari Via.com bahwa telah berhasil kami proses ajukan pembatalan dan pengembalian dana ke pihak maskapai untuk semua penumpang dan hanya kembali dana untuk rute kepulangan saja tanpa dikenakan potongan biaya pembatalan. Dana akan kami proses pengembalian dalam waktu 30-90 hari kerja.

Tanggal 21 September 2020 saya mendapatkan jawaba email kembali dari Via.com

“Sehubungan dengan pertanyaan/permintaan Bapak/Ibu, kami informasikan mengenai pengajuan pengembalian dana untuk FMNID30U8VFSXB dan FMNID30U8V0PDH , saat ini status refund masih pending dari pihak maskapai. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Mitra Via rasakan. Kami akan terus melakukan follow up secara berkala kepada pihak maskapai terkait.”

Setelah itu saya coba menghubungi ke cs melalui telepon, saya coba konfirmasi untuk status update refund nya yang saya dapatkan jawaban bahwa untuk refund prosesnya 6 bulan.

Tanggal 8 October 2020 saya coba menghubungi Turkish Airlines melalui email dan telp saya minta penjelasan status refund nomor ticket. Jawaban dari Turkish Airlines:

Status 6 tiket dibawah ini sudah refunded, silahkan bapak menghubungi Via dot com sebagai issuing office untuk pengembalian dananya.

Via dot com sudah memproses refund melalui system mereka pada tanggal 29 Sep 20. Memang dana tidak akan langsung cair dan tidak langsung dari Airlines ke travel agent pada tanggal tersebut karena semua tagihan dikelola sesuai IATA BSP Billing Period. Dan sampai sekarang saya masih mendapatkan jawaban email dari Via.com untuk penjelasan tiket yang di refund.

Sedangkan dengan bangganya Via.com membuat status “Via Indonesia, Pelopor Pengembalian Refund Terbanyak di Masa Pandemi”.

Untuk itu mohon kebijaksanaan dari manajemen Via.com dan memberikan respon cepat terkait masalah ini.

Terima kasih. Hormat,

Anieq Husein
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:2    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kecewa Refund di Via.com

oleh anieqh dibaca dalam: 1 min
0