Transfer melalui Mandiri Online Gagal, tapi Saldo Rekening Terpotong

Saya nasabah Bank Mandiri dengan nomor rekening 10800124156**, melakukan transfer pembayaran untuk pendaftaran penerimaan mahasiswa baru di Universitas Negeri Padang (UNP). Pada saat saya melakukan transfer terjadi gangguan pada aplikasi Mandiri Online dan terdapat notifikasi error.

Saya lalu menunggu jeda waktu untuk beberapa saat untuk mencoba kembali melakukan transfer. Total keseluruhan saya mencoba transfer sebanyak 3 kali, dengan jeda waktu yang berbeda-beda. Ketiga transaksi tersebut dengan respon yang sama, yaitu notifikasi error.

Keterangan Gagal Pada Menu Riwayat Transaksi

Pada riwayat transaksi yang ada pada aplikasi Mandiri Online juga terdapat keterangan bahwa transaksi yang saya lakukan adalah TRANSAKSI GAGAL. Saya lalu putuskan mengganti metode pembayaran yang lain selain melalui Mandiri Online dan saya berhasil membayar biaya pendaftaran tersebut.

Saya lalu melakukan pencetakan mutasi rekening beberapa hari kemudian. Alangkah terkejutnya saya bahwa ketiga transaksi yang saya lakukan saldo rekening saya terdebet. Saya lalu menghubungi call center Bank Mandiri untuk membuat laporan. Saya juga telah mengirimkan bukti-bukti yang diminta melalui email mengenai bermasalahnya aplikasi Mandiri Online, dengan nomor transaksi: 2019071511986057, 2019071583138431 dan 2010715112560002.

Setelah beberapa hari menunggu, saya lalu melakukan pencetakan mutasi rekening dan saldo saya telah dikembalikan untuk 1 kali transaksi saja, sedangkan untuk 2 transaksi lagi saldo belum dikembalikan oleh pihak Bank Mandiri.

Saya lalu menghubungi pihak Bank Mandiri untuk menanyakan 2 transaksi saya yang belum dikembalikan. Bank Mandiri memberikan alasan bahwa saldo saya tidak dapat dikembalikan lagi dikarenakan transfer yang saya lakukan telah berhasil masuk ke rekening penerima yaitu pihak UNP. Saya lalu dipersilahkan untuk menghubungi pihak UNP, tanpa bantuan sama sekali dari pihak Bank Mandiri.

Saya telah menghubungi pihak UNP dan mendapat jawaban bahwa uang saya tidak dapat dikembalikan lagi dengan alasan dianggap melakukan pendaftaran berkali-kali. Saya lalu Menghubungi Bank Mandiri dan meminta pertanggungjawaban Bank Mandiri yang menyebabkan terjadinya transfer berkali-kali akibat bermasalahnya aplikasi Mandiri Online. Namun hingga saat ini tidak ada pertanggungjawaban oleh Bank Mandiri. Saya berharap ada itikad baik dan klarifikasi dari Bank Mandiri.

Ahmad Mora Saputra
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mandiri:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

6 komentar untuk “Transfer melalui Mandiri Online Gagal, tapi Saldo Rekening Terpotong

  • 30 Desember 2020 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Saran saya pak Ahmad minta klarifikasi kepada pihak mandiri, berupa bentuk email dari mandiri yg menyatakan bahwa proses transfer kepada rekening UNP telah Sukses dilakukan. Setelah mendapatkan email tersebut, pak Ahmad lampirkan untuk dilanjutkan ke email pihak UNP. Nanti biar pihak manajemen UNP yg akan mengecek status transferan dari pak Ahmad. Mungkin demikian saran dari saya, semoga bisa membantu.

    • 30 Desember 2020 - (14:05 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas sarannya.
      Sebelum saya membuat tulisan ini.Saya telah berupaya terlebih dahulu menghubungi pihak yang menerima Transfer tersebut yaitu UNP.Saya telah menyertakan bukti-bukti transfer yang gagal,Akan tetapi pihak UNP tidak dapat megembalikan uang tersebut dan melemparnya kembali untuk menghubungi Bank Mandiri.
      Ketika Bank Mandiri dihubungi pun melempar lagi untuk menghubungi pihak UNP.
      Sehingga tidak ada kordinasi yang dilakukan pihak Bank Mandiri dan UNP

      • 30 Desember 2020 - (14:46 WIB)
        Permalink

        Ke 2 pihak tidak akan melakukan koordinasi pak. Seharusnya bukan bukti transfer gagal yg bapak serahkan ke pihak UNP, tapi surat pernyataan dari bank mandiri ( bisa berupa email ) yg menyatakan bahwa transaksi transfer ke UNP sudah Berhasil. Lalu surat pernyataan inilah yg nanti pak Ahmad jadikan acuan/pegangan untuk diteruskan ke pihak manajemen UNP.

        • 30 Desember 2020 - (14:57 WIB)
          Permalink

          Sudah saya sertakan baik berupa Screnshoot transfer gagal dan beserta balasan email dari bank mandiri yang meminta saya menghubungi pihak UNP.
          Tetapi pihak UNP tetap tidak bisa mengembalikan uang saya.Saya di anggap telah melakukan pendaftaran secara berulang kali,dan uang pendaftaran tersebut tidak dapat diambil lagi.Makanya saya meminta tanggung jawab dari bank Mandiri
          Saya melakukan pendaftaran berulang bukan kehendak saya melainkan terjadinya aplikasi yang Error pada Mandiri Online.

          Bijaknya jika kedua belah pihak saling lempar tanggung jawab. Harusnya pihak Bank Mandiri Melakukan Kordinasi kepada pihak UNP mengenai permasalahan yang terjadi.
          Nasabah tidak boleh dirugikan karena bermaslaahnya system pada bank Mandiri,Terkecuali nasabah yang melakukan kesalahan

  • 31 Desember 2020 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal serupa, transaksi gagal beberapa kali lewat mandiri online, tapi waktu itu saya transaksi dengan Shopee.

    Sudah menghubungi pihak Mandiri, dan sudah melengkapi data yang diminta. Tapi setelah itu ga ada balasan apapun.

    Lalu saya coba hubungi Shopee, dan melengkapi data yang diminta, Alhamdulillah ga lama uang saya dikembalikan Shopee.

    Sepertinya memang harus pihak UNP yang mau mengembalikan, karena uangnya sudah masuk ke rekening mereka.

  • 31 Desember 2020 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Terimakasih atas komentarnya.

    Sangat berbeda ya untuk transaksi di Marketplace dengan Instansi gitu.Jika di marketplace seperti shopee kita bisa mengajukan keberatan bahwa pemebelian yang kita lakukan produknya tidak ada kita terima.
    Berbeda dengan Instansi seperti UNP.Kita dianggap melakukan pendaftaran secara berulang.
    itulah alasan UNP tidak dapat mengembalikan uang saya,Saya cukup mengerti untuk penjelasan dari UNP karena untuk pendaftarn mahasiswa baru di perkenankan untuk melakukan pendaftaran lebih dari 1 kali.dan sudah terdapat keterangan uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.

    Pertanyaannya jika pihak UNP tetap tidak mau mengembalikan uang saya dengan lasan apapun. Bukankah seharusnya pihak Bank Mandiri lah yang bertanggung jawab.
    kenapa bank lepas dari tanggung jawabnya,karena akar dari permasalahannya dari system Bank Mandiri Itu sendiri dan di sertai dengan bukti-bukti yang cukup.
    Jika memang Bank Mandiri peduli terhadap nasabahnya seharusnya PIhak Bank Membantu nasabahnya untuk berkordinasi dengan pihak UNP, tidak di lepas begitu saja

    disitu saya mencoba sampai tiga k

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Transfer melalui Mandiri Online Gagal, tapi Saldo Rekening Terpotong

oleh Ahmad Mora Saputra dibaca dalam: 1 min
6