Kuota Multimedia Telkomsel

Saya pelanggan Kartu Halo sejak 2002. Sejak saat ini hingga sekarang, saya tidak pernah ganti nomor HP. Billing cycle saya tanggal 10 setiap bulannya. Artinya, mulai tanggal 11 “argo” baru mulai jalan untuk ditagihkan di bulan berikutnya. Kalau tidak salah ingat, saya adalah pelanggan Halo Kick! GOLD, seharga Rp150 ribu per bulan. Dalam paket ini, kuota dipisah antara kuota Internet dan kuota Multimedia.

Ketika berlangganan saya diinformasikan, kuota Multimedia saya bisa dipakai untuk menonton konten-konten dari Viu, HOOQ, MaxStream, dan terakhir Telkomsel gembar-gembor mensosialisasikan bahwa Disney Hotstar juga dapat menggunakan kuota ini.

Karena weekend, dan tanggalnya sudah mendekati billing cycle saya, saya berniat untuk “memanfaatkan” kuota Multimedia saya. Saya tertarik untuk nonton via aplikasi Viu, karena kebetulan ada serial drama asia yang menarik minat saya, dan kebetulan aplikasi Viu juga sudah ada pada handphone saya.

Minggu, 8 Oktober 2020, pukul 10.04 pagi, saya dikejutkan dengan SMS dari Telkomsel yang memberitahu saya bahwa sisa Kuota Internet saya tinggal 300MB. Saya ingat betul satu hari sebelumnya, hari Sabtu 7 Oktober, saya baru cek kuota internet saya masih sekitar 6GB dan kuota Multimedia 27.9GB.

Kontan, saya langsung menelpon Call Center Telkomsel, dan mendapat informasi bahwa Viu tidak lagi bekerja sama dengan Telkomsel, sehingga menonton konten Viu lewat aplikasi Viu tidak lagi dihitung menggunakan kuota Multimedia, tetapi menggunakan kuota Internet. Ketika saya tanya, sejak kapan, apakah ada pemberitahuan ke pelanggan mengenai perubahan ini? Jawaban dari petugas adalah, “Perubahan sudah diupdate di situs Telkomsel bu!”.

Coba saya tanya, siapa pelanggan yang iseng setiap hari buka situs Telkomsel untuk melihat perubahan? Ketika saya bilang saya mau memasukkan ini sebagai komplain, jawaban petugas “Tidak bisa bu, ini hanya dapat kami masukkan sebagai saran saja”.

Dampak dari habisnya kuota Internet saya, saya harus berlangganan Ekstra Kuota harian. Nilainya tidak besar, hanya Rp5 ribu per hari, toh tanggal 11 juga sudah mulai dengan “argo” baru. Jadi kalau ditotal-total, kerugian saya paling hanya Rp 10-15 ribu saja. Namun sebagai pelanggan saya merasa diperdaya, Telkomsel tidak transparan dalam memperlakukan pelanggannya.

Ketika ada fitur baru, Telkomel melakukan promosi besar-besaran melalui berbagai macam media, tetapi ketika ada fitur yang dicabut, tidak ada pemberitahuan “besar-besaran” kepada pelanggan, hanya ditaruh pada website.

Ketika saya minta ganti rugi (yang nilainya paling hanya Rp 10-15 ribu itu), jawabannya tidak bisa, karena memang sudah tidak ada kerjasama dengan Viu, dan (lagi) informasinya sudah ditaruh di website. Again, bukan mempersoalkan Rp 10-15 ribu nya. Tetapi saya merasa Telkomsel sama sekali tidak menghargai saya sebagai pelanggan, terlebih saya sudah 18 tahun menggunakan Telkomsel.

Irene Vimala Tisnabudi
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Total:12    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Kuota Multimedia Telkomsel

  • 11 November 2020 - (12:07 WIB)
    Permalink

    Saya juga pake Kartu Halo, dapat kuota max stream bonus pembelian Disney Hotstar. Kuotanya bisa dipake apa aja yah? Apakah termasuk YouTube?

    • 28 Januari 2021 - (07:15 WIB)
      Permalink

      Saya juga pengguna kartu Halo, setiap bulan quota multimedia saya gak pernah terpakai, sebesar 15,96 GB. karena saya belum tahu cara menggunakannya.
      Saran saya Telkomsel untuk selalu mengupdate kepada kami para pelanggan kartu Halo yg memiliki quota multimedia, bagaimana cara memanfaatkan quota tersebut dan konten apa saja yang dapat kami akses.
      Dan lebih inovatif lagi, Quota tersebut dapat di transfer menjadi quota reguler, bila quota reguler habis.

      Terimakasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kuota Multimedia Telkomsel

oleh Genoveva Irene dibaca dalam: 2 min
2