Kecewa dengan Shopee, Kurang Tanggap Dalam Pelaporan Akun Nakal yang Melakukan Penipuan

Saya sebagai penjual di Shopee sudah beberapa kali di-DM oleh akun-akun nakal yang mencoba melakukan penipuan dengan menggunakan fitur tawar. Akun penipu ini dengan sengaja menawar tanpa memasukkan nominal 000. Misal begini, harga barang Rp1.500.000, maka penipu dengan sengaja memasukkan angka 1.450 rupiah saja tanpa menuliskan nominal 000 di belakangnya.

Untuk penjual yang lagi banyak orderan, gak fokus, atau penjual baru, pasti akan terkecoh dengan nominal tersebut. Saya salah satu korbannya. Untungnya barang belum saya kirim. Namun pesanan belum saya cancel, karena jika saya cancel pasti saya dapat poin penalti dari Shopee.

Akhirnya saya laporkan akun-akun tersebut, ada lebih dari 5 kali. Saya hubungi CS 2 kali, tapi hanya terus disuruh menunggu untuk ditindaklanjuti. Entah tindak lanjut seperti apa yang dilakukan Shopee, karena sampai sekarang pun akun tersebut masih aktif. Saya malah dikata-katain goblok sama akun penipu tersebut. Tentu saja dengan leletnya penanganan Shopee, maka si akun penipu akan merasa di atas angin.

Kenapa Shopee sangat lamban menangani kasus seperti ini? Filternya kurang, dan seakan kurang memberi perlindungan kepada penjual. Beda dengan marketplace sebelah yang sangat tanggap jika ada pelaporan, langsung mengawasi serta tidak segan-segan memblokir akun jika melakukan penipuan.

Tathmainul Qulub
Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:17    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

8 komentar untuk “Kecewa dengan Shopee, Kurang Tanggap Dalam Pelaporan Akun Nakal yang Melakukan Penipuan

  • 17 Februari 2021 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Wah kirain celahnya udah ditambal Shopee setelah surat pembaca sebelumnya. Harusnya ada fitur buat penjual untuk setting berapa persen maksimal harga yg dapat ditawar. Kalo ada pembeli yg menawar di luar itu, otomatis difilter n ditolak sistem Shopee.

    Untuk saat ini sebaiknya matikan saja fitur tawarnya biar aman gan.

    • 20 Februari 2021 - (17:09 WIB)
      Permalink

      setelah melakukan banyak laporan dan menunggu beberapa waktu,akhirnya tim shopee menghubungi saya dan meminta klarifikasi atas pelaporan saya tesebut. meskipun tidak langsung ditanggapi namun saya tetap berterima kasih atas tanggapan dari pihak shopee, dan sudah menindak akun penipu tersebut.
      semoga untuk kedepannya, lebih cepat lagi dilakukan tindakan atas segala pelaporan konsumen.
      dan semoga ada perbaikan sistem pada fitur tawar tersebut, paling tidak, harus ada prosentase maksimal konsumen dalam melakukan penawaran. Agar tidak lagi dijadikan celah untuk akun akun penipu dalam melakukan penipuan, dan sellerpun dapat merasa aman dalam berjualan.

  • 17 Februari 2021 - (09:55 WIB)
    Permalink

    iya gan,,, keknya kurang tanggap emang shopee sama bab pelaporan kayak gini, aku nih udah lapor 5 kali lebih, tapi jawabanya tunggu tunggu aja.

    iya gan, kemarin belum tau soalnya caranya matiin fitur tawar.

  • 17 Februari 2021 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Oh ternyata bisa ya ditawar sampe jauh melebihi harga wajar
    Baru tau saya ada modus kaya gitu!!

    Waspada aja deh

    • 17 Februari 2021 - (16:11 WIB)
      Permalink

      nah itu,,, kalo jualan aja, saat upload harga variasi produk terus rentan harga antara yang satu ke yang lain terlalu besar, ditolak sama shopee.
      ehhh ini fitur penawaran gak ada filternya

  • 18 Februari 2021 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Kalo masalah ini kembali lagi ke seller mau olih aktifkan atau tidak.

    CUMA poin saya di sini baik dari segi buyer maupun seller,pasti mengakali celah yang ada di shopee.

    Contoh untuk seller :
    1.Memberi judul produk yang tidak sesuai misal “Hp Mi10t pro bukan Mi 10 5G”

    Buyer yang kurang konsen mencari mi 10 5g berdasarkan fitur search akan terkecoh kalo tdk fokus.

    2.Memberi variasi yang tidak sesuai,misal “baju dengan berbagai variasi warna dijual 100rbu,lalu ada variasi lain misal singlet/kutang dengan harga 10rbu”

    Ini kan juga mengecoh pembeli yang kurang fokus dan mengakali fitur search.

    Sudahlah semua FITUR yang ada di shopee kita nikmati.toh shopee juga sibuk ngurusin masalah lain yang lebih URGENT.

  • 19 Februari 2021 - (07:00 WIB)
    Permalink

    Senada dengan komentar kami di Surat Pembaca sebelum. Sedikit kita berikan informasi agar menambah pengetahuan bagi semua pihak yang membaca Surat Pembaca ini, utamanya Seller di Shopee. Fitur “Izinkan Penawaran Harga” adalah fitur yang bisa DIAKTIFKAN atau DINONAKTIFKAN sendiri oleh Toko online di Shopee seperti kami.

    Di toko kami di Shopee https://shopee.co.id/xplodcompany tidak mengaktifkan fitur itu mengingat kita bukan penjual dengan produk dengan harga mahal.

    Kalo mau DINONAKTIFKAN, Caranya Masuk ke SELLER CENTER –>> PENGATURAN TOKO –>> PENGATURAN CHAT
    Disitu di paling atas tertera “Izinkan Penawaran Harga” silahkan di NONAKTIFKAN agar produk kita tidak bisa ditawar.

    Sebagai salah satu MARKETPLACE SPESIALIST, kami memberikan berbagai informasi mengenai seluk beluk marketplace dan e-commerce di website kami sendiri http://xplodcompany.com/category/xplod-techno-corp-seo-expert-internet-marketing-di-solo/marketplace-spesialis-seluk-beluk-marketplace-dan-ecommerce-indonesia/

    Semoga membantu.. 🙂

  • 5 Maret 2021 - (22:22 WIB)
    Permalink

    saya salah satu korban nya, HP harga 6.450.000 di tawar 6.450 saya iyakan, dan saya kirim, begitu saya kirim, iseng2 liat payment nya saya merasa ada yg ganjil, saya chat CS shopee malah bilang chat JNE ny aja kak.. gtu doang..

    akhir nya saya buru2 ke JNE nya, tapi sama aja, kata nya barang udah di tangan kurir, ga bisa di stop, udah contact pusat JNE juga ga bs jawaban nya muter2 terus, minta kontak kurir apalagi, ga bakalan di kasi.. jadi terkesan JNE harus membiarkan barang nya sampai ke pembeli dan hilang duluan, saya melapor padahal masih beberapa jam sebelum barang sampe ke lokasi pembeli, tapi tetep aja saya ga bs stop JNE nya, sama kacau nya ini sama shopee nya..

    jadi modus nya nawar dikurangin 0 nya 3 digit, mencari celah orang yg ga hati2, baru kali ini saya tertipu seperti beginian, padahal saya jg pembuat aplikasi, modus nya setelah itu si pembeli minta di kirimkan barang nya ke POPBOX locker, dan pembeli di akun nya masukin no hp abal2 sementara + alamat palsu, begitu dapet pin dari popbox nya, dia ambil barang nya, dan no hp nya langsung di buang di matikan, alamat pun palsu, jadi tidak bisa di tracking lagi..

    hilang hampir 7 jt, ini bener2 ngeselin minta ampun, dari pihak shopee dan jne, saya udah marah2 kaya apapun, jawaban ny cuman kita sedang lakukan investigasi investigasi bla3 sampe kiamat, sampe sdh 10 hari jg tetep ga ada jawaban lagi, malah menghilang JNE nya, Shopee nya juga hanya terkesan menyalahkan seller doang yg ga ati2..

    PADAHAL UDAH DIKASI SARAN, AT LEAST KASI FITUR WARNING KALO TAWARAN DI LUAR BATAS WAJAR, 6 jt di tawar 6 rb, harus nya ada alert / warning, apakah anda yakin barang anda 6 jt di tawar 6 rb ? ato semacem nya, intinya supaya seller lebih aware, tapi tetep aja ga di gubris, jawaban shopee cuman muter2 disana2 aja, prettt banget emang smua nya !!

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Shopee, Kurang Tanggap Dalam Pelaporan Akun Nakal yang M…

oleh Tathmainul Qulub dibaca dalam: 1 menit
8