Susahnya Menutup Kartu Kredit BCA, Malah Kena Iuran Tahunan

Pengalaman saya mau menutup Kartu Kredit BCA yang sudah lama tidak dipakai, ternyata tidak gampang. Dibuat berliku dan akhirnya tersandera iuran tahunan. Kok bisa gitu? Ini ceritanya.

Saya mempunyai Kartu Kredit BCA dengan nomer customer: 14788151. Kartu saya (2 BCA Card + 2 Visa Card) sudah lama tidak dipakai. Sudah lama tidak dapat email bulanan. Tiba-tiba tanggal 7/10/2020 dapat email tagihan iuran tahunan untuk 2 Visa Card (tanggal tagihan 5/10/2020).
Karena saya tidak akan pakai lagi maka tanggal 7/10/2020 itu saya telepon ke Halo BCA 1500888 dan meminta semua CC (4 kartu) ditutup. Dibuatkan laporan oleh petugas BCA.

Tanggal 8/10/2020 terima telepon dari 1500888, dari petugas BCA bernama Ralin. Disampaikannya semua CC tidak akan kena iuran tahunan, saya diminta tidak menutup CC. Setelah dirayu-rayu akhirnya cuma 2 CC yang saya tutup. Closing Statement-nya tertanggal 16/10/2020 saya terima via email.

Yang bikin jengkel, setelah itu adalah datang email rekening Kartu Kredit tertanggal 5/11/2020. Isinya, iuran tahunan Visa Card memang dihapus, tetapi muncul iuran tahunan kartu BCA Card. Ini kan tidak sesuai yang dijanjikan petugas Ralin.

Setelah mengurus via WhatsApp BCA tidak selesai, saya datang ke BCA KCU Probolinggo tanggal 18/11/2020. Dibantu oleh CS BCA diteleponkan ke bagian Kartu Kredit di Jakarta. Saya meminta 2 CC tersisa segera ditutup. Dibuatkan laporan nomor ID: 2084617121.

Senin 23/11/2020 pukul 14.29 dapat telepon dari 1500888 BCA. Petugasnya, Ralin lagi. Saya diminta tetap memakai CC BCA dan dijanjikan iuran tahunan akan dihapus. Saya sampaikan baik-baik saya ingin ditutup saja semua CC. Petugas bernama Ralin dengan ketus mengakhiri percakapan dan langsung menutup telepon. Untuk bagian CC ini tolonglah BCA tugaskanlah orang yang lebih sopan dan lebih mengerti apa yang disampaikan customer.

Selasa 24/11/2020 pukul 09.50 dapat email BCA perihal: Closing Statement. Isinya, yang ditutup cuma Visa Card. Yang BCA Card terakhir belum ada Statement-nya.

Kamis 26/11/2020 pukul 13.30 saya datang lagi ke BCA KCU Probolinggo, diterima dengan baik sekali. Saya sampaikan masalahnya dan dihubungkan ke bagian Kartu Kredit BCA Jakarta pakai telepon BCA.

Melalui telepon saya sampaikan ketidaksesuaian yang lalu, dan kembali minta semua CC ditutup. Semula petugas bilang perlu waktu dalam 30 hari karena penghapusan iuran tahunan. Lama sekali ya, bisa tahun depan selesainya. Ini kemudian saya komplain agar segera dibuatkan Closing Statement. Dibuatkan laporan dengan nomor ID: 2084380012.

Tanggal 26/11/2020 pukul 16.31 saya dapat email dari BCA perihal: Closing Statement. Ternyata isi lampirannya sama dengan email tanggal 24/11/2020 yaitu Statement penutupan Visa Card. Keliatan sekali petugasnya tidak profesional, tidak diperiksa dulu, isinya bukan Statement penutupan BCA Card yang sedang dibahas.

Terus kapan beresnya Closing BCA Card? Ya saya tunggu aja. Kok kayaknya masih ruwet.

Mungkin keluhan saya ini tidak penting bagi BCA, tapi paling tidak saya sudah berbagi pengalaman kalau pakai CC BCA itu akhirnya ribet seperti ini. Saya juga pernah menutup CC bank lain, yang Visa BNI contohnya sekali telepon beres. Jadi yang CC BCA entah prosedurnya yang ribet atau cuma petugasnya yang perlu diganti.

Demikian pengalaman saya, terima kasih.

Edy Kismardi
Kota Probolinggo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Edy Kismardi

Menanggapi keluhan Bapak Edy Kismardi melalui Surat Pembaca di Media Konsumen tanggal 28 November 2020 dengan judul “Susahnya Menutup Kartu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Bambang,

    Mestinya sih tidah sulit kalo anda menutup nya sebelum iuran tahunan nya keluar. Sudah tahu gak pernah digunakan tapi nunggu tutup begitu ada angka ditagihan. Kalau begitu anda yang nyusahin aja, bukannya sebaliknya.

    Saya juga punya Kartu Kredit BCA, dan penutupannya lancar-lancar aja. Hanya sekali telpon. Hanya ditanya kenapa ditutup, saya jawab gak pernah digunakan. Beres deh.

    Bambang.... Bambang....

    • Bener banget yang dibilang om @Firman, dari pengalaman saya belasan tahun punya beberapa CC baik dari bank swasta maupun BUMN belum ada yang bisa menyaingi kualitas pelayanan BCA. Mulai dari apply, hapus iuran tahunan, minta kenaikan limit, pengajuan instant cash ataupun mau menutup kartu BCA lah yang paling simple. Selama S&K terpenuhi cukup sekali telpon semua beres. Kelemahannya sih menurut saya, kalau bukan nasabah prioritas meskipun punya CC Platinum atau Black Card tapi fasilitas free airport loungenya masih terbatas.

      Noted: saya bukan buzzer atau marketing BCA ya, ini pure pengalaman pribadi.

  • Sabar napa udah dibilang 1 bulan kan prosesnya, lagipula kesalahan pemilih cc kenapa gk ditutup dari dulu2, dan saat kena iuran tahunan gk mau bayar. Minta tutup cc tapi gmw bayar iuran tahunan yg udah ditagihkan. Wajar menurutku kalau pihak Bca jadi ribet

  • Namanya proses penutupan pasti ada waktu buat billdate billing terahir, kadang heran maunya langsung instant, mie rebus aja yg instan butuh proses dulu wkwkwk..

  • Saya dulu dikenakan biaya tahunan tapi langsung ajukan penghapusan dengan syarat transaksi minimal 30% dari limit kredit dalam waktu 3 bulan ke depan (berlaku akumulasi). Ya sudah saya setujui.

    Lalu ada 1 kartu tambahan yang tidak saya gunakan langsung sekalian saya tutup. Proses hanya 7 hari kerja. Beres. Asalkan kartu yang ditutup tidak ada tagihan sama sekali. Jadi, kalau ada tagihan ya mau tidak mau harus dilunaskan dulu baru bisa ditutup. Termasuk iuran tahunan tadi. Kesimpulannya sebagai nasabah yang harus pro aktif dan harus ingat kapan biaya tahunan itu dikenakan sebelum akhirnya mau menutup kartu.

  • HARUS NYA LSG TUTUP AJA GK PERLU NUNGGU 1 TH MUNCUL ANNUAL FEE. PIHAK BCA JG GK SALAH KRN ANUAL FEE ITU BY SISTEM. BGITU MUNCUL TGIHAN LSG TDK TERIMA. LAH SELAMA INI 11 BLN SBLMNYA ANDA KEMANA ?

    • Gara gara nggak mau bayar iuran tahunan malah jelek jelekin BCA. Logikanya selama itu aktif dipake atau tidak ya iuran tahunan tetap bayar. Preeeeetth

      • Wah dedengkotnye nongol ini langsung wkwkwk, transferan dah masuk kayaknya..

        • Ketahuan kerjaannya, sampe transferan juga dia tahu. Yang buzzer ini ketahuan hari hari mantengin transferan. Hello..., kita punya kerjaan yang paten bukan kayak loe, maymunah

  • wkwkwk ngeriii, bajer bajer bca muncul oyy, temen2 ralin pada kelojotan, si bapak nulis keluhan langsung di bully.. dah kek cebong mainnya keroyokan, wkwkwk...

  • Namanya juga kinerja bank, yg kerja tetap aja manusia. Bisa salah dong, cuma prosentase nya kecil. Saya juga selama bertahun-tahun tdk pernah ada masalah dgn BCA CC, kalau mau nutup, mau penghapusan iuran tahunan semua lancar, cuma tahun ini, kartu Visa Infinite saya mau tutup krn iuran tahunan tidak bisa dihapuskan, tapi ketika saya meminta Closing Statement, CS ybs tidak mengerti yang saya minta, bahkan sampai harus ditanyakan dulu ke bagian terkait apakah memang ada hal seperti itu.

    Saya nyatakan setahun lalu saya menutup kartu mastercard dan menerima Closing Statement, dan CS tsb meminta di email contoh Closing Statement yang saya maksudkan. Setelah saya email, bbrp hari kemudian saya menerima email Closing statement terkait laporan saya, tapi ternyata saat dibuka, isinya sama persis dengan Closing Statement yang saya terima 1 tahun lalu (yang saya email untuk contoh), hanya tanggal nya berbeda, tapi no kartu nya nomor kartu lama (yg saya tutup setahun lalu). Hanya COPY-PASTE dari email contoh email saya.
    Saya komplain langsung ke CS dan akan dilaporkan ke pihak terkait, ternyata bbrp hari kemudian saya terima lagi 2 email dan ISINYA MASIH SALAH (masih no kartu tahun lalu).
    Baru sekali ini saya merasakan kinerja BCA buruk sekali, tidak ada pengecekkan, dan tidak teliti bahkan salah sampai berulang kali, baru email ke-4 benar dan sesuai.

    Jadi tolong teman2 jangan mengolok yang terkena masalah. Mungkin anda masih beruntung saat itu, jika kalian di posisi yang dirugikan oleh Bank (mau bank ini reputasinya sebaik apapun), baru merasakan sendiri apa yang penulis rasakan.

    Untuk penulis, semoga masalah nya cepat selesai.

  • Sharing Pengalaman,

    pertanggal 19 Januari 2021 saya melakukan penutupan 2 kartu kredit sekaligus yakni Bca dan Mega melalui Call Center kedua Bank ini, overall proses penutupannya sangat mudah, kira2 butuh 30 menitan untuk masing2 bank, hanya memang butuh kesabaran, santai, jangan dibawa emosi. kurang lebih proses keduanya sama, seperti ini ;

    1. Telpon call center Kartu Kredit, disini kita akan ditanyakan keperluannya apa, bilang aja mau melakukan penutupan kartu kredit
    2. CS akan menanyakan alasan penutupan kartunya kenapa, kalau saya sih bilangnya sudah tidak terpakai lagi dan semua tagihan sudah saya lunasi, dan disini mulai rayuan maut menyerang, jangan lemah (jangan lupa lunasin semua tagihan sebelum melakukan penutupan CC)
    3. CS akan membuatkan laporan dan pengecekan data (disini kita akan diajarkan perihnya menunggu, tapi harus tetap sabar dan ramah)
    4. CS membuatkan laporan dan menginformasikan nomor laporan
    5. CS akan menghubungkan kita dengan Call Center khusus penutupan kartu kredit, nah disini kembali lagi butuh kesabaran, karena CS akan berusaha sekuat tenaga untuk kita tidak melakukan penutupan kartu, menawarkan penghapusan annual feelah, penghapusan biaya administrasilah bla bla bla. Kuncinya Sabar mendengarkan, tetap ramah, dan tetap teguh pendirian.
    6. setelah CS menyerah dengan kita, maka akan langsung dibuatkan laporan penutupan.
    7. Setelah itu kita akan diinformasikan untuk menunggu BCA (3 hari kerja) - MEGA (10 hari kerja)
    8. Jangan lupa tanyakan nama CS, catat nama, tanggal, jam dan nomor pelaporannya
    9. CS menginformasikan bahwa kartu kredit saat ini sudah di blokir, di tutup permanen dan sudah tidak dapat di gunakan, kemudian CS menginfokan untuk menggunting bagian Chip kartu kredit agar tidak disalahgunakan pihak yg tidak bertanggung jawab
    10. Lalu kartu kreditpun di TUTUP.

    Demikian detail prosesnya, KUNCINYA SABAR, TETAP RAMAH, TEGUH PENDIRIAN DAN SIAPKAN PULSA TELPON YANG BERLEBIH.. Terima kasih

    Jangan lupa mampir ke channel Rayyanka Familia TV. cayooo semangat !!