Laporan Pengembalian Barang Cacat di Akulaku Ditutup Secara Sepihak

Selamat siang,

Saya ingin cerita terkait pengalaman sangat buruk saya di aplikasi Akulaku. Saya sangat menyayangkan, teringat Akulaku adalah bukan perusahaan kecil yang baru berdiri kemarin sore.

Saya memesan barang Redmi 3S 3/32, ternyata barang dari China dan kabar buruknya barang cacat (bukan salah barang, tapi cacat). Memori RAM terdeteksi 2GB, memory 9GB. Padahal di sistem hpnya tertulis 3 32GB. Berarti memang ini sengaja dari pabriknya memang niat menipu.

Saya ajukan pengembalian barang di aplikasi Akulaku tanggal 10 Januari, dan tanggal 11 saya dapat email untuk mengirimkan detail cacat dan membuat video, saya sudah lakukan. Setelah itu tidak ada kabar lagi sama sekali dari Akulaku. Saya berkali-kali telpon CS (seminggu 2x) katanya masih diproses. Sampai 2 minggu lebih saya telah telepon 4x. Dan email yang ada hanya email kosong dan email yang berisi (“status laporan anda berhasil dan perbarui”). Tidak ada email lain selain itu.

Saya telepon lagi untuk yang ke-4 kali tanggal 21 karena mengingat tanggal 25 jatuh tempo dan saya gak mau bayar, tetapi kata CS nya dibayar dulu saja karena takut kena denda. Dan sambil nunggu laporan nya ditindaklanjuti. Oke saya ikuti. Selanjutnya saya bayar dan saya tunggu info selanjutnya. Saya email berkali-kali tanggal 26 saya email dan balasannya hanya status diperbarui dan email kosong.

Pada puncaknya tanggal 29, saya telepon setelah pulang kerja, dan kata CSnya kasus sudah selesai karena saya tidak mengirimkan barangnya melewati estimasi, katanya Akulaku sudah email saya tanggal 27 terkait instruksi pengiriman dan input dan resi. Dan katanya tanggal 29 pukul 09.40 telepon saya dan gak ada respon.

Saya kaget, diam sejenak sambil menahan emosi sambil mengecek baik-baik email dan histori panggilan. Namun benar saja tidak ada email masuk dan telepon masuk ditanggal itu (27 dan 28) selain email status laporan diperbarui dan email kosong. Dan tidak ada telepon masuk.

Saya sangat marah, saya jelaskan kepada CS saya telpon CS sampai 4 kali dengan orang yang berbeda karena beberapa kali pulsa saya habis. Namun CS tidak mengerti, saya jelaskan juga tetep gak bisa bantu. Saya emosi laporan saya ditutup sepihak. Saya jelaskan detail, CS tetap tidak ngerti. Saya minta nomor tim terkait CS tidak kasih, dan tidak membantu sama sekali.

Saya kecewa sangat kecewa. Saya berani mempertanggungjawabkan tulisan ini. Histori email dan histori panggilan masih ada. Sebagai bukti bahwa saya tidak menerima email maupun telpon terkait instruksi pengiriman dan input resi.

Saya kecewa. Buat yang mau download Akulaku, lebih baik gak usah.

Khoerul Umam
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:11    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Khoerul

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Khoerul Umam pada tanggal 31...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Laporan Pengembalian Barang Cacat di Akulaku Ditutup Secara Sepihak

    • 31 Januari 2021 - (12:12 WIB)
      Permalink

      Mau hp refurbish atau apapun itu.. Kalo bisa berfungsi normal bagi saya g masalah sih.. Kalo ini beneran banyak yg g fungsi.. Ram dan kapasitas tidak sesuai deskripsi dan bahkan tidak sesuai dengan yg tertera di sistem hp itu sendiri.. Di tentang ponsel ram dan kapasitas 3/32.. Tapi pas saya lakukan pembersihan sampah*, kapasitas terdeteksi hanya 10gb.. Dan daya baru install beberapa apps udh muncul notif kapasitas penuh.. 2hari saya pakai, tombol setting tidak berfungsi sama sekali

      • 31 Januari 2021 - (12:18 WIB)
        Permalink

        Iya yg namanya refurbish itu gk ada yg bener, jadi kalau pesen Hp terus dikirimnya dari china mending cancel aja, untuk akulaku, khusus akulaku, tanya dulu PENGIRIMAN DARI MANA, soalnya akulaku menghalalkan semua penjual apapun, sebejad apapun halal di akulaku, yg penting akulaku minjemin duit buat cicilan terus dibayar dengan bunga, mreka gak pernah mentertibkan penjual2 nakal yg jelas2 membuat kita gak nyaman, jadi intinya AKULAKU HANYA FOKUS KEPADA LAYANAN PINJAMAN DAN CICILAN AJA. Kalau mau beli apa2 mending di olshop lain, tapi bayar pake akulaku aja, itu lebih baik

  • 31 Januari 2021 - (15:51 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna baru akulaku dan melakukan transaksi juga di store akulaku alhamdulillah tidak ada masalah dan barang pun sesuai permintaan r4

  • 31 Januari 2021 - (20:59 WIB)
    Permalink

    Itu hp dr cina banyak yg jual jg di shopee, dan saya lihat yg beli 90 persen kecewa. Tidak sesuai gambar dan spesifikasi. Itu hp rakitan rumahan, imei mungkin jg bodong.

  • 7 Februari 2021 - (03:37 WIB)
    Permalink

    Kalau kasus akulaku (baca: akuketipu), aku langsung jump to comments box sekedar untuk berhahahihi

  • 8 Februari 2021 - (04:04 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna Akulaku sejak 2017, mulai dari cicilan, dana cicil dan KTA semuanya sudah saya lakoni dan tak pernah bermasalah. Semua pembayarannya pun sudah lunas dan beres.

    Kredit hape sudah berkali-kali dan tak pernah ada masalah, cuma saya bingung juga dengan mereka yang selalu ketipu sama Akulaku, apa ngga di periksa merchant yang jualan nya?

    Anda mau beli hape, laptop, tablet atau gadget apapun juga saran saya belilah di official store nya, saya berani jamin takkan bermasalah. Makanya beli hape di e-commerce itu jangan ngejar harga murah, di shopee dan lazada itu bertebaran importir yang jualan hape yang kaga jelas asal-usulnya……..mau salahkan shopee dan Lazada nya? Semua juga butuh kejelian kita om sebagai konsumen, apalagi di negara ini kita itu seperti anak ayam tanpa induk, tak ada perlindungan sama sekali, pinjol alias rentenir aja yang tidak berbadan hukum bisa leluasa cari makan jerat nasabah, ingat ini Indonesiah, negara dimana anda dituntut untuk jeli, cerdas, smart dalam setiap kesempatan. Coba anda beli di Xiaomi official store yang ada di Akulaku, saya jamin order anda ngga akan bermasalah!!!!

    Saya seh ngga belain Akulaku yah cuma untuk kasus anda itu sudah jelas pelapak nya yang bejad dan pelapak model gitu tuh ada di semua e-commerce………

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Laporan Pengembalian Barang Cacat di Akulaku Ditutup Secara Sepihak

oleh aku dibaca dalam: 2 min
10