5 Bulan Kumenunggu Kepastian IndiHome

Yth. PT. Telkom Indonesia,

Yang saya hormati jajaran Direksi, Manajemen serta Staf dan Karyawan PT. Telkom Indonesia. Melalui surat ini saya Kurniansyah Haryo Pratama, pelanggan PT. Telkom Indonesia (Speedy), ingin menyampaikan kritik terkait pemasangan layanan IndiHome.

Pada kesempatan kali ini saya sangat berterima kasih kepada PT. Telkom Indonesia melalui pelayanannya yang mengutamakan kepuasan pelanggan dan peningkatan layanan yang selalu inovatif menjadikan kemudahan dalam mengakses informasi dengan cepat. Bahkan dengan perkembangan zaman, melalui surat terbuka ini saya dapat memberikan keluhan terhadap apa yang saya rasakan, bahwa sebelumnya saya hanya dapat berkomunikasi melalui media sosial.

Tanggal 16 September 2020, pukul 17:50 saya menerima email dari IndiHome terkait registrasi saya dan mendapatkan Track ID MYIR-10012677580008. Saya sangat bergembira akan kabar baik tersebut karena tidak lama lagi akan ada pemasangan jaringan IndiHome di rumah saya menggantikan jaringan Speedy.

Namun setelah 2-3 minggu saya menunggu kepastian, tidak kunjung ada laporan terkait pendaftaran saya. Hingga sampai saya berinisiatif untuk menghubungi Call Center 147 saya berbicara dengan Customer Service terkait untuk menunggu sekitar 14 hari kerja. Waktu sudah cukup lama untuk menunggu saya lagi-lagi berinisiatif menghubungi melalui media sosial twitter pada tanggal 9 Oktober 2020 dan hasilnya pun menunggu, sama seperti sebelum-sebelumnya.

Hingga saya biarkan saja untuk tetap berpikir positif, mungkin sedang ada peningkatan layanan atau tim lapangan sedang tidak memungkinkan dalam waktu dekat untuk pemasangan jaringan. Namun saya mendapatkan laporan dari orangtua bahwa tetangga saya (depan rumah) memasang jaringan IndiHome dalam waktu dimana saya melakukan pendaftaran. Sampai suatu waktu, saya mencoba menggali informasi mengapa tetangga saya bisa dapat memasang jaringan IndiHome begitu cepat karena melalui surat terbuka Media Konsumen ini.

Namun saya mencoba tetap menunggu sesuai dengan arahan pihak Telkom Indonesia yang terhormat, hingga sampai 15 Januari 2021 saya melakukan pendaftaran ulang melalui sales yang saya kira dapat lebih cepat untuk proses pemasangan. Karena menurut informasi ada banyak slot jaringan yang kosong di dekat rumah saya, dan benar saja dalam waktu 1 hari saya sudah dihubungi oleh teknisi untuk dimintai lokasi tepatnya rumah saya.

Setelah saya mengikuti semua tahapan proses tersebut, ternyata lagi-lagi laporan dari sales dan teknisi sedang ada Normalisasi ODP di slot jaringan tersebut. Hingga sampai saat ini belum juga ada kepastian serta informasi dari sales maupun pihak Telkom Indonesia terkait pendaftaran saya yang pertama (akun saya sendiri) dan kedua (akun orangtua).

Karena sejak pandemi Covid-19 saya sendiri melakukan setiap pekerjaan dari rumah (WFH) serta 2 adik saya melakukan proses belajar mengajar dari rumah yang mana membutuhkan jaringan IndiHome, yang saya anggap lebih baik daripada jaringan Speedy saya saat ini.

Terkait hal yang membuat saya merasa menggantung seperti ini, apakah ada solusi mengenai masalah saya ini? Dikarenakan kecepatan Speedy yang sangat mumpuni untuk menunjang pekerjaan saya sebagai Desainer Grafis yang mana harus mengirim file berkapasitas besar dan juga untuk menghadiri meeting secara online masih menggunakan jaringan Speedy yang super cepat. Melalui surat ini saya ingin segara menjadi salah satu pelanggan jaringan IndiHome.

Terima kasih.

Kurniansyah Haryo Pratama
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “5 Bulan Kumenunggu Kepastian IndiHome

  • 29 Januari 2021 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Diskusi kecil saja dan ini opini dan kebetulan saya alami dan sempat saya muat di media ini juga,, menurut saya pribadi ada yg salah dg sistem marketing dan cara kerja pihak Telkom di bawah….
    Kenapa saya bilang demikian,, karena yg saya alami juga demikian. Pihak marketing minta lokasi saya, kemudian berdalih akan cek by sistem ..kemudian akan menjawab ya bisa….ini jawaban mereka dg dalih sistem yaaa entah sistem yg seperti apa, bukan data real yg di cek di lapangan…!! Kemudian mereka akan minta data diri kita dan keluarlah register dan pemberitahuan seolah kita sudah mendapat HARAPAN yg sangat besar dan kepastian akan expektasi kita,, yg menjadi momok dan pertanyaan kenapa begitu mereka cek lapangan akan muncul jawaban slot penuh, atau apalah yg berhubungan dg slot tsb.. atau ODP tsb,, bukankah sebagai penjual harusnya pastikan dl ketersediaan barang yg akan di jual dan sudah pasti ready atau siap di jual kepada konsumen karena menyangkut Data diri yg di minta oleh marketing Telkom, saya berpikir akankah ketika di lain waktu, hari atau apalah…data diri kita di salah gunakan oleh oknum yg TDK bertanggung jawab apakah ada pertanggung jawaban dari pihak terkait, yg berikutnya yg saya baca dari sistem kerja Telkom…mereka ini bekerja sendiri2 tanpa ada koordinasi antar divisi, jadi seolah ketika sudah mentok dan ada keluhan konsumen…mereka akan berlindung di balik kalimat PROSEDUR, hal yg notabene gak pernah konsumen tahu prosedur kerja seperti apa yg mereka anut.

    • 29 Januari 2021 - (11:15 WIB)
      Permalink

      Cek by sistem itu hanya cek rumah anda sudah dilalui kabel telkom atau belum. Cek kepastian ada tidaknya slot odp/jaringan hanya teknisi yg bisa cek. Menurut padangan marketing itu tidak salah. Kl menurut pandangan konsumen memang bisa salah. Apalagi jika akhirnya di php, pasti marketing salah. Dulu saya passng datang plasa telkom, diminta fotocopy ktp, nanti kl ada jaringanya bisa langsung dipasang. Saya br smp dirumah sdh dihubungi msh ada jaringan, langsung pasang, tdk smp 1 jam nyala.

  • 29 Januari 2021 - (11:35 WIB)
    Permalink

    Disini yg harus kita sama2 edukasi dan pahami akan komunikasi,, ini berdasar pengalaman saya pribadi dan bisa di buktikan… ,, Sebelum saya komunikasi lanjut dg marketing saya tanya dulu apakah bisa pasang di rumah saya, secara kasat mata padahal tiang Telkom di depan rumah…tetapi kita coba pastikan…kemudian marketing menjawab akan cek by sistem mereka,, ini bahasa tekhnis yg notabene seharusnya cakupanya luas…,, Karena kita sama2 paham bahwa Ini perusahaan negara yg pasti konsumen akan berpikir semua sistem sudah ter integrasi…!! Kemudian saya dapat scrhenshoot lokasi dan beberapa kode yg saya juga tak paham, kemudian marketing bilang Bisa dan tersedia…yg kita harus garis bawahi,, atau patut pertanyakan..sistem disini sistem yg seperti apa…kok bisa kontras dg jawaban CS, tekhnisi, …kemudian..register keluar pasti secara sistem pihak Telkom tahu dong ada data masuk dg lokasi di titik tsb, kemudian ada telfon dari 1500 sekian nomor Telkom untuk verifikasi , dan kemudian muncul informasi bahwa akan di lakukan pemasangan jaringan di rumah konsume. Paling lambat 3 hari kedepan, ini lah titik yg sangat fatal…menurut saya pribadi,, yg saya sebut koordinasi antar divisi amburadul…seharusnya sebelum adanya verifikasi ke calon konsumen dan memberi Harapan, setiap divisi koordinasi, marketing sebelum menjual harus punya data valid bahwa ODP di titik mana ada kuota berapa slot dan yg terisi berapa yg aktif berapa, dan yg sudah tidak aktif berapa…darimana data tsb seharusnya team tekhnisi informasikan temuan2 harian merek di lapangan karena saya yakin tekhnisi di lapangan paham betuk,, akan kondisi yg ada…!! Kenapa data tsb harusnya update ketika ada calon konsumen baru…pihak Telkom bisa kasih jawaban dan kepastian yg pasti,, karena yang meminta data diri kita ini kan marketing…yg bisa saja kapan resign atau tidak di pekerjakan lagi…ini hal yg sangat sensitif data pribadi,, supaya ada pertanggung jawaban yg jelas,, kenapa demikian…karena kasus yg muncul selalu PHP, ketika semua proses tahapan di lalui mentok di realita lapangan yg tidak terkoordinasi dg data yg di sampaikan marketing dan pihak Telkom pusat,, !!!

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

5 Bulan Kumenunggu Kepastian IndiHome

oleh Kurniansyah dibaca dalam: 2 menit
3