Lazada Membuat Peraturan yang Merugikan Seller dan Menyulitkan Pencairan Dana

Halo salam sejahtera buat semuanya,

Saya disini adalah seller Lazada dengan toko: Realpict, dengan ID seller: ID1XU965. Saya meminta tanggung jawab Lazada Indonesia yang membuat dana saya tertahan sejak saya mulai berjualan.

Jumlahnya senilai Rp2,5 jutaaan lebih tertahan dan tidak dibayarkan.

Sejak berjualan sampai hari ini, ternyata pembayaran saya tidak dibayar juga. Saya langsung menghubungi CS melalui live chat. Mereka menyuruh saya mengisi form online dan saya langsung mengisinya.

Saya masih berpikir positif, karena mereka beralasan nama pemilik rekening akun bank saya salah. Oke saya terima, dan mengubah akun nama pemilik rekening tersebut dan statusnya kembali “under verification“. CS live chat menyatakan bahwa diminta menunggu 3 x 24 jam akan dihubungi melalui email.

Setelah mendapatkan email, pihak Lazada menyatakan tidak bisa dilakukan pembayaran, dijelaskan bahwa akun saya tidak bisa dicairkan dananya karena nama pemilik rekening tidak sama dengan nama penanggung jawab usaha. Oke oleh karena itu saya mengajukan pergantian nama pemilik rekening. Namun ternyata tidak bisa, kolom di akun bank bisa diedit, tapi nyatanya perubahan data bank tidak akan di-acc!

Kembali saya menghubungi pihak CS live chat untuk perubahan data rekening dan diminta pengajuan kembali. Saya melakukan pengajuan ini sudah 4 kali, tapi tidak diverifikasi juga. Semua ditolak.

Saya sudah memberikan semua bukti pendukung saya untuk memverifikasi bahwa perusahaan ini benar milik saya. KTP, buku tabungan, NPWP, NIB, tapi semua ditolak. Peraturan ini sangat merugikan seller yang ingin menggunakan akun corporate, tapi verifikasi banknya sangat sulit sekali. Dana saya tertahan sejak tahun lalu.

ini jualan saya sejak desember dan tertahan terus dilazada

Pihak Lazada hanya memberikan kolom data bank yang bisa diedit, bisa diverifikasi ulang, tapi faktanya akan ditolak terus menerus verifikasinya dan dana saya ditahan atas alasan tersebut.

Kepada pihak lain yang mau jualan di Lazada, hati-hati dengan peraturan Lazada yang tidak membolehkan pergantian data rekening. Ini sangat merugikan. Dana akan ditahan dan tidak dibayarkan sekalipun data rekening kita sudah siap diverifikasi, sekalipun bukti kepemilikan usaha kamu jelas.

Bayu Rizki Oktavianto
Klaten, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:5    Rata-Rata: 1.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “Lazada Membuat Peraturan yang Merugikan Seller dan Menyulitkan Pencairan Dana

  • 16 Februari 2021 - (11:14 WIB)
    Permalink

    siang pak bayu, kasus nya sama seperti yg saya alami, dana saya sudah hampir 4 minggu di tahan oleh lazada, tp alhamdulillah hari ini tgl 16/02 sudah cair uang nya, ternyata setelah saya rubah rekening kembali ke atas nama sesuai dengan nama penjual, saya lupa untuk kode bank nya belum di rubah, coba aja rubah kode bank nya pak….setelah rubah dan sudah tidak ada tulisan under verification segera hubungi CS dan tanyakan apakah masih ada masalah dengan rekening saya ?silahkan di coba mudah2 an membantu.

    • 17 Februari 2021 - (00:47 WIB)
      Permalink

      Saya juga berjualan di lazada
      Dana ga cair lebih dari 10 seller dana yg belum di cairkan hampir 2 miliar
      Alasannya melanggar kebijakan padahal seller yg lain cair dan produck yg sama yg kami jual masih banyak di lazada
      Kami live chat setiap hari ga da solusi
      Pada siapa lagi kami mengadu
      Kami udh di kejar kejar utang
      Tolong kementerian terkait usut kasus ini
      Klo memang melanggar kebijakan kenapa seller lain cair. Kenapa produck yg kami jual di acc
      Salah satunya toko kami
      RENETA COLLECTION

      • 22 Februari 2021 - (02:01 WIB)
        Permalink

        saya sudah sejak 2 bulan lalu setiap hari crosschek mbak.
        ketentuan lazada yang terlalu ribet dan terkesan mempersulit membuat dana kami tertahan. sangat sangat merugikan
        bagi seller lain, BERHATI – HATILAH JIKA INGIN MENGGUNAKAN LAZADA.
        karena ada aturan2 tertentu yg sangat memberatkan seller

    • 22 Februari 2021 - (02:00 WIB)
      Permalink

      sampai hari ini semua masih underverification pak. sudah komplain ke CS live, balas email , tapi sampai hari ini belum dijawab juga

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Lazada Membuat Peraturan yang Merugikan Seller dan Menyulitkan Pencair…

oleh Bayu Oktavianto dibaca dalam: 1 min
4